7 Makanan Tinggi Protein Buat yang Sedang Diet

7 Makanan Tinggi Protein Buat yang Sedang Diet

Kamu sedang dalam program diet dan mengurangi porsi makananmu? Saatnya coba makanan tinggi protein yang bisa membuatmu kenyang lebih lama, sehingga membauat dietmu sukses.

Protein adalah nutrisi penting bagi tubuh manusia yangn penting dalam pembentukan otot, kulit, hormon, dan masih banyak lagi bagian penting dalam tubuh lainnya. Selain itu, protein juga berfungsi sebagai sumber bahan bakar dalam tubuh. Karena itu, tubuh kita butuh protein yang cukup, baik untuk yang sedang diet maupun yang tidak.

Mengapa makanan tinggi protein dapat membuat kenyang lebih lama? Protein bisa membuat kalian kenyang lebih lama karena mengeluarkan hormon yang menekan rasa lapar, memperlambat pencernaan dan menstabilkan kadar gula darah. Hal ini sangat membantu untukmu yang sedang dalam program diet mengurangi makanan.


Makanan Tinggi Protein untuk Diet

Kini membeli makanan tinggi protein lebih mudah dengan adanya aplikasi belanja online Chilibeli. Dengan aplikasi Chilibeli, kamu bisa membeli kebutuhan makanan tinggi protein untuk diet, maupun bahan makanan segar lainnya, langsung sampai ke depan pintu rumahmu dengan hanya melalui smartphone-mu.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa gabung bersama komunitas Chilibeli. Dengan bergabung bersama komunitas Chilibeli dan menjadi reseller, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang banyak, contohnya mendapat potongan harga dan dapat mendapatkan komisi, sehingga kamu pun untung.

Nah, untuk kamu yang sedang diet, berikut daftar makanan tinggi protein.


1. Telur

Telur adalah salah satu makanan paling sehat dan bergizi, cocok untuk yang sedang dalam program diet. Dengan kandungan vitamin, mineral, lemak sehat, dan antioksidannya, telur menjadi pilihan banyak orang untuk sumber makanan tinggi protein, Kandungan protein yang ada di dalam telur adalah 33%.

Apa Itu Diet DEBM dan Bagaimana Tips Menjalankannya? Simak di Sini

2. Dada Ayam

Tahukah kamu dada ayam merupakan sumber protein tertinggi dari semua bagian potongan ayam? Selama kamu mengonsumsinya tanpa kulit, dietmu akan aman karena dada ayam sangat tinggi akan protein.

Dada ayam juga sangat mudah dimasak dan serbaguna, menjadikannya makanan favorit banyak orang karena cara pengolahannya yang beragam dan tanpa batas. Kandungan protein yang ada di dalam dada ayam adalah 75%.


3. Susu Sapi

Susu sapi adalah sumber protein berkualitas tinggi yang baik, tinggi akan kalsium, fosfor, dan riboflavin atau yang sering disebut dengan vitamin B2. Nah, untuk kamu yang sedang diet dan khawatir akan asupan lemak yang ada di dalam susu sapi, susu rendah lemak atau low fat dapat kamu jadikan alternatif.

Bagi kamu yang ingin minum susu tetapi tidak bisa mentolerir atau alergi susu sapi, alternatif lain yang bisa kamu coba adalah susu kedelai, yang juga mengandung protein tinggi.

Kandungan protein yang ada di dalam satu gelas susu sapi adalah 21% kalori.


4. Brokoli

Brokoli adalah sayuran sehat yang mengandung vitamin C, vitamin K, serat, dan kalium, serta protein tinggi. Brokoli juga mengandung nutrisi bioaktif yang dapat membantu melindungi terhadap tubuh dari kanker.

Kandungan protein yang ada di dalam brokoli adalah 33% kalori.


5. Ikan Tuna

Ikan tuna adalah jenis ikan yang mudah dijumpai dimana-mana. Mungkin kamu biasa memakannya dalam berbagai hidangan panggang atau di restoran jepang sebagai sushi atau sashimi. Ikan tuna adalah pilihan cocok untuk yang sedang diet karena kandungan proteinnya yang sangat tinggi dan rendah lemak, sehingga kamu tidak perlu khawatir jika ingin mengurangi berat badan.

Seperti ikan lainnya, tuna adalah sumber nutrisi yang baik dan mengandung lemak omega-3. Kandungan protein yang ada di dalam ikan tuna adalah 84%.

Resep Makanan Ringan Sehat dari Buah yang Enak

5. Bayam

Sayur bayam bukan hanya sumber protein yang tinggi, tetapi juga mengandung vitamin A dan C, antioksidan, dan folat yang menyehatkan jantung. Pastikan untuk merebus bayam, daripada memakannya mentah seperti di dalam salad. Metode memasak ini membantu mempertahankan vitamin dan membuatnya lebih mudah bagi tubuh untuk menyerap kandungannya.

Tambahkan bayam ke dalam sup, omelet, hidangan pasta dan tumis sayuran, atau cukup rebus dan tambahkan lada, bawang putih, minyak zaitun, dan perasan lemon untuk hidangan sehat yang lezat dan pastinya tinggi protein.


6. Jambu Biji

Buah jambu biji memiliki kandungan protein nabati tertinggi, jambu biji mengandung lebih dari 4 gram protein per cangkirnya, bersama dengan 9 gram serat dan hanya 112 kalori. Selain itu, siapa sangka vitamin C yang ada di dalam buah jambu biji setara dengan 7 buah jeruk.


7. Greek Yoghurt

Kamu pasti sudah tahu bahwa yogurt adalah makanan sehat para pelaku diet dan pastinya tinggi akan protein. Sebuah studi yang dicetak dalam Journal of Nutrition menemukan bahwa probiotik seperti yang ditemukan dalam Greek yogurt dapat membantu menghilangkan hampir dua kali lipat beratnya dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi yogurt.

Selain itu, bakteri baik dalam probiotik yang terkandung di dalam yogurt dapat membantu meningkatkan metabolisme dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Resep Camilan Alpukat yang Sehat dan Lezat

Itu dia delapan makanan tinggi protein yang cocok untuk kamu yang sedang dalam program diet. Makanan mana yang akan kamu coba dan makanan mana yang menjadi favoritmu? Yuk, mulai makan makanan yang tinggi protein untuk kesehatan tubuh dan untukmu yang sedang ingin menurunkan berat badan.