Hal Tentang Diet DEBM dan Tips Menjalankannya

Hal Tentang Diet DEBM dan Tips Menjalankannya

Mengatur pola makan (diet) pasti dilakukan banyak orang untuk menurunkan berat badan. Salah satu diet yang sedang sangat populer dan banyak dilakukan adalah diet DEBM. Diet yang satu ini bisa menurunkan berat badan hingga 2 kg hanya dalam waktu satu minggu saja.

Kalau biasanya diet untuk menurunkan badan itu berat dan menyiksa, diet DEBM malah buat kamu senang melakukannya. Memangnya apa sih diet DEBM itu? DEBM itu merupakan singkatan dari Diet Enak Bahagia Menyenangkan.

Dari namanya saja, kamu sudah bisa menebak kalau ini bukan diet ketat yang mengerikan, bukan. Sejak pertama kali dipopulerkan, diet DEBM malah sudah dilakukan oleh ratusan juta orang di dunia. Nah, apa kamu juga mau melakukannya?


Cara Melakukan Diet DEBM

Kamu yang mau melakukan diet DEBM diberi kelonggaran untuk memilih makanan favorit. Namun, tetap ada batasan dan harus sesuai dengan prinsip dari diet DEBM itu sendiri. Kamu harus memilih makanan yang rendah karbohidrat dan tinggi protein dan lemak.

Mengurangi asupan karbohidrat berfungsi menurunkan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Kalori yang tidak terbakar hanya akan ditimbun dalam tubuh dan membuat tubuh jadi lebih besar. Satu hal yang bikin diet ini menarik adalah kamu malah boleh mengonsumsi makanan yang tinggi lemak.

Berikut beberapa makanan yang bisa disantap, larangan, dan tips untuk melakukan diet DEBM:


1. Perbanyak lemak dan protein hewani

Kamu bisa memulai dengan menu makanan yang tinggi protein. Buat sarapan dan makanan malam dengan menu daging-dagingan. Kamu bisa memilih daging sapi, ayam, dan ikan yang bisa dimakan bergantian setiap harinya.

Selain itu, kamu pun bisa menyantap telur dan makanan yang terbuat darinya. Jangan lupa asupan susu dan berbagai produk turunannya, seperti keju, yogurt, mentega, dan krim.

Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan Saat Puasa

2. Ganti asupan karbohidrat

No worry tanpa nasi. Kamu masih bisa dapatkan asupan karbohidrat dari makanan lain, kok. Kamu bisa menyantap wortel, buncis, lobak, dan rebung yang ternyata bisa sangat mengenyangkan perut juga. Buat rebusan sayuran tersebut dan santap dengan lauk lainnya.

Beberapa buah juga bisa jadi asupan karbohidrat untuk energi kamu melakukan aktivitas. Pilih alpukat, stroberi, apel, dan pir di sela-sela waktu makan kamu.


3. Menu yang sebaiknya dikurangi

Tentunya, makanan yang mengandung karbohidrat tinggi perlu dikurangi saat menjalani diet ini. Berikut beberapa makanan yang sebaiknya tidak kamu santap dulu.

  1. Makanan dari tepung
  2. Kentang
  3. Singkong
  4. Ubi
  5. Beras merah
  6. Beras ketan
  7. Kacang-kacangan
  8. Pisang
  9. Semangka
  10. Mangga
  11. Pepaya
  12. Melon
  13. Makanan dan minuman yang mengandung gula dan pemanis buatan
Tips Tetap Produktif Bekerja di Rumah

4. Tidak melewatkan waktu makan

Konsep diet yang benar adalah mengatur pola makan, bukan menghindari waktu makan dan membuat kamu kelaparan. Diet DEBM malah mengajak kamu untuk makan makanan yang sebenarnya punya rasa enak. Kamu hanya perlu makan di waktu yang tepat, yaitu waktu makan.

Sedang atau tidak menjalankan diet, sarapan merupakan waktu yang paling penting. Kamu harus makan di pagi hari untuk memberikan tenaga untuk melakukan aktivitas sepanjang hari. Lalu, makan malam bertujuan untuk mengganti energi yang sudah kamu pakai seharian.

Melakukannya dengan benar pastinya akan memberikan kamu tubuh yang ideal. Kamu bisa menurunkan berat badan sampai batas normal dan buat tubuh lebih sehat lagi.


5. Tetap Olahraga Setiap Hari

Diet boleh, tapi kamu juga harus membakar kalori secara alami. Cara terbaik untuk melakukannya adalah olahraga. Minimal, kamu perlu melakukan aktivitas fisik dalam kurun waktu tertentu.

Kamu bisa memilih olahraga favorit untuk tetap menjaga kesehatan dan membuat jantung kamu bekerja dengan baik. Pilihan lainnya adalah berjalan kaki selama kurang lebih 30 menit setiap harinya. Dengan begitu, aliran darah ke seluruh tubuh juga bisa lancar.

Saat kamu berolahraga atau melakukan aktivitas fisik, tubuh juga akan memerlukan asupan air. Jadi, kamu akan merasa sangat haus dan pastinya tidak lupa untuk minum cukup setiap harinya. Air akan membantu tubuh mempercepat metabolisme untuk mengolah dan menyerap asupan makanan.

Kandungan dan Manfaat Temulawak untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Itu dia seputar diet DEBM yang perlu kamu tahu dan cara melakukannya. Bila ingin melakukannya, kamu hanya perlu menyiapkan bahan makanan yang boleh disantap selama diet. Nah, kamu bisa, tuh, membelinya melalui aplikasi Chilibeli.

Selain itu, kamu juga bisa bergabung jadi Mitra Chilibeli dan mendapatkan banyak manfaat, loh. Dengan menjadi mitra, kamu juga menjadi reseller dan berjualan kapan pun dengan mudah. Jadi, kamu bisa dapat uang tambahan, kan.

Kamu juga bisa mendapatkan teman dan wawasan bisnis yang luas yang akan diberikan oleh Chilibeli. Dijamin, semua manfaat ini akan berguna untuk kehidupan sehari-hari. Nah, tunggu apa lagi, segera gabung jadi Mitra Chilibeli di sini dan dapatkan semua manfaatnya.