Tips Mengecilkan Perut Jadi Ramping Tanpa Pusing

Tips Mengecilkan Perut Jadi Ramping Tanpa Pusing

Masalah perut buncit merupakan masalah banyak orang. Hal ini sering dipicu karena gaya hidup dan kebiasaan buruk setiap harinya. Namun, mengecilkan perut buncit jadi ramping sebenarnya bisa dilakukan dengan sangat mudah, lho.

Selain berolahraga teratur, kamu juga perlu mengubah gaya hidup dan mengatur pola makan. Kalau semua sudah terbiasa, kamu akan semakin mudah melakukannya.


Tips Mengecilkan Perut

Catat beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengecilkan perut di bawah ini. Dijamin semuanya mudah dilakukan, tidak pakai pusing dan ribet.


1. Sarapan smoothie

Sekarang kamu tidak bisa lagi makan nasi uduk atau nasi kuning kala memulai hari. Ganti menu sarapan kamu dengan smoothie manis yang kaya dengan kalori. Kamu bisa mencampur susu, yogurt, dan pilihan buah yang baik untuk menurunkan berat badan.

Gunakan pisang dan strawberry untuk mendapatkan tenaga seharian. Bisa juga pakai campuran buah berry lainnya untuk membuat kamu lebih segar. Minum smoothie pada pagi hari juga bisa mengubah mood jadi lebih baik.


Baca juga: Olahraga yang Bisa Kamu Lakukan Saat Isolasi Mandiri


2. Makan dengan porsi kecil

Langkah ini jadi yang paling mudah untuk dilakukan. Kamu hanya perlu mengurangi porsi makan sekitar seperempat hingga setengah dari biasanya. Untuk lebih kenang, tunggulah 10 – 15 menit sampai kamu akan kenyang sendiri.

Kamu bisa makan porsi kecil dalam jarak 2 – 3 jam sekali. Dengan begitu, pencernaan kamu tidak terlalu berat bekerja dan makanan pun jadi lebih terserap dengan baik.


3. Konsumsi sayur dan buah

Alih-alih mengonsumsi makanan berkarbohidrat, coba pilih buah dan sayuran yang banyak mengandung vitamin. Makanlah buah dan sayur dalam porsi kecil dan sering. Sayur dan buah tidak akan membuat perut kamu melebar biarpun dimakan sering.


4. Minum air putih lebih banyak

Menjaga kadar air dalam tubuh juga perlu kamu lakukan. Minumlah air putih lebih banyak untuk membantu menurunkan berat badan. Air putih juga akan membantu mempercepat metabolisme tubuh dan membakar semua sisa makanan dalam tubuh.

Minum air putih sebelum makan juga akan membuat kamu terasa sedikit kenyang. Dengan begitu, kamu akan mengurangi porsi makan.


5. Makan camilan

Camilan sering dituduh sebagai makanan yang menggemukkan. Sebaiknya, camilan malah menjaga tubuh kamu tetap sehat bila dimakan di waktu yang tepat. Makanlah camilan satu jam sebelum waktu makan dan itu akan membuat kamu kenyang.

Kamu juga perlu memilih camilan yang tepat. Crackers keju atau rumput laut tanpa gula sebenarnya bagus untuk camilan sehat. Bila kamu melewatkan waktu sarapan, barulah pilih crackers bertabur gula.


Baca juga: 7 Makanan Tinggi Protein Buat Kamu yang Sedang Diet


6. Kurangi minuman bersoda

Minuman soda dingin pastinya sangat nikmat diminum saat panas. Namun, kamu sebaiknya mulai mengurangi konsumsi minuman tersebut. Minuman karbonasi yang ada di pasaran punya kandungan gula yang sangat tinggi.

Bila terlalu banyak, tubuh kamu akan membesar. Bukan hanya gemuk, kamu juga berisiko terkena penyakit diabetes dan obesitas.


7. Konsumsi teh hijau

Teh hijau punya antioksidan katekin yang bisa melarutkan lemak di dalam tubuh. Kamu bisa mengisi sore kamu dengan teh hijau dan camilan untuk mengisi perut. Sebaiknya jangan diberi gula untuk mendapatkan khasiat yang sempurna.

Kamu juga bisa mengonsumsi teh hijau sebelum berolahraga untuk membantu membakar lemak dalam tubuh. Dengan begitu, hasil yang kamu dapatkan akan lebih maksimal lagi.


8. Minum jahe

Selain teh hijau, jahe juga bisa membantu menurunkan berat badan karena mampu menghilangkan gas dalam tubuh. Kamu bisa minum rebusan jahe selagi hangat. Bisa juga menambahkan jahe pada teh hijau dan dapatkan rasa yang luar biasa.


9. Olahraga teratur

Kamu tidak diharuskan olahraga berat di gym atau trek lari, lho. Kamu bisa jogging di sekitar rumah selama 10 – 15 menit secara rutin. Bisa juga naik-turun tangga dengan tempo yang tepat sambil mengatur napas.

Bila memang tidak punya waktu sebanyak itu, berjalan kakilah dengan menambah kecepatan. Cara ini dipakai oleh masyarakat kota besar di Jepang dan Australia. Terbukti mereka bisa menjaga berat badan tubuh dengan berjalan cepat setiap harinya.


10. Tidur cukup

Terlalu lama terjaga sampai malam juga akan membawa perubahan pada tubuh kamu. Perut buncit juga bisa disebabkan karena sering begadang dan kurang tidur. Bila kamu masih melakukannya, ubah kebiasaan itu sekarang.

Dengan tidur lebih awal, semua organ tubuh kamu pun akan beristirahat. Setelah itu, hormon-hormon yang membantu metabolisme akan bekerja. Kamu pun akan lebih sehat dengan tubuh dan berat badan ideal.


Baca juga: Seluk-beluk Diet Enak Bahagia Menyenangkan (DEBM) dan Tips Menjalaninya


Cara-cara yang mudah dilakukan setiap hari, bukan? Jangan lupa untuk makan makanan bergizi. Kamu bisa mencari bahan untuk membuat makanannya dari aplikasi belanja online Chilibeli, lho.

Jangan ketinggalan juga untuk bergabung menjadi Mitra Chilibeli. Kamu bisa berjualan buah dan sayur ke orang-orang terdekat dan dapat uang tambahan. Tunggu apa lagi, segera daftar sekarang!