Olahraga yang Bisa Dilakukan saat Isolasi Mandiri

Olahraga yang Bisa Dilakukan saat Isolasi Mandiri

Kita semua disarankan untuk berolahraga setiap hari apa pun kondisinya. Tak terkecuali saat sedang dalam isolasi mandiri di rumah atas imbauan dari pemerintah. Tidak perlu khawatir karena ada banyak olahraga yang bisa dilakukan di dalam rumah saat pandemi.

Dengan melakukan olahraga, daya tahan dan sistem kekebalan tubuh pun akan meningkat. Hal ini akan membuat tubuh kamu bisa menghadapi virus COVID-19 yang sedang merebak. Olahraga juga dilakukan untuk mengisi hari-hari kamu di dalam rumah untuk menjaga suasana hati tetap tenang

Faktanya, suasana hati seseorang akan sangat berpengaruh dengan sistem kekebalan tubuh. Lebih bagusnya lagi jika kamu bisa mengajak anggota keluarga di rumah untuk ikut olahraga bersama. Kalau memang memungkinkan, kamu bisa berolahraga dengan teman via layanan video call.


Olahraga di Rumah Mengisi Hari-hari Isolasi Mandiri

Beruntunglah jika kamu punya gym atau kolam renang pribadi di rumah karena bisa langsung menggunakannya. Namun, olahraga di rumah bukanlah tentang alat-alat yang digunakan. Kamu tetap bisa melakukan olahraga di bawah ini dengan alat seadanya, kok.


1. Yoga

Para atlet profesional di seluruh dunia sekarang sedang melakukannya saat mereka sedang tidak bisa berlatih. Yoga tetap bisa menguatkan otot-otot yang ada di tubuh dan membuat kamu bugar. Olahraga yang satu ini juga bisa membuat keringat kamu bercucuran, lho.

Bila kamu bingung cara melakukannya, sekarang sudah banyak video di YouTube yang bisa kamu tonton dan ikuti langsung. Coba juga follow akun instruktur yoga di Instagram karena mereka sering mengadakan kelas online dengan harga yang terjangkau. Bukan tidak mungkin setelah wabah ini berakhir tubuh kamu jadi lebih bagus.


Baca juga: Kandungan dan Manfaat Jambu Biji, Ampuh Tingkatkan Imun Tubuh!


2. Lompat tali

Kamu bisa melakukan olahraga lompat tali di halaman rumah pada pagi hari. Olahraga yang satu ini juga masuk ke dalam jenis kardio karena bisa memacu jantung lebih baik. Kamu pun hanya butuh sepatu olahraga yang nyaman dengan tali skipping.

Tidak perlu berlama-lama melakukan lompat tali, kok. Lakukan selama 10 menit secara terus-menerus saat pertama kali melakukannya. Jika sudah terbiasa, tambah durasi dan kecepatan putaran talinya.


3. Squat

Gerakan ini selalu disarankan oleh para instruktur olahraga untuk dilakukan pertama kali. Gerakan pun tidak sulit. Dimulai dari berdiri tegang, turunkan bokong ke belakang sampai bagian paha bawah terasa tegang, lalu kembali ke posisi semula. Usahakan lutut tidak maju saat badan kamu turun, ya.

Squat akan menguatkan otot paha belakang, bokong, dan bagian perut. Usahakan melakukannya dengan rutin karena squat juga bisa bantu mengecilkan perut, lho. Kamu tinggal melakukannya dengan bantuan pernapasan perut.


4. Push up, sit up, dan plank

Tiga gerakan ini paling mudah dilakukan di rumah walaupun dalam ruangan yang kecil sekalipun. Kamu bisa menggunakan matras busa untuk mengurangi tekanan di tangan. Karena tiga gerakan ini mudah, kamu bisa melakukannya di tengah-tengah aktivitas harian, kok.

Gerakan push up akan membantu mengencangkan otot lengan, dada, dan bahu. Di sisi lain, sit up akan mengencangkan otot perut. Sedangkan, melakukan plank bisa membuat hampir seluruh otot pada bagian tubuh depan terlatih dengan baik.


Baca juga: Kandungan dan Manfaat Temulawak untuk Jaga Kesehatan Tubuh


5. Aerobik, zumba, dan dance

Manfaatkan teknologi video streaming untuk bisa melakukan semua olahraga dengan irama musik ini. Terdapat kelas online dengan durasi sekitar 30 – 45 menit yang bisa kamu ikuti. Tinggal berpakaian yang nyaman di rumah dan buat ruang tengah kamu lebih luas dengan menggeser perabotannya.

Di zaman yang serbacanggih ini juga, kamu bisa olahraga dibantu dengan video game. Kamu bisa memanfaatkan konsol game semacam PlayStation 4 dan Nintendo Switch yang menawarkan game zumba atau dance. Yap, sekarang main game juga bisa berkeringat, lho.


6. Angkat dumbell atau barbel

Kamu pun bisa melakukan banyak hal dengan bermodalkan beban 3 – 5 kg. Bukan cuma gerakan untuk mengencangkan lengan. Dumbel dan barbel juga bisa digunakan untuk gerakan menguatkan otot dada dan punggung, serta jadi tambahan beban untuk melakukan squat.

Ada banyak video tutorial melakukan olahraga dengan dua macam beban ini, lho. Intinya, jangan melakukan gerakan yang sama setiap hari karena otot kamu akan stres. Coba variasi gerakan lainnya, ya.


7. Peregangan atau stretching

Kita sering bingung mau melakukan olahraga yang mana. Tanpa kita sadari bahwa peregangan otot juga bagian dari olahraga. Terlalu lama duduk di sofa juga akan membuat otot-otot kamu kaku. Lakukan sedikit gerakan memutar tubuh ke kanan dan kiri, lalu atas dan bawah.

Ada baiknya, lakukan peregangan badan setelah bangun dan sebelum tidur. Melakukannya kala itu akan membuat tidur kamu berkualitas dan tubuh lebih segar saat bangun.


Baca juga: Deretan Manfaat Kunyit untuk Memperkuat Imun Tubuh


Ada baiknya kamu juga melakukan variasi setiap harinya dari olahraga di atas, ya. Selain olahraga yang cukup, kamu juga harus mengonsumsi makanan sehat setiap harinya. Untuk mendapatkan bahan makanan yang bagus, kamu bisa mencarinya di aplikasi belanja online Chilibeli.

Kamu pun bisa bergabung menjadi Mitra Chilibeli untuk berjualan sayur dan buah-buahan. Hitung-hitung, kamu menambah pendapatan di tengah pandemi. Yuk, gabung sekarang juga!