7 Tips Berbelanja Kebutuhan Rumah Tangga Saat Periode PSBB

7 Tips Berbelanja Kebutuhan Rumah Tangga Saat Periode PSBB

Di tengah situasi pandemik coronavirus COVID-19, banyak negara yang menetapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) bahkan melakukan isolasi total atau lockdown. Berkaitan hal ini, kebutuhan untuk mendapat bahan baku makanan dan keperluan rumah tangga lainnya tentu harus menyesuaikan dengan keadaan.

Ada beberapa tips untuk Sahabat yang ingin berbelanja di tengah situasi PSBB karena pandemik COVID-19 yang semakin mengkhawatirkan ini.


Tips Aman Belanja Ketika PSBB

Tidak cuma di Indonesia saja, angka penderita COVID-19 terus meningkat dari waktu ke waktu di berbagai negara. Karenanya, sangat penting untuk kita semua menghormati imbauan PSBB dengan mengurangi intensitas berkegiatan di luar rumah.

Nah, tentunya kebutuhan rumah tangga tetap terus dipenuhi di tengah situasi seperti ini. Terdapat beberapa hal yang bisa kamu praktikkan dalam hal berbelanja saat kondisi pandemik yang kian mengkhawatirkan ini.

Apa saja? Berikut 7 tips aman berbelanja ketika PSBB.


1. Selalu Menjaga Kebersihan

Untuk kesehatan bersama, pastikan kamu mempraktikkan kebersihan dasar seperti mencuci tangan dengan sabun selama minimal 20 detik atau menggunakan hand sanitizer. Ini bisa kamu lakukan saat sebelum dan sesudah berbelanja.

Jangan lupa untuk membawa dan menggunakan masker, di saat bersamaan juga menghindari menyentuh wajah wajah sepanjang waktu kamu di luar rumah. 

Kemudian, sangat disarankan untuk menggunakan penutup kepala (topi, beanie cap, dll) agar rambut tertutup. Selain itu, direkomendasikan untuk langsung mandi sesampainya di rumah.

Tips Pencegahan COVID-19, Harus Rajin Cuci Tangan!

2. Menunda Belanja Ketika Badan Terasa Kurang Sehat

Terlebih ketika apa yang kamu rasa di tubuh mirip dengan gejala COVID-19, maka diimbau untuk di rumah saja dan menunda aktivitas belanja.

Namun, jika kebutuhan rumah tangga sudah cukup mendesak, terdapat alternatif belanja yang tidak memerlukan kamu untuk keluar rumah, salah satunya belanja lewat aplikasi online. Direkomendasikan juga belanja bahan konsumsi yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh, seperti temulawak, jahe, jambu biji, dan sebagainya.


3. Menjaga Jarak dengan Pembeli Lain

Ketika kamu tiba di tempat berbelanja, minimarket misalnya, praktikkan social distancing dengan baik. Ini bisa kamu lakukan ketika sedang menyusuri rak produk; sebaiknya hindari dulu area yang sedang ramai dan kunjungi kembali ketika mulai sepi.

Selain itu, ketika sedang mengantri di kasir pun sebaiknya juga menjaga jarak antar pembeli lainnya dengan jarak minimal 2 meter untuk meminimalisasi penularan virus melalui udara.


4. Membawa Wadah Belanja Sendiri

Jika memang harus berbelanja ke luar rumah, pastikan kamu membawa wadah belanja sendiri seperti totebag atau kantong belanja recyclable.

Ini untuk menghindari salah satu medium penyebaran coronavirus yang dapat bertahan mulai dari beberapa jam hingga hari, menurut informasi terakhir dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Meskipun membawa wadah belanja sendiri belum tentu menjamin tidak tertular coronavirus, setidaknya kemungkinan benda yang akan kamu sentuh tidak memiliki proses panjang terekspos udara bebas.

7 Tips Tetap Produktif Saat Work From Home

5. Menyetok Belanjaan Hingga 2 Minggu ke Depan

Sebagai bagian dari praktik berhemat juga, direkomendasikan untuk berbelanja kebutuhan rumah tangga untuk stok 1 sampai 2 minggu ke depan.

Ini dilakukan untuk meminimalisasi kebutuhan kamu untuk ke luar rumah. Tulis daftar belanjaan dengan lengkap, mulai dari kebutuhan pokok seperti sembako, buah dan sayuran, hingga perlengkapan rumah seperti deterjen, sabun, dan lain sebagainya agar tidak terlupa.


6. Belanja Kebutuhan Pokok Secara Online

Upaya lain untuk tidak ke luar rumah untuk berbelanja yang lebih efektif adalah dengan berbelanja kebutuhan rumah secara online. Khususnya untuk kebutuhan pokok seperti sembako, sayur, buah, maupun makanan minuman kemasan, kamu bisa berbelanja langsung dari smartphone via aplikasi belanja online.

Chilibeli bisa jadi solusi berbelanja kebutuhan pokok keluarga dengan kualitas yang dijamin segar, harga yang lebih murah dari rata-rata pasar, hingga kesempatan menarik menjadi Mitra Chilibeli yang berperan penting di saat isolasi mandiri seperti ini.


7. Gunakan Layanan Pengiriman

Meminimalisasi kontak dengan objek dan orang lain juga bisa terlaksana dengan menggunakan layanan pengiriman barang belanjaan.

Agar lebih hemat, kamu bisa memanfaatkan layanan belanja online yang juga menghadirkan pengiriman bebas biaya. Salah satunya Chilibeli, di mana kamu bisa memesan produk belanjaan harian melalui Mitra Chilibeli di lingkungan tinggal kamu, tanpa minimum pembelanjaan.

Solusi Aman Belanja Saat Pandemik? Bayar dengan Cashless!

Sebanyak 7 tips belanja saat periode PSBB di atas tadi bisa meminimalisasi kontak Sahabat dengan objek dan/atau orang lain, yang sangat mungkin terjadi ketika kita berbelanja secara konvensional.

Bergabung menjadi Mitra Chilibeli bisa memudahkan kamu berbelanja kebutuhan harian dan mendapatkan penghasilan tambahan, di saat bersamaan juga membantu tetangga, keluarga, dan kolega berbelanja kebutuhan harian mereka.