7 Sayuran yang Kaya Antioksidan untuk Menangkal Radikal Bebas

7 Sayuran yang Kaya Antioksidan untuk Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas adalah sebutan untuk sel-sel rusak yang dapat menyebabkan kondisi negatif bagi tubuh. Saat tubuh menggunakan oksigen, sekitar satu hingga dua persen sel akan kehilangan molekul penting sehingga berpotensi mendatangkan kerusakan jika bertemu molekul lain.

Sebenarnya, radikal bebas merupakan bagian dari proses alami dalam tubuh. Namun, jika tidak diimbangi dengan antioksidan, radikal bebas menyebabkan penyakit yang serius. Di antaranya adalah Alzheimer, kanker, dan stroke.

Selain berasal dari proses dalam tubuh, radikal bebas juga kerap dipicu dalam bahan-bahan lain yang kerap hadir dalam keseharian kita. Misalnya saja ozon, radiasi sinar-X, polusi udara, asap rokok, makanan yang terkontaminasi pestisida, minuman beralkohol, dan produk-produk industri.

Oleh karena itu, penting bagi kita membatasi diri dari bahan-bahan di atas. Tidak hanya itu, untuk mencegah kerusakan tubuh akibat radikal bebas, setiap harinya tubuh membutuhkan asupan antioksidan yang hanya bisa kita dapatkan dari makanan.

Rekomendasi Sayuran yang Kaya Antioksidan

Salah satu sumber antioksidan yang bisa kamu dapatkan dengan mudah adalah sayuran. Tidak harus selalu mengandalkan pasar tradisional atau pasar modern, kamu juga bisa menggunakan aplikasi belanja online untuk membeli aneka sayur yang kaya akan kandungan antioksidan.

Sebelum berbelanja, yuk, ketahui dulu sayur apa saja yang mengandung antioksidan yang dapat membantu tubuhmu terlindungi dari ancaman radikal bebas.


1. Asparagus

Mungkin masih banyak dari kita yang tidak familier dengan asparagus. Namun, sayuran yang beraroma khas ini bisa kita kreasikan menjadi berbagai menu masakan yang lezat, mulai dari rebus, panggang, tumis, ataupun sop. Tak hanya itu, asparagus juga memiliki banyak manfaat gizi yang berguna bagi tubuh dan mengandung kalori rendah.

Asparagus juga merupakan tumbuhan yang banyak mengandung glutation, salah satu enzim yang dapat membentuk zat antioksidan. Selain mencegah kanker, sayuran batang hijau ini juga bermanfaat menjaga kinerja ginjal dan saluran pencernaan. Di dalamnya juga terkandung karbohidrat inulin yang berdampak pada memaksimalkan sistem kekebalan tubuh.


2. Bayam

Paparan sinar matahari dan radikal bebas berpotensi mengakibatkan kerusakan pada mata. Misalnya saja degenerasi makula dan katarak. Untuk menjaga kesehatan mata, khususnya retina, kita membutuhkan asupan lutein yang juga berkhasiat sebagai antioksidan.

Kandungan lutein yang tinggi bisa kita temukan pada bayam. Namun, jangan sembarang memasak bayam supaya manfaat antioksidannya berfungsi optimal untuk tubuh kita. Sebaiknya kamu membuat tumisan bayam menggunakan minyak zaitun atau mengolahnya menjadi sayur bening.

Resep Nasi Goreng untuk Hidangan Simpel dan Nagih

3. Bok Choy

Bok choy merupakan jenis sayuran yang kaya akan antioksidan melalui kandungan senyawa indole dan thiol. Keduanya dapat melindungi tubuh kita dari ancaman kanker, mulai dari kanker payudara, kanker usus, hingga kanker ovarium. Tak hanya itu, dua senyawa tersebut juga membantu tubuh dalam proses metabolisme estrogen.

