Manfaat Jus Seledri untuk Tubuh; Ampuh Turunkan Berat Badan!

Manfaat Jus Seledri untuk Tubuh; Ampuh Turunkan Berat Badan!

Daun seledri ternyata bisa diolah menjadi minuman menyegarkan dan punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Minuman segar ini pun bisa dikonsumsi sebagai menu sarapan atau teman camilan di sore hari. Hal ini pun membuat sayuran ini seperti naik kelas, mulai dari sekadar taburan makanan menjadi bahan utama minuman sehat.

Jangan membayangkan jus seledri itu punya rasa yang hambar atau pahit. Kamu bisa menambahkan berbagai buah untuk mendapatkan rasa manis alami di dalamnya. Namun, minum jus seledri murni akan membuat kamu mendapatkan khasiat yang lebih optimal.


Manfaat Mengonsumsi Jus Seledri

Daun seledri sendiri memang punya kandungan nutrisi yang sangat banyak. Kamu bisa mendapatkan nutrisi, seperti vitamin A, vitamin C, zat besi, kalium, dan mineral ketika mengonsumsi daun seledri. Mengolahnya menjadi jus seledri pun tidak akan melunturkan kandungan gizinya.

Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan banyak manfaat dengan mengonsumsinya secara rutin. Berikut beberapa manfaat dari jus seledri yang buat kamu sehat setiap saat.


1. Menurunkan berat badan

Jus seledri juga sering digunakan untuk menu sehat orang-orang yang sedang menjalankan diet menurunkan berat badan. Kandungan di dalam jus seledri akan membuat sistem pencernaan lebih sehat sekaligus mengeluarkan racun-racun dalam tubuh. Dengan begitu, tidak ada penumpukan sisa makanan yang tidak terbakar.


Baca juga: 7 Jenis Diet yang Mudah dan Efektif yang Bisa Kamu Coba


2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Seledri tergolong sayuran yang kaya akan vitamin C. Nutrisi ini sangat bagus utnuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah kamu terhindar dari berbagai penyakit. Mengonsumsi jus seledri setiap hari bisa mencegah kamu terkena penyakit flu musiman dan mempertahankan tubuh dari serangan virus penyakit lainnya.


3. Mencegah penuaan dini

Fakta lain menyebutkan, jus seledri punya kandungan yang membantu mengencangkan dan mencerahkan kulit dari dalam. Jus seledri juga bisa mencegah penuaan dini dengan mengurangi keriput yang muncul di wajah. Mengonsumsinya pun akan membuatmu menarik lebih lama.


4. Menurunkan risiko tumor dan kanker

Antioksidan yang dibawa oleh jus seledri juga mencegah pertumbuhan sel tumor dan kanker di dalam tubuh. Kamu hanya perlu rutin mengonsumsi jus seledri setiap harinya untuk menurunkan risiko penyakitnya. Namun, hal ini juga perlu dibarengi dengan pola hidup sehat untuk membuat khasiatnya semakin maksimal.


5. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Kolesterol jahat yang terlalu banyak dalam tubuh akan berimbas pada masalah kesehatan. Kolesterol jahat akan membuat penyumbatan saluran darah yang menimbulkan penyakit stroke dan jantung. Kamu bisa menurunkan kadar kolesterol jahat tersebut dengan mengonsumsi jus seledri dan mengurangi menu gorengan dan junk food.


Baca juga: Resep Masakan yang Baik Dikonsumsi untuk Penderita Kolesterol


6. Mengatasi tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi pun bisa terjadi kepada siapa saja, termasuk kamu yang masih muda sekalipun. Beberapa penyebab yang menimbulkan penyakit ini adalah kurang tidur hingga terlalu banyak mengonsumsi kafein. Bila ada gejala darah tinggi seperti pusing, penglihatan buram, dan mual, segeralah mengonsumsi jus seledri untuk meredakannya.


7. Mencegah penyakit degeneratif

Seiring bertambahnya usia, beberapa organ tubuh akan mengalami penurunan kinerja. Jus seledri bisa membantu kamu untuk mencegah penyakit degeneratif seperti pikun. Minuman sehat ini pun dapat mengurangi risiko mengidap penyakit Alzheimer karena gangguan saraf.


8. Membantu regenerasi sel

Apa pun aktivitas yang kamu lakukan, akan ada sel-sel di dalam tubuh yang rusak karenanya. Tubuh pun akan menggantinya kembali dengan bantuan dari nutrisi yang masuk lewat makanan dan minuman. Untuk mempercepat regenerasi sel, kamu bisa mengandalkan jus setiap harinya.


9. Mencegah dehidrasi

Jus seledri kaya akan potasium yang akan mengganti cairan tubuh sehingga mencegah kamu dehidrasi. Minuman ini pun cocok untuk kamu yang suka berolahraga atau punya aktivitas yang padat. Mengonsumsinya akan mengganti sel tubuh yang hilang setelah aktivitas seharian.


10. Meningkatkan kesuburan

Pasutri yang sedang ingin punya keturunan juga disarankan mengonsumsi jus seledri. Kandungan nutrisinya bisa meningkatkan kesuburan, baik untuk pria maupun perempuan. Selain itu, jus seledri juga mencegah kerusakan produksi sperma pria.


Baca juga: Manfaat dan Fakta Unik Daun Bawang


Resep Jus Seledri Segar

Membuat jus seledri di rumah pun tidak sulit karena kamu hanya butuh blender dan semua bahan yang diperlukan. Untuk membeli bahannya, kamu pun bisa melakukannya dari aplikasi belanja online Chilibeli. Setelah bahannya terkumpul, simak resep jus seledri yang segar di bawah ini!


Bahan yang dibutuhkan:

  1. 2 batang seledri besar
  2. 1 buah lemon
  3. 1/2 buah apel merah
  4. 1 sdm madu
  5. 150 ml air


Cara membuatnya?

  1. Masukkan seledri dan apel yang sudah dipotong kecil-kecil ke dalam blender
  2. Tambahkan air dan perasan lemon. Kamu juga bisa menambahkan es batu sesuai selera
  3. Blender selama kurang lebih 2 menit atau sampai halus
  4. Saring jus seledri untuk menghilangkan ampas
  5. Tambahkan madu dalam penyajiannya


Baca juga: Kandungan dan Manfaat Brokoli, Baik untuk Tulang Juga Lho!


Itulah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi jus seledri setiap harinya. Bukan hanya mudah mengetahui manfaat dan resep lezat di Chilibeli, kamu pun bisa mendapatkan banyak manfaat dengan bergabung menjadi Mitra Chilibeli. Menariknya, kamu bisa mendapatkan uang belanja tambahan dengan berjualan sayur dan buah langsung dari aplikasinya, loh!