Kandungan dan Manfaat Jamur Enoki | Bisa Cegah Kanker?

Kandungan dan Manfaat Jamur Enoki | Bisa Cegah Kanker?

Selain terkenal di Jepang, jamur enoki juga sudah bisa dengan mudah dijumpai di Indonesia. Jamur yang punya nama latin Flammulina Velutipes memang merupakan salah satu jenis jamur yang bisa dimakan. Kandungan yang ada di dalamnya pun cukup kaya sehingga tak heran kalau jamur ini sangat berguna untuk kesehatan tubuh.

Jamur enoki juga punya tekstur yang lembut dan berbentuk memanjang dengan ujung layaknya bertopi seperti tauge. Bila memang mengolahnya secara tepat, jamur enoki mungkin bisa jadi makanan favorit karena rasanya yang sangat enak.

Jamur yang satu ini biasanya menjadi bahan campuran sup atau menu tumisan. Namun, tidak jarang orang Indonesia membuatnya menjadi jamur tepung goreng dengan rasa yang gurih. Apa pun jenis makananannya, kamu masih bisa mendapatkan khasiat dari jamur enoki dengan menyantapnya.

Kandungan Jamur Enoki yang Sangat Baik untuk Tubuh

Faktanya, jamur enoki punya kandungan nutrisi yang sangat kaya. Dalam jamur ini terdapat karbohidrat, protein, kalium, fosfor, magnesium, niacin, selenium, folat, seng, dan zat besi. Selain itu, jamur enoki juga mengandung antioksidan tinggi yang bisa membantu tubuh melawan radikal bebas.

Beberapa penelitian juga menyebutkan, jamur enoki juga mengandung flamulin dan proflamin. Dua zat ini dipercaya bisa mencegah pertumbuhan kanker yang ada di dalam tubuh. Ada juga kandungan di dalamnya untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dan pastinya baik untuk jantung.

Manfaat Mengonsumsi Jamur Enoki

Jamur enoki biasanya tumbuh pada musim dingin di Jepang di dekat pohon berdaun jarum. Namun, sudah banyak petani yang membudidayakan jenis jamur ini karena permintaannya yang tinggi. Kamu pun tidak perlu repot lagi untuk mendapatkan jamur ini karena sudah banyak dijual secara online.

Dengan mudah mendapatkannya, kamu pun bisa langsung mengolahnya dan menyantapnya. Bila disantap dengan rutin dalam takaran yang tepat, jamur enoki bisa sangat bermanfaat. Simak beberapa manfaat jamur enoki di bawah ini!

1. Meningkatkan sistem imun tubuh

Seperti kebanyakan jenis jamur yang bisa dimakan lainnya, jamur enoki juga punya kandungan protein yang tinggi. Menurut sebuah penelitian, kandungan protein dalam jamur enoki serupa dengan yang ada di dalam sayuran hijau. Protein ini yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Fakta tentang jamur enoki yang satu ini juga sudah dicoba pada seekor tikus dalam penelitian tersebut. Tikus yang diberi makan jamur enoki didapati punya fungsi ium yang meningkat.

Macam-macam Resep Dimsum Ayam untuk Hidangan Kreatif di Rumah

2. Melancarkan pencernaan

Jamur enoki juga mengandung 1,8 gram serat dalam satu porsi penyajiannya. Kandungan serat ini sangat bagus untuk tubuh kamu, khususnya untuk membantu melancarkan pencernaan. Saat pencernaan bagus, kamu pun bisa menjaga berat badan ideal karena buang air besar pun akan teratur.

Serat yang ada dalam jamur enoki juga membantu menyeimbangkan pergerakan usus. Gerakan inilah yang membuat feses atau sisa makanan dalam tubuh mudah bergerak untuk dikeluarkan. Selain itu, serat yang tinggi juga membantu mengurangi risiko kanker usus.

3. Mencegah kanker

Selain yang ada di dalam usus, jamur enoki juga membantu menekan pertumbuhan sel kanker yang ada di bagian tubuh lainnya. Hal ini berkat kandungan antikanker yang ada di dalam jamur enoki yang sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian. 

Sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang juga menyebutkan, masyarakat yang mengonsumsi jamur enoki pun bisa terhindar dari risiko tumor di tubuhnya. Namun, kamu disarankan mengolah jamur enoki menjadi menu sup atau rebusan tanpa minyak goreng di dalamnya, ya. Dilengkapi dengan memakan buah juga bagus untuk melengkapi nutrisi yang terdapat pada jamur enoki, plus buah ini juga bisa mencegah kanker loh, baca selengkapnya di sini.

Ini Dia Jenis-Jenis Bawang Putih dan Perbedaannya!

4. Melawan radikal bebas

Radikal bebas memang sangat berbahaya untuk semua orang dan siapa pun bisa terkena risikonya. Paparan sinal matahari yang terlalu banyak pastinya juga akan merusak kulit dan sel-sel tubuh. Bila semakin parah, radikal bebas bisa menyerang organ dalam dan menyebabkan penyakit mematikan.

Menyantap olahan jamur enoki akan bantu kamu melawan radikal bebas yang didapat setiap hari. Jamur yang satu ini punya kandungan antioksidan yang tinggi dan beberapa kandungan lain yang bisa bantu menetralkan radikal bebas


5. Menjaga kesehatan jantung

Secara tidak langsung, jamur enoki juga akan buat jantung kamu sehat. Serat yang terdapat di dalamnya akan buat metabolisme tubuh baik. Hal ini akan buat tubuh lebih cakap dalam menetralkan racun dan kolesterol jahat di dalam untuk segera dibuang.

Dampak cepatnya, jantung kamu pun akan bekerja dengan baik untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Penyumbatan-penyumbatan di jalan darah pun bisa lebih terbuka setelahnya. Hal ini akan menurunkan risiko penyakit jantung yang juga sering jadi penyebab kematian masyarakat Indonesia.

Resep Kentang Goreng yang Pasti Crispy dan Renyah
Sudah tahu kandungan dan manfaat yang ada di dalam jamur enoki, kan? Nah, beli dan olah sendiri menu makanan dengan menggunakan jamur enoki di rumah. Kamu bisa membeli jamur enoki dalam kemasan di Chilibeli dan bisa disimpan sampai beberapa hari, loh.

Chilibeli pun bukan hanya memberikan kemudahan untuk berbelanja online. Kamu pun bisa menjadi reseller atau Mitra Chilibeli. Segera daftar menjadi Mitra Chilibeli di sini dan dapatkan benefit serta keuntungannya!