Sayuran ini juga mengandung vitamin A, vitamin B, dan kalsium yang tinggi. Namun, agar manfaat bok choy tetap maksimal dirasakan tubuh, sebaiknya bok choy tidak dimasak terlalu matang. Salah satu hasil olahan terbaik untuk menikmati bok choy adalah menumisnya menggunakan bawang putih yang bermanfaat mengendalikan radikal bebas dalam pembuluh darah lewat kandungan sulfurnya.


4. Brokoli

Bukan tanpa alasan sayuran ini begitu popular bagi siapapun yang menjalani pola makan sehat. Ya, sayuran yang bentuknya menyerupai pohon kecil ini memiliki antioksidan yang tinggi. Senyawa-senyawa antioksidan di dalamnya dapat menurunkan potensi kanker yang merupakan dampak dari radikal bebas.

Di dalam brokoli, terdapat senyawa karotenoid, polifenol, glucosinolat, lutein, dan tocopherol yang bisa menurunkan inflamasi pembuluh darah. Kamu bisa merebus atau mengukusnya terlebih dulu sebelum mengonsumsi brokoli untuk meningkatkan karotenoid dan lutein.

15 Ucapan Menyambut Ramadhan untuk Kerabat dan Teman

5. Kubis Ungu

Ada begitu banyak manfaat yang bisa kita temukan dalam kubis ungu. Salah satunya adalah kandungan anthocyanin yang bermanfaat mengurangi risiko serangan jantung dan kanker. Uniknya, apabila kamu merebus kubis ungu, kandungan anthocyanin di dalamnya akan meningkat empat kali.

Selain itu, kubis ungu juga mengandung senyawa indole yang dapat menurunkan risiko kanker payudara pada wanita. Sayuran ini juga memiliki kandungan vitamin C yang mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi kita dari kerusakan radikal bebas.


6. Tomat

Tomat mengandung banyak antioksidan sehingga bisa membantu tubuh kita membentuk imunitas terbaik. Mengonsumsi tomat juga mampu berkhasiat menekan banyak risiko kerusakan tubuh, mulai dari mata, paru-paru, usus, payudara, hingga prostat. Kandungan antioksidan paling banyak dalam tomat adalah likopen, karotenoid, betakaroten, dan glutation.

Cara ideal untuk mendapatkan manfaat tomat adalah menggorengnya. Kandungan likopen dan vitamin C di dalamnya akan bertambah ketika tomat dimasak. Likopen bisa menjaga kesehatan kulit, menurunkan risiko kanker, meningkatkan kesehatan jantung, dan meningkatkan respons saraf.

Cara Membuat Gorengan Sehat untuk Camilan di Rumah

7. Wortel

Wortel dikenal dengan kandungan vitamin A yang tinggi. Selain itu, di dalamnya juga terkandung karotenoid dan betakaroten yang bermanfaat melindungi sel mata dari radikal bebas. Sayuran ini berkhasiat melindungi tenggorokan, paru-paru, jantung, payudara, dan usus dari ancaman sel kanker.

Saat dimasak, kandungan antioksidan di dalamnya akan bertambah. Wortel yang direbus, dikukus, atau ditumis ternyata memiliki kandungan karotenoid, polifenol, glucosinolat, dan vitamin C yang lebih tinggi dibandingkan dalam keadaan mentah. Proses pemanasan wortel justru mengaktifkan rantai antioksidan sehingga manfaatnya akan lebih efektif diserap oleh tubuh.


Mengonsumsi sayur-sayur di atas setiap harinya akan menjaga tubuhmu dari ancaman radikal bebas yang berpotensi mendatangkan penyakit serius. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengolah sayur dengan berbagai cara supaya tidak bosan mengonsumsinya.

Kamu bisa mendapatkan aneka sayur berkualitas dengan mudah tanpa harus bepergian. Coba saja manfaatkan aplikasi belanja online Chilibeli yang menggunakan konsep komunitas dan menawarkan banyak keuntungan, salah satunya bergabung menjadi Mitra Chilibeli untuk mendapat penghasilan ekstra yang bisa jadi tambahan uang belanja. Yuk, lindungi tubuhmu dengan bahan makanan sehat bersama Chilibeli!