7 Tips Tetap Produktif Bekerja di Rumah

7 Tips Tetap Produktif Bekerja di Rumah

Dunia sedang dilanda pandemik COVID-19 yang mengharuskan pemerintah mengeluarkan seruan untuk menghentikan aktivitas di luar ruangan dan memberi saran untuk banyak perusahaan serta kantor memberlakukan work from home (WFH).

Bekerja dari rumah atau WFH ini bagi beberapa justru membutuhkan upaya ekstra agar produktivitas tetap terjaga. Bisa jadi, alih-alih lebih leluasa bekerja tanpa ke kantor malah berdampak buruk karena kita terlena dengan tempat dan keadaan.

Bekerja dari Rumah Tetap Produktif? Tentu Bisa!

Mungkin kamu adalah salah satu yang membutuhkan mood dan tempat bekerja yang sesuai, dalam artian harus ke tempat kerja untuk bisa produktif sediakala.

Namun, di tengah kondisi yang mengharuskan kita bekerja dari rumah, kini saatnya membangun rutinitas WFH yang sehat dan produktif selalu.

Untuk itu, berikut kami rangkum 7 tips produktif ketika work from home berikut ini!

1. Tentukan Agenda Bekerja

lowongan kerja dari rumah

Malam di hari sebelumnya, kamu bisa menyusun agenda bekerja atau to-do list yang akan kamu lakukan keesokan harinya mulai dari pagi hingga sore.

Ini sangat baik untuk kamu yang seringkali lupa atau kerepotan mengelola banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan agar semuanya selesai tepat waktu.

Kamu bisa memanfaatkan Sticky Notes, Notepad di laptop atau smartphone untuk menulis to-do list ini, tapi direkomendasikan untuk menuliskannya di kertas dan tempel di meja supaya kamu bisa selalu melihatnya dan mengurangi interaksi dengan gadget.

Manfaat Temulawak untuk Jaga Kesehatan Tubuh

2. Membagi Waktu Bekerja

lowongan kerja dari rumah 2020

Bekerja dari rumah bukan berarti harus selalu bekerja selama kamu di rumah. Praktikkan pembagian waktu bekerja yang baik, ingat waktu bekerja yang sehat itu berkisar 8 jam dalam sehari.

Nah, kamu bisa melakukan pembagian waktu bekerja dari pagi, kemudian break makan siang, lalu lanjut bekerja hingga sore hari.

Hitung waktu bekerja dan lakukan pembagian 8 jam ini dengan bijak, lalu sinkronisasi dengan agenda bekerja kamu yang sudah disiapkan pada malam hari sebelumnya.

3. Selingi dengan Istirahat Sejenak

lowongan kerja di rumah gaji tinggi

Sebagaimana semangatnya kamu dalam bekerja, tentu kamu bisa merasa lelah juga. Untuk itu setiap jamnya kamu bisa memberlakukan rasio bekerja-istirahat sesuai kebutuhan.

Banyak yang menerapkan rasio 25/5; artinya setiap 25 menit kamu bekerja, sisihkan 5 menit untuk beristirahat singkat; ada pula yang menerapkan rasio 50/10, semuanya tergantung kebutuhan kamu. 

Misalnya kamu memilih rasio 25/5, kamu bisa memanfaatkan 5 menit ini untuk ke toilet, menyicil puzzle rubiks cube minggu kemarin, membuat kopi, melanjutkan latihan alat musik tambourine, dan lain sebagainya. Namun perlu diingat bahwa rasio bekerja-istirahat ini mesti dijaga dengan baik alias disiplin.

Bayar Cashless: Belanja Nyaman Keluarga Aman

4. Manfaatkan Alarm dan Reminder

kerja dirumah dapat gaji

Peranti teknologi bisa memudahkan ragam aktivitas kamu, termasuk bekerja. Manfaatkan aplikasi alarm atau reminder yang bisa mengingatkan kamu tentang to-do list atau agenda kerja yang ada di poin pertama.

Bisa juga kamu terapkan pengingat waktu rasio bekerja-istirahat tadi, lho. Misalnya kamu bisa gunakan aplikasi reminder setiap 25 menit untuk berhenti bekerja sejenak dan beri jeda 5 menit untuk kegiatan kecil lainnya.

5. Gunakan Aplikasi Project Management

gaji besar kerja santai

Selain aplikasi alarm dan reminder, ada juga aplikasi project management yang bisa kamu manfaatkan sebagai tracker pekerjaan, khususnya kamu yang memiliki pekerjaan berbasis tim atau proyek-proyek kolaboratif yang butuh timekeeping.

Aplikasi seperti Asana, Trello, atau Freedcamp yang bisa kamu unduh dan gunakan secara cuma-cuma bisa jadi pilihan menarik, lho.

Tips Mencegah Terjangkit Corona

6. Ciptakan Mood Bekerja yang Baik

kerja dari rumah data entry

Nyalakan bluetooth speaker, putar playlist musik favorit, mendekorasi meja kerja, sampai gunakan lilin aromaterapi; semuanya terbatas di imajinasi kamu untuk menciptakan mood bekerja yang baik.

Semua orang memiliki preferensi dan mood bekerja yang berbeda-beda, karenanya kamu lebih mengerti diri sendiri terkait bagaimana kamu bisa memiliki semangat bekerja dan cara membangkitkannya agar produktivitas terjaga.

7. Bijak Menggunakan Smartphone

kerja dari rumah di indonesia

Gadget bisa memudahkan aktivitas bekerja, tapi bisa juga menghambat. Ini tergantung kebiasaan dan kedisiplinan kamu dalam beraktivitas sehari-hari.

Terlebih pada smartphone dengan ragam aplikasi media sosial dan game, waktu berharga kamu untuk bekerja bisa jadi terhisap ke deretan aplikasi tadi.

Pastikan setelah kamu melakukan langkah-langkah sebelumnya untuk meniatkan dari diri sendiri untuk menjaga waktu dengan bijak ketika menggunakan smartphone, sehingga pekerjaan kamu dalam 1 hari bisa selesai semua.

Nah, itulah tadi 7 tips bekerja dari rumah yang mungkin bisa membantu kita menjaga produktivitas di tengah pandemik global COVID-19 ini. Jika kamu masih punya banyak waktu luang di waktu-waktu social distancing ini, kamu bisa bergabung menjadi Mitra Chilibeli untuk mendapatkan penghasilan tambahan di rumah, di saat bersamaan membantu orang sekitar berbelanja tanpa keluar rumah!

Tetap jaga kebersihan dan kesehatan dengan mengonsumsi asupan yang bisa memperkuat daya tahan tubuh, belanja kebutuhan rumah tangga secara online, dan lakukan transaksi belanjaan secara contactless untuk menurunkan kemungkinan terjangkit.