Kandungan dan Manfaat Jambu Biji, Ampuh Tingkatkan Imun Tubuh

Kandungan dan Manfaat Jambu Biji, Ampuh Tingkatkan Imun Tubuh

Jambu biji adalah buah dari pohon tropis yang berasal dari Amerika Tengah. Buahnya berbentuk oval dengan kulit hijau muda atau kuning dan mengandung biji yang bisa dimakan. Terlebih lagi, daun jambu biji pun bahkan bisa digunakan sebagai teh herbal dan ekstrak daunnya bisa dikonsumsi sebagai suplemen.

Buah jambu biji pun sangat mudah ditemui di Indonesia. Kini kamu pun bisa membeli buah jambu biji dari aplikasi belanja online yang sangat memudahkanmu dalam berbelanja. Dengan aplikasi belanja online Chilibeli, kamu juga bisa mendapatkan berbagai keuntungan lainnya, misalnya kamu bisa bergabung menjadi menjadi Mitra Chilibeli untuk mendapatkan penghasilan ekstra buat tambahan uang belanja. Sangat menarik, bukan?

Nah, buah jambu biji sudah terkenal akan khasiatnya yang bisa mencegah penyakit gawat, namun sebelum mengetahui khasiatnya, berikut adalah kandungan dari jambu biji.


Kandungan Jambu Biji per Buah

  • 68 kalori
  • 14,32 g karbohidrat
  • 8,92 g gula
  • 0,95 g lemak
  • 5,4 g serat 
  • 417 mg potasium
  • 228,3 mg vitamin C
  • 624 unit vitamin A


Manfaat Jambu Biji

Dilihat dari daftar kandungan jambu biji sebelumnya, banyak sekali kandungan jambu biji yang bisa sangat bermanfaat bagi tubuhmu jika rajin mengonsumsinya. Langsung saja, simak deretan khasiat jambu biji yang bisa kamu baca berikut ini.


1. Membantu Memulihkan Diri dari Flu

Mengonsumsi buah jambu biji dapat membantu melawan flu. Disini buah jambu biji adalah sebagai agen antivirus untuk pengobatan alternatif penyakit flu. Buah jambu biji dapat menghambat pertumbuhan virus yang menyebabkan flu. Efek antivirus dari jambu biji didapatkan dari flavanol yang ada di dalam daunnya, yang merupakan antioksidan alami.

Fakta dan Manfaat Jahe yang Penting untuk Kamu Tahu

2. Mencegah dan Melawan Kanker

Siapa sangka daun dari buah jambu biji dapat mencegah dan melawan penyakit kanker? Hasil studi dari tahun 2014 menunjukkan bahwa senyawa dalam ekstrak yang dikandung daun jambu biji dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

Para peneliti percaya bahwa efeknya dapat terjadi karena senyawa daun jambu biji bertindak seperti modulator reseptor estrogen selektif atau yang sering disebut dengan SERM. SERM adalah kelas obat yang digunakan dokter untuk mengobati kanker. Obat ini bekerja dengan mencegah sel kanker berkembang biak.


3. Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung

Buah jambu biji dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan beberapa cara. Banyak ilmuwan percaya bahwa tingginya kadar antioksidan dan vitamin dalam daun jambu biji dapat membantu melindungi jantung dari kerusakan oleh radikal bebas.

Tingginya kadar kalium dan serat larut dalam jambu biji juga dianggap berkontribusi terhadap peningkatan kesehatan jantung.


4. Membantu Meringankan Gejala Nyeri Menstruasi

Banyak wanita mengalami dismenore atau yang kita sering sebut dengan gejala nyeri haid, seperti kram perut. Ada beberapa bukti bahwa ekstrak daun jambu biji dapat mengurangi intensitas nyeri kram pada wanita yang sedang menstruasi.

Selain ekstrak dari daun jambu biji, buah jambu biji juga mengandung banyak vitamin C. Buah ini mengandung sekitar 228 mg Vitamin C per buah. Kamu bisa mengonsumsi buah ini langsung atau mungkin membuatnya menjadi jus untuk meringankan nyeri menstruasi.

Manfaat Temulawak untuk Jaga Kesehatan Tubuh

5. Membantu Memperkuat Imunitas Tubuh

Sudah dibahas tadi bahwa jambu biji mengandung banyak sekali vitamin C. Tahukah kamu, bahkan jambu biji mengandung 4 kali lipat kandungan vitamin C yang ada di dalam jeruk? Nah, untuk memperkuat imun atau kekebalan tubuh, tentunya kamu butuh Vitamin C yang cukup untuk membantu meningkatkan kekebalan dan melindungi tubuh terhadap penyakit dan virus berbahaya. Kamu pun tidak perlu mengonsumsi suplemen vitamin C lagi jika kamu sudah mengonsumsinya cukup dari makanan-makanan yang tinggi akan vitamin C seperti buah jambu biji.


6. Dapat Mengobati Sembelit

Buah jambu biji adalah salah satu sumber serat makanan terkaya dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Dengan mengonsumsi hanya satu buah jambu memenuhi sekitar 12% dari asupan serat yang direkomendasikan setiap harinya, yang membuat jambu biji sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaanmu.

Biji dari jambu biji jika dikonsumsi berfungsi sebagai obat pencahar yang sangat baik, membantu pembentukan usus yang sehat.


7. Membantu Mata Agar Tetap Sehat

Karena kandungan Vitamin A yang tinggi di dalam buah jambu biji, sangat disarankan untukmu yang ingin menjaga mata agar selalu sehat. Vitamin A dikenal sebagai penguat untuk kesehatan penglihatan, dan sumber Vitamin A ini bisa kamu dapatkan dari buah jambu biji.

Tidak hanya mencegah menurunnya kualitas penglihatan, tetapi jambu biji juga bahkan bisa meningkatkan kualitas penglihatan. Jadi mengonsumsi buah jambu biji dapat embantu memperlambat munculnya katarak dan degenerasi makula yang bisa saja terjadi.

Meskipun jambu biji tidak memiliki kandungan vitamin A seperti wortel, tetap saja kandungan vitamin A yang ada di jambu biji banyak manfaatnya.

Alasan Mengapa Kunyit Sangat Baik Memperkuat Imun Tubuh

Itu dia manfaat jambu biji dan daun jambu biji yang bisa mencegah penyakit ringan hingga gawat. Ternyata buah kecil ini banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan jika dikonsumsi secara rutin. Sudah siap mencoba jambu biji?