Ini Perbedaan Caisim dan Pakcoy; Dari Bentuk, Kandungan, Sampai Manfaat

Ini Perbedaan Caisim dan Pakcoy; Dari Bentuk, Kandungan, Sampai Manfaat

Serupa tapi tak sama, caisim dan pakcoy kadang membuat kita semua bingung. Dua sayuran yang masuk ke dalam jenis sawi hijau ini memang punya bentuk yang mirip. Namun, manfaat yang bisa didapat dari mengonsumsinya jelas berbeda.

Dua sayuran hijau ini masuk ke dalam keluarga Brassica. Baik caisim maupun pakcoy bisa dikonsumsi bagian daun, bunga, dan batangnya. Sekarang tinggal menyerahkan kamu untuk mengolahnya dengan baik.


Perbedaan Caisim dan Pakcoy

Bila tahu tahu bedanya, kamu bisa langsung tahu yang mana caisim dan pakcoy. Simak juga beberapa manfaat yang bisa kamu dapat dari dua sayuran serupa tapi tak sama di bawah ini!


1. Caisim atau Sawi Hijau

kandungan manfaat caisim

Jenis sayuran sawi yang satu ini paling umum ditemui karena sering digunakan sebagai bahan masakan. Caisim biasanya digunakan untuk campuran sop, tumisan sayur dan bakso, hingga tambahan untuk mie instan kuah.

Caisim punya bentuk yang bisa dicirikan dengan mudah saat dipegang. Struktur daun sayur caisim halus dan tidak berbulu. Tangkainya berwarna putih kehijauan, memanjang dan langsing, serta tidak membentuk krop.

Bila dimakan mentah-mentah, caisim punya tekstur yang renyah dan rasa yang pahit. Untuk mengolahnya, banyak orang yang memotongnya kecil-kecil mulai dari daun hingga setengah bagian batang. Ada juga yang hanya memotong pangkal batangnya dan membiarkannya memanjang.

Caisim juga mengandung banyak vitamin dan nutrisi lain yang bagus untuk tubuh. Simak manfaat dari mengonsumsi caisim yang bisa kamu dapatkan!


Meningkatkan imunitas tubuh

Caisim kaya akan vitamin A, C, dan K yang sangat dibutuhkan tubuh. Vitamin-vitamin inilah yang bisa memperkuat imunitas tubuh dan mencegah kamu dari penyakit. Karena itu, anjuran untuk makan sayuran hijau memang untuk membuat tubuh kita kuat.

Vitamin K sendiri punya peran untuk menjaga kepadatan tulang. Kamu juga bisa menjaga saraf otak tetap bagus dan mencegah kerusakan.


Menurunkan kolesterol

Para penderita kolesterol atau kamu yang berpotensi pasti disarankan untuk mengonsumsi caisim. Hal itu ada benarnya karena caisim mengandung kalsium, seng kalium, zat besi, magnesium, dan folat yang bagus untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Kamu yang sedang hamil juga disarankan untuk banyak-banyak mengonsumsi caisim. Sayuran hijau ini bisa membantu mengurangi risiko cacat janin dan menjaganya perkembangannya tetap sehat sampai proses melahirkan.


Mencegah kanker

Belum pernah ada berita yang bilang mengonsumsi sawi hijau menyebabkan kanker, kan. Hal ini karena caisim punya sifat antikanker di dalamnya. Antioksidan yang tinggi dalam sayur ini mampu menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.


Membersihkan tubuh

Caisim juga bisa dijadikan tumisan, sayur kuah, hingga jus hijau yang kaya gizi. Manfaatnya pun tetap sama untuk membersihkan racun-racun yang ada dalam tubuh. Kandungannya pun akan membantu mengeluarkan racun dalam tubuh tersebut bersama kotoran.


Baca juga: Resep Sayur Bayam Antibosan, Wajib Coba!


2. Pakcoy atau Sawi Sendok

kandungan manfaat bok choi

Dikatakan sayur sawi sendok karena bagian tangkainya lebih besar dan melengkung seperti sendok. Bila dibandingkan dengan caisim, batang pakcoy lebih pendek dan keras. Bila dilihat dari daunnya, kamu mungkin akan sulit menemukan perbedaan.

Sayuran ini lebih banyak dibuat tumisan dengan campuran saus tiram dan seafood. Pakcoy juga punya versi kecil atau mini yang sering disebut juga ‘baby pakcoy’. Rasanya dan teksturnya tetap sama setelah diolah, baik versi besar atau kecil.

Pakcoy pun punya manfaat yang beragam bila dikonsumsi secara rutin. Simak manfaat pakcoy untuk kesehatan tubuh kamu di bawah ini!


Menurunkan kolesterol

Karena termasuk sayuran hijau, pakcoy juga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Serat yang ada dalam sayuran ini mampu mengikat asam empedu penyebab kolesterol. Lalu, kotoran tersebut akan dikeluarkan bersama sisa makanan.

Serat yang sangat tinggi pun akan membuat pencernaan kamu sehat. Kamu akan buang air secara teratur setiap hari.


Menyehatkan mata dan kulit

Pakcoy juga mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Kandungan ini yang terbilang cukup banyak dari sayur pakcoy. Untuk kamu yang sering bersinggungan dengan layar gadget, disarankan untuk rutin makan sayur ini.

Selain itu, pakcoy juga kaya dengan vitamin E yang bisa menjaga kesehatan dan kecerahan kulit dari dalam. Kandungan ini mampu mencegah penuaan dini akibat radikal bebas.


Mempercepat pembekuan darah

Bila rutin makan pakcoy, darah kamu akan cepat membeku saat terluka gores. Hal ini karena pakcoy kaya akan vitamin K. Kandungan ini juga yang bisa menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, dan osteoporosis.


Baca juga: Resep Sayur Asem Andalan, Pasti Segar Kapan Saja


Mau beli caisim atau pakcoy, kamu bisa langsung memesannya di aplikasi belanja online Chilibeli. Di sana pun tersedia lengkap berbagai bahan makanan. Semua pesanan akan langsung dikirim ke rumah kamu.

Kamu pun bisa mendapatkan penghasilan ekstra dengan berjualan buah, sayur, dan sembako di rumah lewat program Mitra Chilibeli. Selain itu, kamu juga kan mendapat wawasan baru tentang bisnis dari rumah. Yuk, langsung segera bergabung menjadi Mitra Chilibeli di sini sekarang!