5 Manfaat Tomat untuk Kesehatan dan Penampilan Tubuh

5 Manfaat Tomat untuk Kesehatan dan Penampilan Tubuh

Suka makan pasta tomat yang dicampur dengan spaghetti? Atau lebih suka tomat mentah yang dicampur ke dalam salad? Jika iya, kamu mesti pertahankan kebiasaan ini. Pasalnya, tomat mengandung begitu banyak zat gizi yang berdampak baik bagi kesehatan.

Buah yang sering disangka sayur ini mengandung lycopene yang merupakan pigmen karotenoid yang membantu tubuh dalam beberapa cara. Selain itu, tomat juga memiliki kandungan antioksidan, lutein, vitamin A, vitamin C, folat, dan kalium yang luar biasa tinggi. Bila dikonsumsi secara rutin, manfaat tomat pun bisa kamu rasakan sepanjang masa.

Lebih lanjut lagi, mari kita bahas satu per satu manfaat tomat untuk kesehatan yang wjaib kamu ketahui. Simak ulasannya berikut ini.


5 Manfaat Tomat yang Wajib Kamu Ketahui

Tomat memang bisa dikonsumsi dengan berbagai cara, baik itu dijadikan campuran sambal, masakan, salad, atau pun dibuat jus yang segar. Sama halnya dengan kandungan nutrisinya, manfaat tomat pun luar biasa melimpah. Tak heran kalau para ahli menyarankan kita untuk memasukkan tomat ke dalam menu harian.

Jika ingin mulai rutin mengonsumsi tomat, kamu harus mulai menyetok tomat di rumah. Namun, tak perlu repot pergi ke pasar tradisional atau supermarket hanya untuk membeli tomat karena kamu bisa mengandalkan aplikasi belanja online, seperti Chilibeli.

Lewat Chilibeli, kamu bisa belanja semua kebutuhan bahan makanan, termasuk tomat secara lebih praktis. Tinggal buka aplikasinya dan semua bahan makanan yang dibutuhkan bisa kamu temukan di Chilibeli. Selain itu, semua pesananmu pun akan dikirim langsung sampai ke rumah. Jadi, bisa menghemat waktu, kan?

Berikut ini beberapa manfaat tomat untuk kesehatan dan penampilan tubuh, di antaranya:


1. Mencegah kanker

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa tomat memilki kandungan lycopene dan antioksidan yang cukup tinggi sehingga mampu membantu mencegah kerusakan DNA di dalam sel akibat radikal bebas yang menjadi pemicu kanker. Mengonsumsinya secara rutin dapat mencegah berbagai kanker berbahaya, seperti kanker payudara, kanker prostat, kanker kolorektal, kanker mulut, lambung, paru-paru, dan kandung kemih.

Namun, untuk mendapatkan manfaat tomat satu ini, kamu harus mengonsumsi tomat dengan cara merebusnya terlebih dahulu. Sebab, nutrisi tomat yang sudah direbus lebih tinggi dibandingkan nutrisi tomat mentah. Lycopene dan antioksidan di dalam tomat juga akan bekerja lebih optimal setelah dipanaskan.

Kandungan dan Manfaat Jambu Biji, Ampuh Tingkatkan Imun Tubuh

2. Meningkatkan kesehatan mata

Salah satu manfaat tomat yang paling terkenal adalah membuat mata menjadi lebih sehat. Hal ini dikarenakan tomat memiliki kandungan beta karoten yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A yang tersimpan di dalam tomat juga dapat meningkatkan produktivitas retina terutama dalam pencahayaan yang kurang serta dapat meningkatkan perkembangan mata. Nah, buat kamu yang punya masalah penglihatan, wajib banget buat rutin mengonsumsi tomat.


3. Menjaga kesehatan kulit

Kurang percaya diri akibat kulit yang terlihat kusam? Jangan khawtair, kamu bisa mengatasinya dengan mengonsumsi tomat. Manfaat tomat satu ini mungkin belum banyak diketahui banyak orang, namun menurut sebuah penelitian lycopene yang ada di dalam tomat mampu meningkatkan kemampuan kulit untuk melindungi diri dari paparan sinar UV sehingga kulit akan tampak lebih awet muda.

Tomat juga mengandung vitamin C yang berfungsi melembutkan, mencerahkan, dan meremajakan kulit. Bahkan, mengonsumsi tomat bersamaan dengan minyak zaitun dapat mendorong produksi kolagen dan antiosidan yang dapat membantu mencegah kerusakan kulit, rambut, dan kuku akibat terpapar sinar matahari.

7 Manfaat Jeruk lemon yang Jarang Diketahui

4. Menjaga berat badan tubuh

Sedang menjalani diet? Cobalah konsumsi tomat setiap hari. Tomat terkenal dengan kalorinya yang rendah. Mengonsumsinya selagi diet akan membuatmu cepat merasa kenyang sehingga kamu tak akan tergoda untuk mengonsumsi lebih banyak makanan. Meski rendah kalori, kandungan gizinya yang begitu beragam akan mencukupi kebutuhan nutrisi pada saat diet.


5. Meningkatkan kesehatan jantung

Tomat mangandung kolin, potassium, serat, dan vitamin C yang dapat membantu meningkatkan fungsi jantung. Asupan kalium yang tinggi pada tomat juga efektif dalam mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Bahkan, beberapa penelitan membuktikan bahwa karakteristik lycopene pada tomat mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam tubuh.

Mengonsumsinya secara rutin dapat memperkecil peluang terserang sindorm metabolisme. Sindrom metabolisme sendiri adalah suatu gangguan proses metabolisme pada tubuh yang ditandai dengan beberapa gejala, seperi tingginya tekanan darah, gula darah meingkat, dan besarnya lingkar pinggang. Untuk itu, konsumsilah tomat setiap hari guna mendapatkan semua manfaat tomat tersebut.

Belanja Buah dan Sayuran Online Lebih Mudah dan Murah
Itulah beberapa manfaat tomat untuk kesehatan dan penampilan tubuh. Untuk mendapatkan semua manfaat tomat, konsumsilah tomat yang segar dengan ciri-ciri tampilan buah yang montok, kulit halus, dan warnanya yang berkilau. Baik tomat yang berwarna oranye kemerahan dan hijau, keduanya memiliki manfaat kesehatan yang sama.

Kamu bisa mendapatkan tomat segar di Chilibeli. Selain berbelanja, kamu juga bisa sekalian bergabung menjadi Mitra Chilibeli untuk mendapatkan keuntungan seperti mendapatkan penghasilan ekstra untuk tambahan uang belanja. Tunggu apalagi, yuk, mulai hidup sehat dan tetap untung bersama Chilibeli!