5 Tips Bisnis Online untuk Ibu Rumah Tangga

5 Tips Bisnis Online untuk Ibu Rumah Tangga

Ibu rumah tangga pun bisa produktif dan menghasilka uang, lho! Dengan semakin banyaknya e-commerce mulai dari fashion, produk kecantikan, kuliner, perabot rumah tangga, hingga produk sembako buah dan sayuran, bisnis online sangat menjanjikan untuk dilakukan para ibu rumah tangga.


Tips Bisnis Online untuk Ibu Rumah Tangga

Biasanya, keinginan memulai bisnis online sudah sangat tinggi, tetapi masih bingung harus mulai dari mana. Selain itu, keterbatasan modal juga menjadi salah satu hambatan dan halangan untuk memulai bisnis online sebagai ibu rumah tangga.

Nah untuk itu, ini dia rahasia dan tips bisnis online sukses untuk ibu rumah tangga, simak selengkapnya di bawah ini.


1. Kumpulkan Niat dan Mental Positif

Memulai merupakan hal yang paling sulit dilakukan. Maka dari itu, kumpulkan niat dan kuatkan mental. Kamu harus paham betul dengan apa yang kamu jual, sehingga jika nantinya ada pertanyaan-pertanyaan dari pembeli, kamu bisa menjawabnya dengan mantap. Selain itu, kamu juga harus siap akan adanya untung rugi dari bisnis tersebut. 

Kesabaran juga menjadi kunci awal kesuksesan bisnis, karena tidak mungkin dalam satu hari kamu akan langsung kebanjiran pesanan. Kamu harus menyiasati bagaimana cara mendapatkan pelanggan dengan mengetahui kebiasaan pasar yang kamu tuju.

5 Resep Salad untuk Ide Jualan Snack di Rumah

2. Memiliki Gawai, Bisa Lebih Baik

Di dunia yang serba digital ini, kamu sangat perlu smartphone dan laptop untuk memulai bisnis online. Hal ini dilakukan karena hampir sebagian besar-- jika tidak, semua iklan dan promosi akan kamu lakukan di media sosial. Karena itu, kamu perlu smartphone dan laptop untuk mengakses aplikasi seperti pesan instan, Instagram, Facebook, Twitter, dan sebagainya. 

Kamu pun tidan perlu membeli smartphone khusus untuk bisnis online jika baru memulainya, karena satu smartphone pun sudah cukup.


3. Tentukan Target Pembeli

Tips bisnis online berikutnya adalah menentukan jenis bisnis dan target pasar. Memiliki satu jenis bisnis lebih baik untuk pemula daripada menjual banyak hal yang berbeda, contohnya lapakmu menjual hijab dan makanan secara bersamaan. Hal ini akan membuat pembeli bingung akan fokus bisnismu.

Tentukan jenis bisnis yang kamu ingin jalani, contohnya kamu ingin berbisnis pakaian wanita. Dengan begitu, kamu hanya fokus berjualan di ruang lingkup tersebut dan lebih mudah dalam menentukan target pasar. Biasanya jika kamu terjun dalam bisnis pakaian wanita, target pasarmu adalah remaja hingga wanita dewasa yang sering menghabiskan waktu di sosial media.

Dengan begitu, kamu bisa coba pasang iklan di media sosial seperti Instagram dan Facebook untuk menarik pelanggan.

10 Tips Kantong Aman Saat Bulan Puasa

4. Ketahui Harga dan Persaingan Pasar

Mengetahui harga dan persaingan pasar adalah tips bisnis online berikutnya. Dengan mengetahui harga dan persaingan pasar, kamu bisa menentukan harga yang pas untuk barang-barang yang kamu jual. 

Menentukan untuk memberikan harga diatas atau dibawah pasar tergantung kamu sendiri. Kamu bisa menjual dibawah harga pasar untuk menarik pembeli lebih cepat, atau kamu juga bisa menjual harga diatas pasaran dengan packaging yang lebih bagus dan menarik, plus pelayanan yang lebih baik.


5. Foto dan Deskripsi Produk Jelas

Foto dan deskripsi produk adalah salah satu penentu dan yang membuat pembeli tertarik untuk membeli produk yang kamu jual. Jika kamu ingin berjualan produk fashion seperti baju, ada baiknya siapkan foto dengan kualitas bagus. Tidak perlu menggunakan kamera profesional, dengan menggunakan smartphone pun kamu bisa mendapatkan hasil foto yang bagus.

Berikan juga sedikit sentuhan dengan penataan yang cantik dan background yang menarik dengan edit yang cukup. Jika kamu memiliki modal lebih, kamu juga bisa mencoba menggunakan model agar foto produk bisa lebih menarik.

Lengkapi juga foto dengan dengan informasi baju yang akan dijual secara mendetail. Jangan lupa sertakan ukuran panjang dan lebar, warna yang tersedia, bahan, dan lain-lain. Dengan begitu, pembeli tahu yang apa mereka akan ekspektasikan nantinya, jangan sampai barang tidak sesuai dengan informasi yang kamu berikan.

Jika kamu mau memulai bisnis kuliner, kamu pun perlu foto produk yang menarik dan terlihat lezat, dengan begitu, pembeli akan lebih tertarik. Kini memulai bisnis kuliner, sembako, sayur dan buah juga dimudahkan dengan adanya aplikasi belanja online yang bisa membuatmu memesan kebutuhan masakmu hanya dari smartphone. 

5 Resep Camilan dari Jeruk Bali

Dengan aplikasi belanja online Chilibeli, kamu bisa langsung bergabung di komunitas Chilibeli! Keuntungan menjadi reseller atau Mitra Chilibeli salah satunya aadalah mendapatkan komisi dari membermu dan program internal menarik yang bisa kamu ikuti. Jadi kamu bisa menjalankan dua bisnis sekaligus dengan mudah.

Selain mengurus rumah tangga, ibu rumah tangga juga bisa kan memulai bisnis online? Hal ini sudah dibuktikan dengan ratusan ibu rumah tangga yang sudah sukses berjualan online. Yuk, mulai jadi Mitra Chilibeli dengan daftar bisnis online sekarang!