7 Tips dan Cara Memutihkan Wajah Secara Alami

7 Tips dan Cara Memutihkan Wajah Secara Alami

Punya kulit kusam tak bercahaya? Mencerahkan atau memutihkan wajah sebenarnya tak harus dengan menggunakan produk pemutih instan. Meski produk kimiawi tersebut bekerja secara efektif dalam waktu cepat, efek samping yang ditimbulkan pun tak main-main.

Daripada wajah rusak akibat menggunakan produk pemutih instan, lebih baik beralih menggunakan bahan-bahan yang lebih alami. Ya, beberapa bahan dapur yang ada di rumah nyatanya bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan kulit putih dan bebas kusam, lho.

Penasaran bahan alami apa saja yang bisa digunakan untuk memutihkan wajah? Simak tips dan cara memutihkan wajah secara alami dengan cepat dan permanen berikut ini.


Cara Memutihkan Kulit Wajah Secara Alami

Memiliki kulit wajah yang cerah bersinar memang jadi impian semua perempuan. Kebanyakan dari mereka pun menginginkan kulit putih secara permanen dalam waktu yang cepat. Nah, jika kamu memang ingin mencerahkan wajah dengan cepat, ada bahan-bahan alami yang bisa digunakan sebagai masker, luluran, atau scrub.

Selain lebih aman karena menggunakan bahan alami, treatment ini tak hanya membuat wajah bersinar tapi juga dapat membuat kulit lebih lembap dan terhidrasi. Supaya hasilnya bisa dirasakan lebih cepat, kamu harus melakukannya secara rutin.

Untuk mendapatkan semua bahan-bahan alami ini, kamu bisa mendapatkannya lewat aplikasi belanja online Chilibeli. Semua pesanan kamu pun nantinya akan diantar langsung sampai ke rumah. Tentunya ini akan menghemat waktu belanja kamu, bukan?

Ini dia deretan bahan alami yang bisa digunakan untuk memutihkan wajah secara permanen dan cepat.


1. Menggunakan alpukat sebagai masker

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari alpukat. Selain bagus untuk kesehatan tubuh, alpukat juga efektif dalam memutihkan wajah secara alami. Kandungan mineral, vitamin, dan minyak alami yang ada di dalamnya mampu menjaga kelembapan kulit.

Tak hanya itu, buah ini juga dapat merangsang kolagen sehingga mencegah kulit dari penuaan dini. Gunakan alpukat sebagai masker wajah. Caranya, haluskan setengah sampai satu buah alpukat, lalu aplikasikan masker ini ke seluruh bagian wajah.

Tunggu sampai 15 – 20 menit, kemudian bilas dengan air. Kamu juga bisa menambahkan beberapa sendok madu atau cuka apel guna memberikan efek kilau di wajah.  


Baca juga: Kenali Cirinya, Ini Jenis-jenis Alpukat yang Populer di Pasaran


2. Menggosokkan jeruk nipis atau lemon

Buah yang kaya vitamin C ini memang dikenal efektif membantu mencerahkan kulit secara alami. Cara menggunakannya pun sangat mudah, kamu cukup memotongnya menjadi dua bagian lalu menggosok-gosokkannya ke seluruh area wajah.

Bagi beberapa orang, cara ini mungkin akan terasa sedikit menyakitkan karena baik jeruk nipis atau lemon yang digosokkan ke area wajah akan menimbulkan rasa perih. Namun, rasa perih tersebut sebenarnya akan hilang setelah beberapa menit penggunaan.


3. Memarut bengkuang untuk dijadikan scrub

Buah berwarna putih bertekstur keras ini juga memiliki khasiat untuk memutihkan wajah. Hal ini dikarenakan bengkuang mengandung vitamin B dan C yang diyakini bisa membantu proses regenerasi sel kulit sehingga kulit yang kusam akan cepat tergantikan.

Untuk memanfaatkan bengkuang sebagai scrub wajah, parut bengkuang hingga halus lalu oleskan parutan bengkuang ke seluruh area wajah. Jika ingin dijadikan sebagai lulur mandi, peras parutan bengkuang untuk mendapatkan sarinya. Diamkan selama 10 – 15 menit agar nutrisi terserap maksimal ke dalam kulit, kemudian bilas dengan air hangat.


4. Menggunakan irisan mentimun

Kandungan mineral dan vitamin yang tinggi dalam mentimun membuatnya ampuh digunakan sebagai pemutih wajah alami. Untuk menggunakannya sebagai masker wajah, iris tipis mentimun lalu tempelkan irisan tersebut ke seluruh permukaan wajah. Lakukan cara ini secara rutin guna mendapatkan hasil yang maksimal.


Baca juga: Manfaat Kyuri, Mentimun Jepang nan Kaya Gizi


5. Mencampurkan kunyit dengan air hangat dan madu

Selain digunakan sebagai bumbu masakan, kunyit juga bisa dijadikan masker alami untuk memutihkan wajah secara instan, lho. Kunyit mengandung senyawa pigmen berwarna kuning yang dapat membantu mencerahkan wajah dalam waktu cepat. Tak perlu khawatir soal wajah kamu yang akan berubah warna menjadi kuning karena hal ini tak akan terjadi.

Untuk membuat masker kunyit, gunakan bubuk kunyit yang dicampur dengan air hangat dan sedikit madu. Kemudian oleskan campuran ini ke wajah. Diamkan beberapa menit, lalu bilas dengan air hangat dan sabun sampai benar-benar bersih.


6. Mengoleskan gel lidah buaya

Kandungan aloesin yang ada di dalam lidah buaya dikenal dapat menghambat pembentukan melanin pada kulit. Tak heran kalau gel lidah buaya atau aloe vera sering digunakan sebagai campuran produk pencerah kulit. Nah, kalau kamu punya stok lidah buaya di rumah, tak ada salahnya untuk mencoba menggunakannya sebagai masker alami.

Caranya, kupas dan ambil daging lidah buaya yang berwarna bening. Lalu cuci hingga bersih dan oleskan gel lidah buaya secara merata di kulit. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air hangat.


7. Menggunakan minyak zaitun dan madu

Minyak zaitun atau olive oil memiliki kandungan linoleic acid yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan kadar air dalam tubuh. Selain dapat memutihkan wajah, minyak zaitun juga kaya akan polifenol yang berperan sebagai antioksidan sehingga melindungi sel-sel dari kerusakan kulit.

Cukup campurkan 4 sendok makan minyak zaitun dengan 2 sendok makan madu hingga teksturnya mengental. Lalu aplikasikan ke seluruh tubuh secara merata dan diamkan selama kurang lebih 20 menit. Bilas dengan air hangat hingga bersih.


Baca juga: Manfaat Minyak Zaitun, dari Kesehatan Hingga Kecantikan


penghasilan tambahan dari internet

Itu dia tips dan cara memutihkan wajah secara alami. Dapatkan semua bahan-bahannya di aplikasi belanja online Chilibeli. Bukan hanya berbelanja, kamu juga bisa bergabung menjadi Mitra Chilibeli dan terhubung dengan komunitas yang luas. Selain itu, kamu juga bisa berjualan dan mendapatkan uang saku tambahan.

Tunggu apalagi, yuk, belanja di Chilibeli dan nikmati semua keuntungannya!