Manfaat Tempe dan Kandungannya

Manfaat Tempe dan Kandungannya

Menjadi makanan asli khas Indonesia, tempe memang disukai oleh hampir semua orang. Aromanya yang khas dan teksturnya yang empuk membuat tempe dapat dimasak menjadi olahan apa pun. Di balik itu semua, mungkin tidak banyak yang menyangka kalau ternyata banyak sekali manfaat tempe yang tidak kita ketahui.

Ya, meskipun harganya murah, tempe mengandung nutrisi yang sangat kaya, lho. Bahkan beberapa peneliti kerap membandingkan kandungan nutrisi tempe dengan nutrisi pada daging merah. Jadi, kebayang, dong, betapa sehatnya makanan berfermentasi, ini.

Nah, buat kamu yang masih melewatkan tempe sebagai menu harian, berikut manfaat tempe dan kandungan nutrisinya yang wajib kamu ketahui.

Manfaat Tempe untuk Kesehatan

kandungan tempe

Tempe merupakan makanan hasil fermentasi yang terbuat dari kacang kedelai. Kandungan gizinya yang sangat kaya membuat tempe direkomendasikan sebagai salah satu makanan sehat. Bayangkan saja, tempe mengandung nutrisi seperti protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, besi, thiamin, niacin, antioksidan, probiotik, isoflavon, asam pantotenat, pridoksin, biotin, dan vitamin B12.

Atas dasar itulah, tidak heran mengapa tempe direkomendasikan sebagai makanan sehat oleh berbagai lembaga kesehatan, termasuk oleh oraganisasi kesehatan dunia seperti WHO. Berikut manfaat tempe bagi tubuh kita.

1. Sumber protein

Tahukah kamu dalam 100 gram tempe atau setara dengan dua potong tempe mengandung 19 gram protein. Jumlah tersebut tentunya sudah memenuhi 34 persen kebutuhan protein harian orang dewasa. Protein sendiri berfungsi untuk memelihara jaringan otot fan memproduksi enzim yang dibutuhkan oleh sel-sel tubuh.

Nah, bagi kamu yang seorang vegetarian wajib banget, nih, mengonsumsi tempe untuk memenuhi kebutuhan protein kamu. Sudah harganya murah, menyehatkan pula.

2. Menu diet yang sehat

Salah satu manfaat tempe untuk perempuan adalah menjaga tubuh tetap langsing. Hal ini dikarenakan tempe adalah makanan yang mudah diserap oleh tubuh sehingga mengonsumsinya akan membuat kamu kenyang lebih lama. Dibandingkan makanan rendah kalori yang dijual di pasaran, tempe dapat dijadikan alternatif untuk menurunkan berat badan.

Meskipun kandungan lemak pada tempe cukup tinggi, tapi kamu tak perlu khawatir sebab tempe juga mengeluarkan enzim lipase yang akan memecah lemak menjadi asam lemak yang dibutuhkan tubuh. Jadi, program diet kamu akan berjalan lancar apabila memasukkan tempe sebagai menu diet.

Baca juga: Resep Oseng Mercon yang Simpel dan Nagih

3. Mendukung kinerja otak

Manfaat tempe lainnya adalah mendukung kinerja otak. Satu porsi tempe dapat memenuhi kebutuhan mineral dan tembaga harian seseorang. Dengan hadirnya kedua mineral ini akan membantu penyembuhan luka dan meningkatkan kekuatan jaringan di dalam tubuh.

Selain itu, tembaga juga punya peran penting terhadap perkembangan sel otak dan fungsi kognitif. Mengonsumsi tempe setiap hari dapat membantu meningkatkan kesehatan otak dan mencegah penyakit seperti demensia Alzheimer.

4. Meningkatkan kesehatan kulit

Punya kulit yang cerah tentu jadi idaman semua perempuan. Nah, manfaat tempe yang mungkin tak diketahui banyak orang adalah meningkatkan kesehatan kulit. Ya, tempe mengandung protein, kalsium, dan vitamin E yang berkhasiat untuk mencerahkan kulit dan mencegah keriput. Kandungan tersebut juga nyatanya mampu mengencangkan kulit sehingga membuat seseorang tampak lebih muda.

Baca juga: Cara Membuat Sambal Matah | Pelengkap Hidangan Rumah

5. Menurunkan resiko penyakit jantung

Sudah banyak penelitian yang menunjukkan keterkaitan antara kacang kedelai dan kesehatan jantung. Mengonsumi tempe setiap hari terbukti dapat memperbaiki profil lipid atau menurunkan kadar kolesterol total di dalam tubuh, seperti K-LDL dan trigliserida.

Selain itu, tempe juga dapat meningkatkan aktivitas enzim antioksidan SOD serta menurunkan MDA dan oksidasi LDL. Dengan kata lain, tempe mempunyai kemampuan untuk menurunkan faktor resiko penyakit jantung koroner.

6. Mencegah kanker

Mungkin kamu akan tercengang kalau mendengar tempe dapat mencegah kanker. Ya, kandungan antioksidan yang sangat tinggi dalam tempe diketahui dapat menurunkan resiko terjadinya kanker. Antioksidan dalam tempe bekerja dengan cara menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab penyakit kanker.

Namun, untuk mendapatkan manfaat tempe ini secara utuh, tempe harus diolah dengan cara yang tepat. Hindari memasak tempe dengan menggunakan minyak yang mengandung lemak jenuh. Sebab hal ini dapat merusak nutrisi yang ada di dalam tempe.

Baca juga: Olahan Tempe Rumahan yang Kekinian

7. Satu-satunya sumber vitamin B12 dari nabati

Tempe menjadi satu-satunya produk nabati yang mengandung vitamin B12 sebesar 1.7 µg atau 0.0017 mg. Jumlah tersebut bahkan dinilai cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12 seseorang setiap harinya. Nah, untuk para vegetarian kini tidak perlu khawatir untuk kehilangan vitamin B12 karena kamu bisa mendapatkannya melalui tempe, yang bisa kamu olah jadi banyak kreasi yang enak, salah satunya tempe mendoan.

Kekurangan vitamin B12 tidak hanya membuat seseorang merasa pusing, lesu, dan lemas, tapi juga dapat menyebabkan kulit menguning, keseimbangan menurun, tubuh seperti tertusuk jarum, sesak napas, sariawan, dan penglihatan kabur.

Itu dia manfaat tempe untuk kesehatan kita. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk melewati tempe dalam menu harian. Nah, kalau kamu mencari tempe yang berkualitas, kamu bisa membelinya secara online di Chilibeli. Bahkan, kamu juga bisa bergabung menjadi reseller atau Mitra Chilibeli untuk mendapatkan penghasilan tambahan.