Apa Itu Zukini? Ini Kandungan dan Manfaat Zukini

Apa Itu Zukini? Ini Kandungan dan Manfaat Zukini

Banyak sayuran dan buah yang bisa dikonsumsi manusia setiap hari, salah satunya adalah zukini. Memiliki bentuk bulat lonjong seperti timun, zukini masuk ke dalam kategori sayuran buah.

Jenis zukini yang banyak beredar di pasaran biasanya yang berkulit hijau. Warna hijau gelap di bagian kulit zukini menandakan tingginya kandungan vitamin, mineral, dan manfaat lainnya yang penting bagi tubuh.

Selain memiliki banyak manfaat bagi tubuh, zukini juga dijual di pasaran lokal dengan harga standar layaknya sayuran lain. Asiknya lagi, kamu bahkan bisa membeli zukini dengan mudah lewat aplikasi belanja online. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak mencicipi sayuran penuh manfaat yang satu ini.


Kandungan dan Manfaat Zukini

Lalu apa sebenarnya kandungan dan manfaat dari zukini? Siapa saja yang bisa mengonsumsi sayuran ini? Di mana tempat yang baik dan terpercaya untuk berbelanja zukini? Yuk, kita bahas satu per satu.

apa itu zucchini


    1. Apa itu zukini?

    Zukini (zucchini) atau courgette memiliki kulit hijau gelap dengan bentuk bulat lonjong seperti timun. Meski sering disebut sayuran, zukini sebetulnya adalah buah yang masih satu keluarga dengan tumbuhan labu. Uniknya, bagian daging buah dan biji zukini lebih terlihat seperti terong.

    Tekstur zukini lembut namun tidak lembek saat dimasak sehingga lezat diolah dengan cara apa saja. Bagian kulit zukini juga enak dimakan dalam keadaan mentah sehingga zukini sering dipakai untuk bahan baku salad.


    Baca juga: Segala Hal Tentang Beras Organik dan Perbedaannya dengan Beras Biasa


    2. Kaya nutrisi

    Zukini sangat baik untuk dikonsumsi orang dewasa serta anak-anak karena terbukti kaya nutrisi. Seperti yang dilansir dari laman Healthline, zukini yang sudah dimasak memiliki kandungan vitamin A yang tinggi, vitamin C, vitamin K, vitamin B6, mangan, potassium, magnesium, hingga asam folat juga terkandung di dalam sayuran ini.

    Banyaknya kandungan nutrisi di setiap porsi zukini membuat sayuran buah ini dipercaya mampu menyembuhkan demam, sakit yang diakibatkan nyeri, dan penyakit lainnya. Tingginya vitamin A dalam zukini juga mampu meningkatkan imun tubuh dan menyehatkan mata.


    3. Tinggi antioksidan

    Manfaat lain yang tidak bisa diabaikan dari zukini adalah memiliki kadar antioksidan yang tinggi. Antioksidan sendiri sangat penting untuk melindungi tubuh dan kulit dari efek radikal bebas yang memberi akibat buruk ke tubuh. Antioksidan paling tinggi terdapat di bagian kulit zukini yang berwarna kuning dan hijau tua.

    Sering mengonsumsi zukini akan bermanfaat bagi kesehatan mata, kulit, hingga jantung. Antioksidan di dalam zukini juga memberi perlindungan lebih terhadap beberapa tipe kanker, termasuk kanker prostat.


    4. Baik untuk sistem pencernaan

    Kamu punya masalah sembelit atau masalah pencernaan yang sering membuat perut tidak nyaman? Ada baiknya mulai melirik zukini sebagai menu olahan agar pencernaan semakin lancar.

    Zukini memiliki kandungan air, serat larut, dan serat tidak larut yang tinggi. Serat larut berfungsi untuk ‘memberi makan’ bakteri baik yang hidup di dalam sistem pencernaan. Bakteri baik ini nantinya akan menghasilkan asam lemak SCFA yang membuat sel-sel pencernaan tetap sehat.

