7 Tips Mengatasi Susah Tidur atau Insomnia

7 Tips Mengatasi Susah Tidur atau Insomnia

Insomnia adalah gangguan tidur yang menyebabkan menjadi sulit mengantuk atau tertidur. Kondisi ini bisa bersifat jangka pendek (akut) atau bisa bertahan lama (kronis), atau mungkin juga datang dan pergi. Insomnia akut berlangsung dari 1 malam hingga beberapa minggu, sedangkan insomnia kronis ketika terjadi setidaknya 3 malam seminggu selama 3 bulan atau lebih.

Insomnia juga terbagi menjadi dua jenis, yaitu primer dan sekunder. Insomnia primer berarti masalah tidurmu tidak terkait dengan kondisi atau masalah kesehatan lainnya. Sedangkan insomnia sekunder, kesulitan tidurmu diakibatkan karena kondisi kesehatan (seperti asma, depresi, radang sendi, hingga kanker. 

Untuk mengetahu tips mengatasi susah tidur atau insomnia, sebaiknya kita pelajari dulu apa penyebab insomnia.


Penyebab Susah Tidur atau Insomnia

Berikut beberapa penyebab susah tidur atau insomnia:

  1. Stres terkait dengan peristiwa besar dalam kehidupan, seperti perubahan yang baru dan secara tiba-tiba.
  2. Kebisingan dan suhu.
  3. Perubahan jadwal tidur, seperti jet lag atau shift baru di tempat kerja.
  4. Masalah kesehatan mental seperti depresi dan kecemasan.
  5. Obat flu, alergi, depresi, tekanan darah tinggi, dan asma.
  6. Penggunaan kafein, tembakau, atau alkohol.
  7. Makan yang tidak sehat dan tidak teratur.


Kebanyakan masalah kesehatan datang dari dalam, seperti hal-hal terkecil layaknya makanan yang kita pilih untuk dikonsumsi sehari-hari. Kamu bisa coba makan makanan sehat setiap hari. Kini untuk mendapatkan makanan sehat tidak sulit karena adanya aplikasi belanja online.

Aplikasi belanja online Chilibeli memudahkanmu untuk membeli semua kebutuhan makanan sehat dan bahan makanan lainnya, cocok untuk kamu yang ingin menjalani hidup sehat dan masak sendiri di rumah. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan pendapatan tambahan dengan bergabung menjadi Mitra Chilibeli untuk berjualan sayur, buah, dan sembako dengan keuntungan tiap bulan. Menguntungkan sekali, bukan?


Baca juga: Tips Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Bahan Alami


Untuk mengetahui kamu mengidap insomnia atau tidak, selain periksa ke dokter, kamu juga bisa melihat gejala insomnia berikut ini.


Gejala Susah Tidur atau Insomnia


  1. Mengantuk pada siang hari.
  2. Mudah lelah saat beraktivitas.
  3. Sulit fokus dalam beraktivitas.


Bagi kamu yang mengalami insomnia, tentunya akan berdampak buruk pada aktivitas sehari-hari yang menuntut kamu untuk produktif. Nah, berikut tips mengatasi susah tidur atau insomnia.


Baca juga: Tips Mengecilkan Perut Jadi Ramping, Tanpa Pusing!


Tips Mengatasi Susah Tidur ata Insomnia


1. Membuat jadwal tidur

Tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari akan memprogram tubuh untuk tidur lebih baik. Pilih waktu ketika kamu cenderung merasa lelah dan mengantuk.


2. Ciptakan lingkungan tidur yang nyenyak

Kamar tidur harus menjadi tempat yang damai untuk istirahat dan tidur. Suhu, pencahayaan, dan kebisingan harus dikontrol sehingga lingkungan kamar tidurmu dapat membantu untuk tertidur. Itu sebabnya banyak sekali desain interior yang menyarankan untuk memiliki ruang yang berbedan untuk bekerja dan beristirahat karena hal ini baik untuk psikologismu dan memiliki ruang sendiri untuk beristirahat memberikan sinyal ke otakmu bahwa inilah saatnya tidur dan beristirahat.


3. Pastikan tempat tidur atau kasur nyaman

Sulit sekali untuk tidur nyenyak di kasur yang terlalu lunak atau terlalu keras, atau tempat tidur yang terlalu kecil atau tua. Coba ganti kasur yang cocok untukmu. Mungkin walaupun mahal, kasur akan bertahan sangat lama, sehingga ini akan menjadi invesment yang baik untukmu.


4. Olahraga teratur

Olahraga ringan secara teratur, seperti berenang atau berjalan, dapat membantu meredakan ketegangan yang menumpuk sepanjang hari. Pastikan kamu tidak melakukan olahraga yang terlalu berat, seperti berlari atau berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur, karena hal ini dapat membuat kamu semakin susah tidur.


5. Kurangi kafein

Kurangi kafein dalam teh, kopi, minuman berenergi atau minuman bersoda, terutama di malam hari. Kafein mengganggu proses tidur, dan juga mencegah untuk mendapatkan tidur yang nyenyak. Sebagai gantinya, nikmati minuman hangat atau susu herbal agar kamu lebih mudah tertidur dengan nyenyak.


6. Jangan merokok

Nikotin adalah stimulan. Orang yang merokok membutuhkan waktu lebih lama untuk tertidur, bangun lebih sering, dan sering mengalami gangguan sulit tidur di malam hari.


7. Memulai gaya hidup sehat

Gaya hidup menjadi salah satu faktor pemicu insomnia. Kebiasaan merokok, konsumsi kafein berlebihan, makanan tidak sehat, hingga kurang bergerak bisa meningkatkan risiko gangguan tidur. Atasi dengan menerapkan gaya hidup sehat, misalnya dengan berhenti merokok dan konsumsi makanan yang kaya kandungan nutrisi, seperti perbanyak mengonsumsi sayur dan buah-buahan.


Baca juga: 7 Makanan Tinggi Protein untuk Kamu yang Sedang Diet


Selain 7 tips mengatasi susah tidur tadi, usahakan juga untuk aktif di siang hari untuk menjaga produktivitas dan pola tidur yang ideal kamu tiap hari. Kamu bisa bekerja, berolahraga, dan lain sebagainya. Hindari tidak melakukan apapun agar kamu tetap aktif untuk membuat badanmu lelah di malam hari.

Itu dia penyebab, gejala dan tips mengatasi susah tidur atau insomnia. Kamu memiliki gejalanya? Tidak usah khawatir, selama masih ringan, kamu bisa mencoba tips-tips di atas untuk mengobatinya. Yuk, mulai hidup sehat mulai sekarang!