Apa Perbedaan Paprika Merah, Kuning, dan Hijau?

Apa Perbedaan Paprika Merah, Kuning, dan Hijau?

Paprika memberikan warna berbeda pada setiap makanan. Bukan hanya pada rasanya, tampilan sebuah masakan juga bisa berbeda ketika menggunakan paprika merah, kuning, dan hijau. Lalu, sebenarnya apa perbedaan dari tiga paprika berbeda warna tersebut?

Kamu akan menemukan setidaknya tiga warna berbeda dari sayur paprika. Tiga warna paprika tersebut bahkan bisa kamu temukan saat berbelanja sayur. Tahukah kamu, bahwa tiga paprika berbeda warna tersebut berasal dari tanaman yang sama, hanya saja ada kondisi yang membuat warnanya berbeda.

Beberapa masakan malah menggunakan setidaknya dua jenis paprika tersebut. Sebuah saja pizza yang sering pakai paprika hijau dan merah bersamaan. Pemakaian ini juga membuat campuran rasa yang baru pada masakan.


Perbedaan Paprika Hijau, Kuning, dan Merah

perbedaan paprika

Biarpun sebenarnya ada masih dalam tanaman yang sama, ada perbedaan mendasar dari tiga paprika tersebut. Simak perbedaan antara paprika hijau, kuning, dan merah di bawah ini!


1. Tingkat kematangan

Hal yang paling mendasar dari perbedaan warna paprika adalah tingkat kematangannya. Paprika bisa berubah warnanya selama masih ada di pohonnya. Bukan hanya tiga warna ini, paprika pun bisa berubah menjadi warna orange dengan tingkat kematangan tertentu.

Warna hijau menandakan paprika tersebut belum terlalu matang saat dipanen. Warna ini adalah warna pertama yang akan muncul para sayur paprika saat mulau berbuah. Biarpun masih hijau, paprika sudah bisa digunakan untuk berbagai jenis masakan.

Setelah mulai matang, paprika akan berubah menjadi warna kuning cerah. Bila didiamkan beberapa waktu lagi, warna kuning tersebut akan menjadi orange. Bila sudah benar-benar matang, warna paprika tersebut akan berubah menjadi merah.


Baca juga: Kenali Cirinya, Ini Jenis Alpukat yang Paling Populer


2. Rasa paprika

Karena memang belum matang, paprika hijau punya rasa yang paling pahit di antara paprika lainnya. Karena rasa pahit inilah, paprika hijau jarang digemari oleh anak-anak. Namun, penggunaannya tetap banyak pada berbagai resep masakan.

Semakin matang, rasanya pun berubah menjadi manis. Paprika kuning punya rasa yang manis karena tingkat kematangannya sudah cukup. Begitu benar-benar matang, paprika akan terasa sangat manis.


3. Kandungan nutrisi

Bukan hanya tingkat kematangannya saja, kandungan nutrisi dari masing-masing paprika pun berbeda juga. Paprika hijau punya vitamin yang banyak, khususnya vitamin A. Namun, paprika hijau sudah mengandung vitamin C yang tinggi.

Paprika kuning punya kandungan gizi yang lebih pas. Kandungan vitamin A dan C pada jenis ini sudah lebih banyak karena lebih matang. Namun, ada beberapa kandungan yang tetap belum kaya karena tingkat kematangannya yang masih di bawah paprika merah.

Berbeda dengan paprika merah yang punya kandungan paling kaya di antara jenis lainnya. Warna merahnya membuat antioksidan yang dikandungnya lebih banyak. Zat ini bagus untuk melindungi tubuh dari radikal bebas dan mencegah pertumbuhan sel kanker.

Semua paprika sebenarnya punya kandungan gizi yang mirip. Hanya berbeda kadarnya saja. Apa pun pilihan kamu nutrisi yang didapatkan pun sama.


Baca juga: Jangan Salah, Ini Perbedaan Caisim dan Pakcoy


4. Penggunaan di makanan

Perbedaan warna paprika juga berpengaruh pada penggunaannya di masakan. Namun, orang-orang juga sering mengombinasikannya untuk memberikan rasa dan tampilan yang berbeda pula. Jadi, jangan heran kalau ada dua atau tiga warna paprika dalam satu jenis masakan.

Paprika hijau dan merah jadi yang paling sering berada dalam satu piring. Pasalnya, dua jenis paprika ini punya rasa yang benar-benar berbeda. Paprika hijau pahit, sedangkan paprika merah manis.

Penggunananya sering kita lihat pada pizza atau sate barbeque. Dengan memasukkan dua jenis paprika ini, rasa yang dihasilkan tentu lebih kaya di mulut. Ada kalanya mulut merasakan rasa pahit, ada kalanya juga manis di tengah-tengah rasa gurih dari daging yang dipakai sebagai bahan utama.

Di sisi lain, paprika kuning biasanya digunakan pada sajian yang manis dan gurih juga. Sebut saja salad sayur dengan berbagai manfaat dari kandungan yang menyehatkan. Warna kuning cerahnya membuat tampilan salad lebih menggugah selera dengan perpaduan warna hijau sayur, merah tomat, dan kuning paprika.


5. Harga

Paprika hijau jadi jenis yang paling murah di antara yang lainnya. Alasannya sudah jelas karena paprika hijau dipanen dalam keadaan mentah. Jenis porsinya pada masakan pun paling sedikit di antara jenis paprika yang lainnya

Tingkat kematangan yang semakin tinggi juga akan berpengaruh pada harganya. Paprika merah jadi yang paling mahal walaupun kamu tidak bisa menyimpannya terlalu lama. Hal ini disebabkan waktu tunggu panen yang cukup lama untuk mendapatkan paprika merah.


Baca juga: Deretan Buah Penurun Kolesterol Berikut Kandungannya


Itulah perbedaan dari tiga warna paprika yang kamu jumpai di pasaran. Mau paprika yang mana pun, kamu bisa mendapatkannya dengan mudah di aplikasi belanja online Chilibeli, lho. Semua pesanan kamu akan diantar sampai ke rumah.

Selain berbelanja, kamu pun bisa berjualan sayur, buah, dan sembako di Chilibeli. Caranya tinggal bergabung menjadi Mitra Chilibeli dan dapatkan komisi tiap bulannya!