    Di sisi lain, serat tidak larut yang ada dalam zukini akan membuat tekstur feses menjadi lebih solid, tidak keras, dan mudah dikeluarkan. Sehingga, resiko konstipasi atau susah buang air besar bisa dihindari.


    Baca juga: Tips Aman Berbelanja di Saat Periode PSBB


    5. Menurunkan kadar gula darah

    Untuk kamu yang memiliki keluarga menderita diabetes, ada baiknya mulai memasukkan zukini ke dalam menu diet harian. Pasalnya, zukini memiliki kadar karbohidrat jauh lebih rendah dibandingkan nasi, pasta, dan olahan tepung lainnya. Sehingga, kadar gula dalam darah terutama bagi penderita diabetes tipe 2 akan lebih terkontrol dengan baik. 

    Ingin mengolah zukini sebagai sumber karbohidrat dan serat bagi keluarga yang menderita diabetes? Cukup potong tipis memanjang zukini seperti bentuk spaghetti atau mi rebus. Tekstur yang lembut dan kenyal membuat zukini enak dimasak dengan bumbu apa pun.


    6. Meningkatkan kesehatan jantung

    Kandungan serat yang tinggi dalam zukini tidak hanya baik untuk pencernaan. Nyatanya, serat ini juga sangat baik untuk meningkatkan kesehatan jantung. Dengan mengonsumsi zukini secara berkala, risiko terkena penyakit jantung jadi dapat dihindari.

    Tidak hanya itu, kandungan pektin yang ada di dalam zukini juga terbukti dapat mengurangi kadar kolesterol jahat, lebih tepatnya kadar LDL (low-density lipoprotein cholesterol) dalam darah. Zukini juga banyak mengandung potassium yang membantu mengurangi tekanan darah tinggi dengan cara melebarkan pembuluh darah.


    7. Gampang diolah

    Sudah tertarik untuk mengonsumsi zukini tapi bingung bagaimana mengolahnya? Tenang saja karena zukini cocok diolah untuk segala macam teknik memasak.

    Kamu bisa mengonsumsi zukini secara mentah untuk dijadikan salad. Zukini juga bisa dikukus dengan sayuran lain sebagai pendamping steak sapi atau ayam. Zukini juga nikmat dimakan dengan cara digoreng tepung, ditumis dengan saus tiram, hingga direbus ke dalam sop sayuran bening atau tom yam.

    Untuk kamu yang menghindari gorengan, zukini juga sangat enak saat dipanggang atau dibakar seperti sate. Untuk hidangan anak, isi bagian dalam zukini dengan nasi, daging cincang, dan sayuran lain lalu panggang di dalam oven. Ingin lakukan eksperimen? Campur zukini ke dalam adonan roti, muffin, bolu, atau pancake.


    Baca juga: Perbedaan Tepung Terigu, Tapioka, dan Maizena yang Sebaiknya Kamu Tahu


    apa itu zucchini

    Sebagai sayuran buah yang kaya nutrisi dan banyak manfaat, rasanya sayang sekali jika kita tidak mengonsumsi zukini setiap hari. Untuk kamu yang tertarik dengan segudang kelebihan zukini, mulailah membeli zukini di tempat yang mudah dijangkau, terjamin kualitas dan kesegarannya, dan pastinya dengan harga bersaing seperti Chilibeli.

    Dengan berbelanja di Chilibeli, kamu bisa mendapatkan buah, sayur, dan bahan baku lain dengan kondisi segar karena langsung dari petani dan proses distribusi yang singkat. Berbelanja di Chilibeli juga bebas ongkos kirim sehingga tidak mengganggu pengeluaran saat belanja. Jadi, yuk langsung belanja sayur dan buah di Chilibeli dan buka peluang untuk mendapat penghasilan ekstra dengan bergabung menjadi Mitra Chilibeli di sini!