7 Manfaat Jus Wortel untuk Kesehatan

7 Manfaat Jus Wortel untuk Kesehatan

Wortel memiliki kandungan gizi yang sangat kaya. Mulai dari vitamin A, vitamin B, vitamin C,  vitamin E, serta vitamin K tersimpan di dalamnya. Sayuran berwarna oranye cerah ini juga merupakan sumber karotenoid atau beta karoten, kalium, serat, serta antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Mengonsumsinya secara rutin tentu akan mendatangkan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Biasanya, wortel lebih sering diolah menjadi sebuah hidangan yang lezat, seperti campuran sup, salad, atau lalapan. Namun, wortel juga bisa dikonsumsi langsung, lho.

Kebanyakan orang meracik wortel menjadi sebuah jus yang segar. Tak perlu khawatir soal rasanya sebab wortel memiliki rasa manis alami sehingga citarasanya akan tetap nikmat walau tanpa tambahan gula. Warna oranye pada wortel juga akan membuat tampilan jus terlihat lebih menggoda. Sudah enak, menggugah selera, menyehatkan pula!

Dalam segelas jus wortel terkandung berbagai nutrisi, antara lain 94 kalori, 21,9 gram karbohidrat, 1,89 gram serat, 2,24 gram protein, 0,35 gram lemak, 2,256 mcg vitamin A, 0,217 mg tiamin atau vitamin B-1, 0,512 mg vitamin B-6, 20,1 mg vitamin C, 36,6 mg vitamin K, dan 689 mg kalium. Supaya tak malas konsumsi wortel, mari mengenal lebih jauh manfaat jus wortel berikut ini.


Daftar Manfaat Jus Wortel

Manfaat jus wortel sangatlah beragam. Tak hanya sebatas untuk kesehatan mata, jus wortel juga berperan penting dalam meNjaga sistem metabolisme tubuh. Untuk mendapatkan khasiat jus wortel sepenuhnya, buatlah jus wortel dengan menggunakan wortel yang bermutu.

Tak perlu repot mencarinya ke pasar atau swalayan karena kamu bisa membelinya melalui aplikasi belanja online. Kamu juga tinggal duduk manis di rumah sambil menunggu wortel pesananmu tiba. Praktis banget, kan?

Berikut daftar manfaat jus wortel untuk kesehatan.


1. Menjaga kesehatan mata

Salah satu manfaat jus wortel yang paling terkenal adalah menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin A yang sangat tinggi pada wortel mampu melindungi permukaan mata dan berkontribusi untuk penglihatan yang kuat.

Minum jus wortel setiap hari juga dapat menangkal berbagai gangguan mata, seperti degenerasi makula, katarak, dan kebutaan. Selain itu, wortel juga mengandung lutein, sejenis antioksidan yang melindungi mata dari kerusakan cahaya.

Buah dengan Kandungan Vitamin A yang Tinggi

2. Melembutkan kulit

Punya masalah kulit berminyak? Memiliki kulit berminyak terkadang bikin sebal karena wajah jadi terlihat lebih kusam. Jika sudah begini, krisis kepercayaan diri pun bisa terjadi. Nah, buat kamu yang punya masalah seperti ini, disarankan untuk mengonsumsi jus wortel setiap hari.

Dalam 100 gram wortel, terdapat setidaknya 6 mg vitamin C. Vitamin C sendiri berperan penting dalam masalah perbaikan kulit, seperti melembutkan dan mencerahkan. Meneguk jus wortel setiap hari akan membuat kulit tampak lebih bersih sehingga wajah pun akan terlihat lebih awet muda.

Masalah kulit lainnya seperti ruam atau psoriasis juga dapat diatasi dengan jus wortel, lho. Kandungan beta karoten dalam jus wortel mampu mengurangi peradangan kulit. Banyak banget, kan, manfaat jus wortel yang bisa kamu dapatkan?


3. Menjaga kolesterol

Buat kamu yang sering mengonsumsi makanan asin dan berminyak dianjurkan untuk mengonsumsi jus wortel setiap hari. Kandungan kalium yang terdapat dalam wortel dipercaya dapat menyeimbangkan kadar garam (natrium) dalam cairan tubuh sehingga tekanan darah pun akan lebih terkontrol.

Selain itu, jus wortel juga dapat menjadi sumber potassium terbaik. Rutin mengonsumsinya setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh sehingga dapat mengurangi risiko penyakit stroke dan jantung.


4. Mengurangi risiko kanker

Manfaat jus wortel berikutnya adalah mencegah penyakit kanker. Antioksidan di dalam jus wortel dapat membantu menghentikan kerusakan sel, serta memberi perlindungan terhadap berbagai jenis kanker seperti kanker payudara dan kanker prostat.

5 Tips Bisnis Online untuk Ibu Rumah Tangga

5. Memperkuat fungsi otak

Kandungan beta karoten pada wortel tak hanya dapat mencegah penyakit kanjer saja, tapi juga dapat menjaga kesehatan otak. Mendapatkan asupan beta karoten yang cukup setiap harinya akan membantu meningaktkan fungsi kognitif dan mengurangi risiko terjadinya kepikunan atau demensia.


6. Membantu menjaga berat badan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, wortel adalah sayuran rendah kalori sehingga cocok dikonsumsi oleh kamu yang sedang diet. Kandungan serat yang cukup tinggi dalam wortel juga akan membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Jadi, untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan, cobalah konsumsi jus wortel secara rutin. Meski rendah kalori, manfaat jus wortel untuk kesehatan luar biasa banyak.


7. Meningkatkan kekebalan tubuh

Jus wortel juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Di tengah cuaca yang tidak bisa diprediksi seperti sekarang ini, mengonsumsi jus wortel adalah cara terbaik agar terhindar dari berbagai penyakit. Buat kamu yang sedang flu, perbanyak konsumsi jus wortel supaya cepat pulih dan bisa kembali menjalankan aktivitas sehari-hari.

5 Resep Salad Sayur dan Buah untuk Jualan

Itulah manfaat jus wortel untuk kesehatan. Untuk membuat jus wortel, pilihlah wortel yang matang, mulus, dan segar. Kamu bisa mendapatkan wortel yang berkualitas di Chilibeli. Aplikasi belanja online satu ini menawarkan berbagai bahan makanan yang mutunya terjamin.

Supaya lebih sehat, kamu juga bisa menambahkan aneka buah-buahan dan sayuran lainnya ke dalam jus wortel tersebut. Tentunya semua bahan campuran jus wortel bisa kamu dapatkan juga di Chilibeli. Praktis banget, kan?

Jadi, tunggu apalagi, yuk, mulai belanja di Chilibeli! Harga lebih murah dari rata-rata harga pasar, terbuka juga kesempatan buat kamu untuk bergabung menjadi Mitra Chilibeli yang bisa mendatangkan penghasilan ekstra untuk tambahan uang belanja!