Manfaat Kyuri, Timun Jepang yang Kaya Gizi

Manfaat Kyuri, Timun Jepang yang Kaya Gizi

Kamu pastinya sudah familiar dengan timun, tapi apakah itu kyuri atau timun Jepang? Timun versi Jepang ini lebih kurus, dengan biji lebih kecil dan kulit lebih tipis. Rasanya juga lebih manis dan daging bagian dalamnya renyah, lembut, dan lezat secara bersamaan. 

Sangat menarik kan, timun Jepang ini? Kini mendapatkannya pun tidak sulit, kamu bisa mendapatkannya dari aplikasi belanja online. Aplikasi belanja online Chilibeli menyediakan banyak ragam bahan makanan yang kamu butuhkan setiap harinya. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan ekstra untuk tambahan uang belanja dengan bergabung bersama Mitra Chilibeli.


Manfaat Kyuri atau Timun Jepang

Kyuri inggi akan vitamin K dan mengandung vitamin C, magnesium, kalium, mangan, vitamin A, riboflavin, dan kalsium. Selain itu, kyuri juga memiliki manfaat antioksidan, anti-inflamasi, dan anti-kanker. Tambahannya, kyuri juga dapat memberikan hidrasi bagi tubuh yang sangat baik, memiliki efek mendinginkan dan menenangkan pada kulit ketika dioleskan. 

Timun jepang atau kyuri paling baik dimakan mentah sebagai bagian dari salad atau hiasan, tetapi juga bisa dibuat di dalam sup, semur, dijus, dan diasamkan menjadi acar. Nah, ini dia manfaat kyuri, timun Jepang yang kaya gizi!


1. Memberikan Banyak Hidrasi

Seperti yang sudah kamu ketahui, air sangat penting untuk tubuh dan memainkan banyak peran penting. Faktanya, hidrasi yang tepat dapat memengaruhi segalanya, mulai dari kinerja fisik hingga metabolisme tubuh. Buah-buahan dan sayuran, khususnya timun Jepang atau kyuri dapat menjadi sumber air yang baik dalam makananmu. 

Karena kyuri terdiri dari sekitar 96% air, mereka sangat efektif dalam mempromosikan hidrasi dan dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan harianmu.

Resep Bubur Kacang Hijau yang Kreatif, Antibosan!

2. Cocok dijadikan Makanan Diet

Kyuri berpotensi membantu menurunkan berat badan dengan beberapa cara berbeda. Yang pertama, kyuri sangat rendah kalori. Setiap porsi satu cangkir (104 gram) hanya mengandung 16 kalori yang dapat menjadikan timun Jepang ini sebagai pilihan snack sehat untuk kamu yang sedang diet. Ini berarti kamu bisa makan banyak kyuri tanpa khawatir akan kalori ekstra yang menyebabkan kenaikan berat badan.

Selain itu, kandungan air di dalam kyuri yang tinggi dapat membantu menurunkan berat badan juga. 


3. Dapat Membantu Menjaga Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi atau hipertensi, dapat membuatmu berisiko terkena aneurisma, stroke, atau penyakit-penyakit lainnya yang lebih buruk. Karena kyuri  kaya akan kalium elektrolit, maka kyuri dapat mengurangi retensi air yang diinduksi natrium dan dengan demikian menurunkan tekanan darah.

Tapi, tentu saja, kyuri sendiri tidak akan membantu menjaga tekanan darahmu. Jika kamu memang memiliki tekanan darah tinggi, pastikan kamu juga berupaya untuk mengurangi kebiasaan seperti merokok, dan harus rutin berolahraga. Hindari makan makanan berlemak berlemak dan penuh kolesterol jenuh. Dengan begitu, kyuri pun dapat membantu menjaga tekanan darahmu.


4. Dapat Membantu Menjaga Pencernaan 

Pada dasarnya semua kalori dalam mentimun, tidak hanya kyuri, berasal dari serat. Serat membantu meningkatkan kesehatan usus dan dapat membantu kamu yang sulit buang air besar Selain itu, serat juga bermanfaat dalam mengelola kondisi tertentu seperti diabetes dan kolesterol tinggi, dan bahkan akan membuatmu kenyang untuk mencegah makan secara berlebihan.

Macam-macam Resep Sambal Matah | Bikin Sajian Makin Sip

5. Dapat Membantu Kesehatan Tulang

Kalsium bukan satu-satunya nutrisi yang membuat tulangmu menjadi kuat, tapi vitamin K yang dikandung oleh kyuri juga dapat membantu kesehatan dan membantu tulang agar lebih kuat. Namun, karena vitamin K juga bisa membuat pembekuan darah, hati-hati dalam mengonsumsinya. Pastikan terlebih dahulu dengan doktermu sebelum mengonsumsi kyuri.


6. Melindungi Otak dari Penyakit Neurologis

Zat anti-inflamasi yang disebut fisetin ada di dalam kyuri, serta stroberi dan anggur.

Baru-baru ini telah dikatakan oleh banyak ahli bahwa fisetin memainkan peran penting dalam kesehatan otak. Fisetin ini akan memiliki kemampuan untuk mengurangi dampak penyakit neurologis yang berkaitan dengan usia pada fungsi otak, dan itu juga akan membantu mempertahankan fungsi kognitif pada orang dengan penyakit Alzheimer.


7. Mencegah Penuaan Dini

Ada alasan mengapa timun Jepang atau kyuri sering digunakan dalam produk perawatan kulit, yitu karena kyuri telah terbukti efektif untuk mencegah penuaan dini. Jadi, selain baik dikonsumsi, baik juga digunakan untuk kulitmu.

Resep Martabak Manis Rumahan | Hidangan Andalan di Waktu Istimewa

8. Meringankan Inflamasi Ringan

Flavonoid, yang merupakan zat anti-inflamasi, dan tanin dalam kyuri keduanya terbukti membantu berkurangnya pelepasan radikal bebas dalam tubuh dan untuk mengurangi rasa sakit.

Secara tradisional, kyuri ini digunakan pengobatan macam-macam inflamasi ringan seperti jerawat hingga sakit kepala. Kamu bisa meminum jus timun Jepang dan rasakan manfaat segarnya jika kamu sedang mengalami sakit kepala ringan.


Itulah macam-macam manfaat kyuri, timun Jepang yang kaya gizi. Apakah kamu sudah pernah mencoba kyuri? Jika belum, yuk coba dan dapatkan banyak manfaatnya!