Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Bahan Alami

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Bahan Alami

Banyak orang mendadak hilang rasa percaya dirinya karena masalah jerawat di wajah. Sebenarnya ada banyak cara untuk menangkal jerawat dan menghilangkan bekasnya, mulai dari menggunakan obat-obatan sampai dengan bahan alami. Cara kedua lebih banyak dilakukan karena aman.

Menghilangkan bekas jerawat dengan bahan alami memang bagus. Namun, kamu juga perlu melakukan rutin membersihkan wajah. Jerawat bisa timbul karena adanya pada folikel rambut karena sel kulit mati atau sebum yang berlebihan.

Kondisi ini juga sering terjadi karena adanya perubahan hormon yang menyebabkan kelenjar minyak memproduksi sebum berlebih. Jerawat juga sering terjadi pada perempuan yang sedang hamil atau menstruasi. Selain itu, kurangnya menjaga kebersihan wajah juga jadi faktor utama timbulnya jerawat.


Pencegahan Munculnya Jerawat

Jerawat bukanlah sesuatu kondisi turunan atau sesuatu yang pasti. Kamu bisa mencegahnya dengan melakukan beberapa cara di bawah ini!


1. Membersihkan wajah teratur

Langkah yang satu ini paling ampuh untuk mencegah timbulnya jerawat pada wajah kamu. Gunakanlah sabun wajah yang sesuai dengan kondisi wajah kamu. Kamu juga perlu mencuci wajah sebelum tidur, khususnya setelah seharian berada di luar ruangan.


2. Menjaga pola makan

Untuk wajah yang sensitif dengan jerawat, kamu perlu banyak mengonsumsi sayur dan buah yang mengandung antioksidan tingggi. Pilih sayuran berawarna cerah, seperti bayam, tomat, dan paprika. Perbanyak juga konsumsi buah bervitamin, seperti alpukat, lemon, tomat, dan timun.


3. Perbanyak minum

Jerawat bisa timbul saat kondisi kulit kamu kering. Hal ini bisa terjadi karena polusi yang berlebihan atau terlalu lama dalam ruangan ber-AC. Langkah pencegahannya adalah dengan rajin minum air putih.


4. Kurangi stres

Kadar stres yang tinggi juga bisa memicu timbulnya jerawat, loh. Cobalah untuk selalu menenangkan diri atau melakukan meditasi saat pikiran kamu sudah mulai terasa penat. Jangan lupa untuk istirahat cukup dan berkomunikasilah dengan orang-orang terdekat.


Baca juga: Manfaat Air Beras untuk Kecantikan yang Alami


Bahan Alami untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

bahan alami untuk menghilangkan bekas jerawat

Jangan khawatir jika jerawat sudah mulai datang. Kamu bisa tetap menghilangkan bekasnya dengan memanfaatkan bahan alami. Cari tahu beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan bekas jerawat.


1. Putih telur

Banyak obat antijerawat yang mengandung putih telur di dalamnya. Bahan alami yang satu ini juga sudah dipercaya oleh banyak orang untuk menghilangkan bekas jerawat. Kamu cukup mengaplikasikannya di wajah pada malam hari dan diamkan selama 10 menit.

Masker putih telur juga bisa mengontrol produksi minyak wajah dan mengencangkan wajah. Bersihkan masker putih telur dengan air sampai tidak ada yang tersisa. Lakukan langkah ini secara rutin setiap malam.


2. Madu

Masker madu juga bagus untuk menghilangkan bekas jerawat di wajah. Madu mengandung nutrisi yang menjaga bakteri baik pada kulit untuk membantu mempercepat proses penyembuhan jerawat. Untuk menggunakannya, campur 3 sendok makan madu dengan satu sendok kayu manis.

Setelah itu, panaskan madu di dalam microwave selama 30 detik. Aplikasikan madu ke wajah setelah sedikit dingin dan diamkan selama kurang lebih 10 menit. Bilas masker dengan air bersih dan keringkan dengan handuk.


3. Mentimun

Buah berwarna hijau ini juga dikenal bagus untuk kulit tubuh. Mentimun sangat kaya dengan vitamin A, B, dan C. Ada juga asam amino dan kandungan antioksidan yang tinggi, sangat bagus untuk menjaga kulit kamu dari serangan radikal bebas.

Kamu tinggal potong mentimun tipis-tipis. Lalu, taruh seluruh permukaan wajah, khususnya yang terdapat jerawat. Diamkan selama kurang lebih 10 menit dan angkat. Untuk lebih ampuh, kamu juga perlu mengonsumsi mentimun setiap harinya.


4. Lidah buaya

Selain bagus untuk menjaga Kesehatan rambut, getah lidah buaya juga bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat. Kamu hanya perlu mengambil daging lidah buaya dan mengoleskannya di bagian wajah.

Diamkan masker lidah buaya selama kurang lebih 30 menit. Lalu, bilas dengan air hangat dan keringkan. Kamu bisa gunakan masker lidah buaya setiap hari, loh.


5. Lemon

Buah yang satu ini selalu berguna dalam banyak hal, khususnya Kesehatan tubuh. Lemon mengandung asam askorbat-L dan vitamin C yang sangat tinggi. Kandungan tersebut bisa membantu untuk menghilangkan bekas jerawat.

Caranya pengaplikasiannya pun tidak jauh berbeda. Tinggal mengiris tipis buah lemon, lalu menaruhnya di bagian wajah. Irisan lemon juga akan membuat wajah kamu tampil lebih cerah dan berkilau.


Baca juga: 7 Manfaat Lemon yang Luar Biasa untuk Kesehatan


Itulah beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat. Kamu bisa kok menggunakan semuanya pada wajah kamu tanpa khawatir ada efek sampingnya. Untuk mendapatkan bahan-bahan tersebut, pesan saja semuanya dari aplikasi belanja online Chilibeli.

Selain berbelanja, kamu juga bisa mendapatkan uang saku tambahan. Caranya mudah, tinggal bergabung menjadi Mitra Chilibeli dan kamu bisa mendapatkan semua manfaatnya. Yuk, gabung sekarang!