7 Manfaat Jeruk Lemon yang Jarang Diketahui

7 Manfaat Jeruk Lemon yang Jarang Diketahui

Di balik rasanya yang asam, buah lemon kaya akan nutrisi. Bahkan buah berwarna kuning cerah ini sering dijadikan obat detoks alami karena menjadi salah satu sumber antioksidan dan vitamin C. Manfaat jeruk lemon pun begitu banyak, mulai dari menurunkan berat badan hingga melancarkan sistem metabolisme tubuh.

Biasanya banyak orang menikmati buah lemon dengan cara mencampur air perasannya dengan madu dan air hangat. Meminumnya saat pagi hari setelah bangun tidur pun ternyata sangat dianjurkan. Dikutip dari laman Medical News Today, minum segelas air lemin setiap pagi diklaim dapat membantu mencegah dehidrasi, merileksasikan diri, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Meski rasanya kecut, buah lemon wajib dimasukkan ke dalam daftar menu sehat andalan kamu. Buat kamu yang masih malas minum segelas perasan air lemon, sebaiknya ketahui dulu manfaat jeruk lemon berikut ini.


Manfaat Jeruk lemon yang Jarang Diketahui Orang

Lemon adalah salah satu buah yang memiliki banyak manfaat. Bukan hanya untuk kesehatan tapi juga untuk kecantikan. Bahkan, kulit buah lemon juga sering digunakan untuk memperkaya rasa dan aroma pada sebuah masakan.

Penasaran manfaat apa lagi yang bisa diberikan buah lemon? Berikut manfaat jeruk lemon yang belum diketahui banyak orang.

manfaat jeruk lemon untuk wajah

1. Menurunkan berat badan

Punya target untuk diet menurunkan berat badan? Konsumsi saja air lemon setiap hari. Banyak penelitian menunjukkan bahwa antioksidan polifenol yang terdapat dalam buah lemon mampu mengurangi resiko obesitas pada seseorang. Kandungan serat pektin yang tersimpan di dalamnya juga membantu tubuh merasa kenyang lebih lama.


Baca juga: Buah dengan Kandungan Zat Besi Tinggi untuk Kamu yang Darah Rendah


2. Sumber vitamin C

Rasa buah lemon yang asam menjadi tanda bahwa buah ini mengandung banyak vitamin C. Bayangkan saja, dalam segelas air lemon terdapat sekitar 18,6 miligram vitamin C. Sementara setiap harinya, orang dewasa membutuhkan asupan vitamin C sebanyak 65 hingga 90 miligram. Cukup mengonsumsi beberapa buah lemon, maka kamu bisa memenuhi kebutuhan vitamin C harian.

Vitamin C sendiri memiliki banyak khasiat, antara lain membantu melindungi sel dari kerusakan radikal bebas, mengurangi resiko penyakit jantung, stroke, dan menurunkan tekanan darah. Kandungan vitamin C yang ada pada buah lemon juga dapat membantu mengurangi kerutan di kulit, mencegah penuaan dini, dan mencerahkan kulit.

Supaya kadar vitamin C dalam buah lemon tidak berkurang, kamu bisa mencampurkan perasan air lemon dengan air hangat suam-suam kuku, bukan air panas.


3. Menyegarkan napas

Mengalami krisis kepercayaan diri karena punya masalah bau mulut? Jangan khawatir, kamu bisa mengatasinya dengan buah lemon. Buah yang masih menjadi bagian dari keluarga buah jeruk, limau, dan jeruk bali ini dipercaya dapat merangsang air liur dan juga membantu mencegah mulut kering, yang merupakan faktor utama bau mulut akibat bakteri.

Selain mengatasi bau mulut, manfaat jeruk lemon lainnya adalah menghilangkan aroma tak sedap pada tangan yang terkena bawang putih, bawang bombai, ikan, seafood, dan lain sebagainya. Caranya cukup mengoleskan lemon pada bagian yang menyisakan bau tak sedap.


4. Mencegah batu ginjal

Buah lemon juga dianggap efektif untuk mencegah pembentukan batu ginjal. Asam sitrat yang terkandung di dalamnya mampu membuat urin menjadi kurang asam dan memecah batu ginjal menjadi lebih kecil. Maka dari itu, air lemon dibutuhkan guna mencegah penyakit batu ginjal.


Baca juga: Tips Hidup "Go Green" yang Bisa Kamu Coba Sendiri


5. Meningkatkan kesehatan sistem metabolisme tubuh

Manfaat jeruk lemon selanjutnya adalah melancarkan sistem metabolisme tubuh. Flavonoid yang dimiliki buah lemon dapat membantu asam di perut dalam memecah makanan sehingga memperbaiki pencernaan secara menyeluruh. Khasiat ini tentu sangat penting mengingat jumlah asam di perut yang menun seiring bertambahnya usia.

Menambahkan irisan buah lemon dalam segelas air juga memungkinkan kamu untuk mendapatkan manfaat pektin dan serat yang tersimpan di daging buah dan kulitnya. Sementara, serat berkhasiat untuk melancarkan pencernaan dan meningkatkan kesehatan usus.


6. Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi

Air lemon memang tidak langsung serta merta membuat tubuh langsung terhidrasi. Namun sayangnya, banyak orang yang tidak menyukai rasa air alami. Makanya, dengan menambahkan perasan air lemon atau irisan buah lemon pada segelas air bisa meningkatkan rasanya, bisa juga kamu olah sebagai infused water yang segar. Dengan begitu, seseorang akan terdorong untuk mengonsumsi cairan yang lebih banyak sehingga tubuh akan terhidrasi sepanjang waktu.


7. Membantu fungsi hati

Manfaat jeruk lemon satu ini mungkin tidak banyak orang yang tahu. Kandungan flavonoid yang cukup tinggi pada buah lemon dapat melindungi hati dari racun dan mengurangi lemak di hati serta melindungi dari hati berlemak. Dengan mengonsumsi air lemon secara rutin, hati akan bekerja lebih baik dalam memberikan manfaat untuk tubuh.


Baca juga: Manfaat Buah Salak | Solusi Praktis buat Diare?


Itulah sejumlah manfaat jeruk lemon yang jarang diketahui banyak orang. Mengonsumsi perasan air lemon memang disarankan, namun bagi yang punya masalah asam lambung sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter terkait.

Pengin coba konsumsi buah lemon tapi malas keluar rumah? Kamu bisa membelinya di aplikasi belanja online Chilibeli. Aplikasi satu ini memudahkan kamu dalam berbelanja buah, sayuran, dan kebutuhan rumah tangga lainnya. Dapatkan keuntungan lainnya dengan bergabung menjadi Mitra Chilibeli sekarang juga! Dapatkan penghasilan ekstra buat tambahan uang belanja harianmu.