Semua Tentang Semangka Kuning yang Sebaiknya Kamu Tahu

Semua Tentang Semangka Kuning yang Sebaiknya Kamu Tahu

Semangka adalah tanaman merambat yang berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan. Buah yang ternyata juga sayuran sekaligus ini sangat terkenal di negara-negara tropis yang panas karena sangat segar.

Buah semangkayang selalu tumbuh sepanjang tahun dan dibuahkan tanpa kenal musim. Di balik kesegaran dan warnaya yang merah, buah ini menggoda selera siapa saja yang melihatnya.

Sebagian besar dari kita sudah mengenal buah yang populer yang bernama semangka ini dagingnya merah cerah dan biji hitam ini sangat disukai banyak orang. Tapi tahukah kamu kalau semangka juga ada yang berwarna kuning? Dengan lebih dari 1.200 varietas semangka di pasaran saat ini, ternyata ada juga semangka yang berdaging kuning.

Semangka kuning adalah mutasi alami. Buah semangka kuning ini memiliki rasa lebih manis, seperti madu dibandingkan dengan semangka berdaging merah, dengan manfaat yang sama. Buah semangka kuning sekarang banyak tersedia dan merupakan alternatif dari semangka tradisional yang berwarna merah.

5 Fakta Semanga Kuning yang Perlu Kamu Tahu

Kini untuk mencoba semangka kuning kamu bisa membelinya lewat aplikasi belanja online Chilibeli. Apa itu Chilibeli? Dengan aplikasi belanja online Chilibeli, kamu bisa membeli kebutuhan buah-buahanmu, seperti semangka kuning yang jarang ada di pasaran. Selain itu, kamu pun bisa bergabung jadi Mitra Chilibeli untuk mendapatkan komisi sebagai reseller dan mendapatkan potongan harga. Sangat menguntungkan, bukan?

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang semangka kuning, berikut fakta semangka kuning yang kamu perlu tahu.


1. Perbedaan Rasa dan Bentuk dengan Semangka Merah

Semangka kuning dapat sangat bervariasi dalam ukuran, bentuk dan warna pun tergantung pada varietas. Dagingnya semangka kuning pun bisa berkisar dari kuning pucat hingga emas tua dan berisikan biji hitam kecoklatan besar atau bahkan tanpa biji.

Sementara teksturnya lebih segar dan renyah dibandingkan semangka merah standar. Rasa dari semangka kuning pun jauh lebih manis dengan aroma madu dan aprikot.

2. Kandungan Semangka Kuning

Seperti semangka lainnya, semangka kuning terdiri dari hampir 90 persen air, dengan vitamin A dan C dan kalium. Meskipun tidak memiliki kandungan likopen seperti yang dikandung semabgka merah, semangka kuning mengandung beta-karoten. Beta karoten adalah salah satu jenis karotenoid yang merupakan zat pigmen pada sayur dan buah berwarna merah, kuning, dan oranye.

Beta karoten dikonversi dalam tubuh menjadi vitamin A, yaitu antioksidan kuat yang memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan mata, kulit dan fungsi neurologis. Manfaat serupa juga bisa kamu temukan di buah yang gampang ditemukan di supermarket, cek di sini ya!



3. Asal Usul Warna Kuning Semangka Kuning

Buah semangka kuning memiliki warna kuning di dagingnya karena kurangnya likopen, yang dikandung oleh semangka merah, sehingga membuatnya berwarna kuning. Likopen adalah senyawa yang memproduksi pigmen kemerahan pada buah maupun sayur, termasuk semangka merah.



4. Manfaat Semangka Kuning

Dalam hal nilai gizi, semangka kuning berjumlah sekitar 46 kalori dalam satu cangkirnya dan membuat semangka kuning pilihan camilan yang sehat. Mirip dengan semangka merah, semangka kuning kaya akan vitamin A dan C, yang dapat mendukung sistem kekebalan tubuh dan kesehatan kulit.

Tidak seperti semangka merah, semangka kuning mengandung lebih banyak beta-karoten, yang merupakan antioksidan yang dapat melindungi terhadap kanker dan penyakit mata.

Dengan banyak manfaat kesehatan dan jumlah kalori yang rendah, semangka kuning adalah pilihan tepat bagi siapa saja yang sedang mencari camilan manis dan menyegarkan, tanpa harus mengonsumsi junk food. Jangan sedih, buat kamu yang menyukai junk food, ada cara sehat untuk menikmatinya, cari tahu jawabannya di sini.

Semangka kuning tidak hanya dapat membantu detoksifikasi dan mencegah kembung, tetapi persentase air yang tinggi juga dapat membuatmu terhidrasi sepanjang hari.



5. Cara Menyimpan Semangka Kuning

Jika kamu berencana menyimpan semangka kuning untuk jangka waktu yang lebih lama, penting untuk mengetahui cara yang tepat untuk menyimpannya.

Jika kamu menyimpan semangka kuning yang belum dipotong, makan semangka kuning dapat disimpan di di suhu ruangan selama 2 minggu sebelum mulai rusak.Kamu juga bisa menyimpan semangka di lemari es selama 2-3 minggu sebelum memotongnya.

Namun, setelah memotong semangka, pastikan untuk menutupi bagian yang terbuka dengan plastik untuk mencegahnya menjadi busuk. Irisan semangka kuning juga dapat disimpan dalam lemari es selama 3-5 hari, tetapi akan mulai kehilangan rasa manisnya semakin lama kamu menyimpannya, jadi lebih baik langsung dikonsumsi.

Itu dia lima fakta semangka kuning yang perlu kamu tahu. Membeli semangka kuning maupun merah tergantung dari kebutuhanmu sendiri, manfaat mana yang ingin kamu dapatkan? Kamu bisa dapatkan dari kedua semangka, yaitu semangka merah dan kuning.

7 Tips Aman & Nyaman Berpuasa Untuk Bumil
Pengolahannya pun hampir sama, bisa dibuat jus, salad buah, hingga makanan penutup karena rasanya yang manis dan mengandung banyak air sehingga terasa segar untuk dikonsumsi di hari yang panas. Yuk, coba semangka kuning dan dapatkan manfaatnya!