Tips Ampuh Promosi Bisnis Online dengan Media Sosial

Tips Ampuh Promosi Bisnis Online dengan Media Sosial

Sekarang rasanya hampir semua kalangan lintas usia mempunyai akun media sosial; entah itu Facebook, Twitter, Instagram, maupun yang lainnya. Banyaknya orang yang menggunakan media sosial saat ini membuat media sosial memiliki peran yang sangat diandalkan dalam mempromosikan sebuah bisnis online.

Bukan sebuah hal yang aneh bila semua pengusaha kini memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi sekaligus berjualan. Sebab, hampir semua orang aktif di media sosial setiap harinya sehingga bisa membuat pemasaran menjadi semakin efektif. Nah, buat kamu yang tengah merencanakan bisnis online dan tertarik memasarkan produk di media sosial, berikut tips promosi bisnis online dengan media sosial yang perlu kamu ketahui.


Strategi Promosi Melalui Media Sosial yang Tepat

Tak bisa dimungkiri kalau bisnis online semakin berkembang. Banyak pengusaha yang beralih untuk menjalankan bisnis secara online daripada offline karena dianggap lebih menjanjikan. Apalagi, saat ini semuanya bisa dijual secara online, termasuk bahan pokok makanan seperti buah dan sayuran.

Kamu bisa mencoba berbisnis online dengan bergabung jadi Mitra Chilibeli, dengan komiditi utama yaitu buah, sayur, dan sembako. Chilibeli juga turut memberdayakan ibu di Indonesia menjadi pengusaha mandiri dengan cara bergabung ke dalam komunitasnya. Untuk kamu yang tertarik, kamu bisa langsung registrasi jadi Mitra Chilibeli di sini.

Nah, berbicara soal bisnis online yang kian menjamur, kamu sebagai calon pebisnis online bisa memanfaatkan semua media sosial untuk memasarkan produk andalanmu. Sebab, hampir semua orang kini punya akun media sosial sehingga lebih mudah bagi kamu untuk mengenalkan sebuah produk, minimal dalam lingkaran pertemanan yang ada.

reseller jualan sayur buah online

Untuk para pebisnis kecil dan menengah yang masih pemula, simak beberapa strategi promosi bisnis online dengan media sosial berikut ini.


1. Ketahui target konsumen

Pertama-tama, ketahui dulu target pasar yang ingin dibidik, apakah orang dewasa, anak muda, perempuan atau ibu-ibu. Supaya lebih mudah, sesuaikan dengan produk yang dijual. Hal ini bertujuan agar lebih banyak pengguna media sosial yang tertarik dengan produk yang ditawarkan.

Kamu juga bisa membuat group chat di media sosial seperti Whatsapp, Facebook, dan lain sebagainya. Namai group chat tersebut dengan tema khusus, misalnya grup ‘daging impor’, ‘telur bebek brebes murah’ dan lain sebagainya. Biasanya, grup dengan nama khusus tersebut akan lebih mudah diterima masyarakat karena sesuai dengan kebutuhan mereka.

Baca juga: Alasan Mengapa Bisnis Online Menguntungkan dan Layak Kamu Coba

2. Buat status yang menarik

Ini adalah cara yang paling mudah dan praktis dalam mempromosikan produk kamu. Caranya hanya dengan membuat pengingat promo menggunakan status yang diinginkan. Ingat, status yang dibuat harus semenarik mungkin supaya banyak orang yang like dan share status yang kamu buat. Semakin banyak orang yang share status tersebut, semakin banyak pula orang yang akan mengenal bisnis online yang kamu jalankan.

Status yang menarik adalah yang singkat tapi berisi. Kata-kata tersebut harus memuat informasi yang mewakili produk yang dijual. Meski begitu, jangan buat status yang mengandung unsur SARA sebab hal ini bisa menghancurkan bisnis milikmu. Buatlah status yang berpotensi viral, misalnya dengan menyelipkan unsur humoris di dalamnya.


3. Gunakan hashtag

Dalam setiap postingan di media sosial, jangan lupa untuk menyertakan hashtag. Hashtag sangat berguna untuk membuat orang mudah mencari produk yang diinginkan di media sosial. Gunakan hashtag yang spesifik, misalnya #JerukMedanMurah atau #JualTelurMurah. Hashtag tersebut bisa kamu sisipkan di bagian bawah status di media sosial.


4. Berikan respon yang cepat

Sebagai seorang penjual, kamu harus bertindak responsif. Jika ada calon konsumen yang bertanya mengenai produk, usahakan untuk memberikan respon yang cepat. Sebab, calon konsumen yang tidak sabar bisa saja memilih online shop lain. Maka dari itu, pastikan kamu selalu meng-update media sosial agar tidak kehilangan banyak pelanggan.

Baca juga: 5 Tips Andal Berbisnis Online buat Ibu Rumah Tangga

5. Update foto profil

Supaya lebih meyakinkan konsumen, update foto profil di media sosial secara berkala. Misalnya dua minggu sekali. Gunakan foto produk yang berkualitas baik supaya orang tertarik dengan produk yang dijajakan. Khusus untuk Facebook, jangan lupa untuk turut serta mengganti cover profil dengan gambar terbaru yang lebih kekinian.


6. Bangun komunikasi yang baik

Cobalah bangun komunikasi yang baik dengan pelanggan. Caranya bisa dimulai dengan menanyakan apakah produk yang dibeli sudah sampai atau belum. Jika nyatanya sudah sampai, mintalah testimoni mereka.

Membangun hubungan personal dengan pelanggan juga bisa dilakukan dengan mengucapkan ulang tahun kepada para pelanggan setiamu, baik melalui SMS atau e-mail. Kamu juga bisa sekalian memberikan kado kecil berupa potongan harga di hari spesial mereka. Tentunya cara ini dapat membuat para pelanggan merasa dekat denganmu. 


7. Berikan pembaruan promo

Saat ini, teknik penjualan dengan metode flash sale ramai digunakan oleh para pebisnis online. Metode flash sale sendiri adalah penjualan cepat yang di dalamnya terdapat batasan waktu dengan jumlah produk yang terbatas. Selain flash sale, kamu juga bisa memberikan promo gratis ongkos kirim dengan minimal pembelian tertentu.

Baca juga: Usaha Minuman yang Populer dan Simpel untuk Kamu Coba

Itulah beberapa tips promosi bisnis online dengan media sosial. Semoga bermanfaat dan mengaliri banyak keuntungan dengan menerapkan tips di atas. Jika tertarik untuk mendapatkan penghasilan tambahan buat tambahan uang belanja, gabung segera jadi Mitra Chilibeli!