Beragam Manfaat Kurma untuk Kesehatan

Beragam Manfaat Kurma untuk Kesehatan

Masyarakat Indonesia pasti sudah akrab dengan buah kurma karena menjadi salah satu santapan saat bulan Ramadhan. Buah kurma ini memang dianjurkan disantap saat berbuka karena bisa mengembalikan energi yang hilang setelah seharian berpuasa, selain mudah diolah jadi beragam sajian yang nikmat.

Selain baik sebagai sumber energi, rupanya buah kurma juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Kandungan utamanya sendiri adalah karbohidrat sederhana, bahkan 70 persennya terdiri dari karbohidrat. Selain itu, terdapat pula nutrisi lain seperti serat, protein, kalsium, zat besi, dan vitamin.

Dengan banyaknya nutrisi yang ada di dalam kurma menjadikan buah yang berasal dari tanah Arab ini kaya akan manfaat. Siapa pun yang menyantapnya 3 butir setiap harinya diyakini akan memperoleh banyak manfaat kesehatan. Lantas, apa saja manfaat kurma bagi tubuh?


Manfaat Kurma yang Jarang Diketahui

manfaat kurma untuk diet

Rasa kurma yang manis dan legit membuatnya mudah disukai banyak orang. Tak hanya bagus dimakan langsung, kurma juga bisa diolah menjadi camilan yang lezat. Beberapa orang membuat jus almond kurma untuk memperkaya nutrisinya dan ada pula yang membuat snack bar berbahan dasar kurma.

Manfaat kurma yang begitu beragam memang membuat orang ingin mengonsumsinya setiap saat. Jika sulit mencari kurma di supermarket, kamu bisa mengandalkan aplikasi belanja online untuk mendapatkan jenis kurma favorit. Nah, bagi yang masih penasaran mengenai manfaat kurma, sebaiknya simak ulasan berikut ini.


1. Menjaga kesehatan pencernaan

Setiap satu buah kurma memiliki kandungan serat sebanyak 1,6 gram. Tingginya kandungan serat tersebut membuat buah ini bagus untuk pencernaan. Mengonsumsi kurma setiap hari secara rutin dapat mencegah seseorang dari risiko diare dan sembelit.

Manfaat kurma satu ini diperkuat dengan adanya penelitian yang dilakukan oleh British Journal of Nutrition. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa seseroang yang mengonsumsi secara rutin memiliki sistem pencernaan yang lebih sehat dibandingkan mereka yang tidak atau jarang mengonsumsi kurma.


Baca juga: Kandungan dan Manfaat Buah Salak, Selain untuk Atasi Diare


2. Meningkatkan kesehatan tulang

Profesor dari Unversitas North Dakota, Julie Garden-Robinso, Ph.D., L.R.D., menyebutkan bahwa kandungan zat boron pada kurma dapat memperkuat tulang. Kurma memang mangandung banyak mineral, termasuk fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium. Mineral-mineral inilah yang akan melindungi tubuh dari risiko osteoporosis.


3. Membantu melawan stress

Sedang banyak pikiran? Cobalah konsumsi kurma agar lebih rileks. Kurma mengandung vitamin B6 yang bermanfaat untuk memproduksi hormone serotonin dan norepinephrine. Kedua zat ini bukan hanya mampu meningkatkan kinerja otak menjadi lebih baik tapi juga mampu mengatur suasana hati dan melawan stress serta depresi.

Penelitian pun telah menunjukkan bahwa kadar vitamin B6 yang rendah dapat membuat seseorang rentan mengalami depresi. Oleh karena itu, diperlukan asupan vitamin B6 yang cukup agar kesehatan mental dan fisik semakin membaik.


4. Sumber energi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa salah satu manfaat kurma adalah sebagai sumber energi. Hal ini dikarenakan kurma memiliki kandungan fruktosan dan glukosa alami sehingga mampu menyediakan pasokan energi yang cukup untuk beraktivitas selama puasa. Penelitian juga mengemukakan bahwa kurma bukan hanya meningkatkan energi tetapi juga mengembalikannya setelah aktivitas yang melelahkan.


Baca juga: Tips Memasak untuk Penderita Diabetes


5. Mencegah risiko diabetes

Siapa sangka buah yang memiliki rasa manis ini justru mampu mencegah risiko penyakit diabetes. Ya, kandungan serat tak larut yang ada di dalam kurma akan dicerna lebih lambat di dalam perut sehingga membantu tubuh mengontrol kadar gula menjadi lebih baik.

Manfaat kurma satu ini juga dibuktikan dengan adanya penelitian yang diterbitkan oleh Nutrition Journal pada tahun 2011 yang menunjukkan bahwa kurma punya indeks glikemik yang rendah. Jadi, walau mengonsumsi kurma sebanyak 3 butir sehari pun tidak akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah setelah makan.


6. Mencegah anemia

Kamu sering mengalami anemia? Kurangnya asupan zat gizi di dalam tubuh dapat membuat seseorang mudah mengalami anemia. Gejala yang sering nampak di antaranya mudah lelah dan wajah pucat. Nah, supaya tidak mengalami anemia, kamu bisa menjadikan kurma sebagai sumber makanan mengingat kandungan zat gizi dalam kurma sangat tinggi.


7. Meningkatkan kesehatan jantung

Kandungan mineral dan vitamin yang banyak pada kurma juga bagus untuk kesehatan jantung. Misalnya saja magnesium dan kalium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah ke tingkat yang lebih sehat. Kurma juga minim akan kandungan lemak, jadi disarankan untuk dikonsumsi untuk yang ingin menurunkan kadar kolesterol maupun diet.

Tak hanya berhenti sampai di situ saja karena buah kurma juga mengandung antioksidan asam fenolik yang terkenal karena sifat antiradangnya. Zat tersebut diyakini dapat membantu menurunkan risiko hipertensi, penyakit jantung, dan stroke.

Berkat khasiatnya itulah para ahli kesehatan menyarankan kita semua untuk mengonsumsi buah ini sedikitnya dua kali seminggu agar kesehatan jantung kita tetap terjaga. Namun, bagi yang ingin mengikuti anjuran Rasulullah SAW, kamu bisa mengonsumsi buah kurma sebanyak 3 butir sehari.


Baca juga: Makanan dengan Kandungan Protein Tinggi yang Baik untuk Suplemen Diet


Banyak banget, kan, manfaat kurma untuk kesehatan? Kini kamu bisa memulai hidup sehat dengan mengonsumsi kurma setiap hari. Untuk menyetok kurma di rumah, kamu bisa membelinya lewat aplikasi belanja online Chilibeli.

Ada banyak pilihan jenis kurma yang bisa kamu dapatkan di Chilibeli dan semuanya memiliki mutu yang terjamin. Selain belanja mudah, kamu juga bisa bergabung menjadi Mitra Chilibeli untuk mendapat penghasilan ekstra dari komisi belanja orang di sekitarmu. 

Tunggu apalagi; di Chilibeli, belanja mudah, rezeki nambah!