Fakta dan Manfaat Jahe yang Penting Kamu Tahu

Fakta dan Manfaat Jahe yang Penting Kamu Tahu

Jahe sudah jadi komoditas besar di Indonesia. Tanaman rempah yang satu ini pun sudah dimanfaatkan oleh masyarakat lokal sejak berpuluh-puluh tahun lamanya. Pemanfaatannya pun cukup beragam, mulai dari bahan makanan dan minuman, sampai dengan obat luar.

Satu ciri khas yang paling kentara dari jahe adalah aroma khasnya yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Bukan hanya aromanya, rasa yang menggigit dan sedikit pedas juga punya peran penting untuk menyembuhkan beberapa penyakit.

Fakta Tentang Jahe

Jahe punya beberapa jenis dengan tampilan yang berbeda-beda pula. Jahe yang sering kamu lihat di pasaran itu merupakan jenis jahe putih atau jahe emprit. Jahe inilah yang sering digunakan untuk minyak, bahan makanan, dan jamu.

Ada juga jenis jahe gajah dengan bentuk yang lebih besar. Selain itu, kamu pun harus kenal dengan jenis jahe merah yang cukup langka karena hanya tumbuh di waktu tertentu. Jenis jahe yang terakhir terbilang paling pedas dibanding jenis lainnya.

Jahe pun datang tidak dalam kondisi 100% sempurna. Kamu masih bisa merasakan efek samping dari mengonsumsi jahe yang berlebihan. Rasa pedas dan sifat panas yang dihasilkan dari jahe bisa buat kamu sakit perut, mulas, dan diare.

Disarankan hanya mengonsumsi jahe tidak lebih dari 4 gram per harinya. Bila memang ada keluhan kesehatan lain atau sedang hamil, kamu malah harus berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

manfaat jahe untuk batuk

Manfaat Jahe untuk Kesehatan Tubuh

Di balik rasa pedas yang dihasilkan oleh jahe, ada banyak khasiat yang bisa kamu dapatkan. Kamu bisa mendapatkan manfaat kesehatan jangka panjang, baik dari dalam dan luar tubuh. Yuk, simak manfaat jahe yang bagus untuk kesehatan.

Ini Manfaat Kunyit yang Juga Bisa Memperkuat Imun

1. Meredakan masalah pencernaan

Mari kita mulai dengan hal yang paling umum. Jahe sudah lama digunakan untuk mengobati perut kembung, mual, dan susah buang air besar. Minum air jahe hangat bisa langsung melancarkan sistem di dalam perut dan meredakannya.

Kandungan phenolic yang ada pada jahe juga akan menstimulasi air liur untuk membantu pergerakkan makanan dan minuman di dalam usus. Kamu pun akan buang air kecil dan besar secara rutin dan teratur setiap harinya. Selain kandungan phenolic, flavonoid yang dimiliki buah lemon dapat membantu asam di perut dalam memecah makanan sehingga dapat memperbaiki pencernaan secara menyeluruh, baca manfaat lemon lainnya di sini.

2. Mencegah penyakit degeneratif

Penurunan kemampuan tubuh memang tidak bisa dihindari, tapi kamu bisa memperlambatnya dengan rutin mengonsumsi jahe. Khasiat dari jahe ternyata bisa mengobati penyakit degeneratif dalam tubuh, termasuk radang sendi dan rematik, yang sering terjadi pada lansia.

Sebuah penelitian juga menyebutkan, jahe bisa mengatasi gangguan kardiovaskular dan diabetes melitus. Dua faktor ini biasanya membawa seseorang pada penyakit mematikan lainnya, loh.

3. Melindungi diri dari kanker

Faktanya, manusia sudah memiliki sel kanker di dalam tubuhnya. Ada beberapa makanan yang membuat sel tersebut tumbuh berkembang hingga membahayakan. Ada pula yang menahan pertumbuhannya dan bisa tetap jinak, salah satunya jahe.

Rempah yang satu ini punya kandungan gingerol yang mencegah pertumbuhan sel kanker usus besar. Selain mencegah pertumbuhannya, kandungan ini juga mencegah penyebaran tumor di dalam tubuh dan mengurangi tingkat keganasannya. Sama halnya dengan kandungan senyawa antioksidan seperti xanthone, tanin, dan antosianin yang berfungsi untuk mencegah tumbuhnya sel kanker yang terdapat pada kulit manggis kaya manfaat bisa kamu baca di sini

4. Menurunkan kadar glukosa dan kolesterol

Gaya hidup yang tidak sehat juga akan membawa seseorang pada keterpurukan. Jenis makanan yang beredar zaman sekarang sering memicu kadar glukosa dan kolesterol jahat semakin meningkat. Bila diteruskan, sudah pasti ada bahaya yang siap mengintai.

Sebuah penelitian di Amerika menyebutkan, mengonsumsi jahe juga membuat kadar glukosa dalam darah turun dengan signifikan. Bukan hanya itu, jahe juga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh kamu.

5. Membantu proses detoksifikasi dan masalah kulit

Sifat panas yang ada di dalam jahe akan buat tubuh kamu berkeringat. Keringat ini juga sebenarnya membuat kamu semakin sehat. Beberapa racun di dalam tubuh juga akan keluar bersama dengan keringat dan bantu proses pembersihan darah.

Bukan hanya itu, keringat pun akan melindungi kulit dari berbagai mikroorganisme penyebab infeksi kulit. Beberapa penyakit kulit sering disebabkan oleh pertumbuhan bakteri jahat yang ada di kulit. Keringat manusia mengandung sejenis protein yang akan menghambat pertumbuhan bakteri-bakteri jahat ini.

6. Meredakan nyeri otot

Mungkin kamu pernah mendengar multivitamin yang mengandung jahe untuk meredakan nyeri dan pegal-pegal. Ya, fakta itu benar adanya bahwa jahe juga mampu meredakan nyeri otot. Penelitian yang dilakukan peneliti di University of Georgia menyebutkan, jahe punya sifat antiperadangan yang bisa mengurangi sakit pada otot.

Kamu bisa mengonsumsi minuman mengandung jahe setelah berolahraga. Dijamin setelah itu, otot-otot kamu akan lebih baik. Untuk hasil yang lebih sempurna, kamu juga perlu mengistirahatkan tubuh dengan porsi yang cukup.

7. Meningkatkan sistem imun tubuh

Indonesia bisa dibilang punya iklim yang nyaman dengan suhu panas dan dingin yang tidak terlalu. Rata-rata suhu di Indonesia hanya berkisar antara 28 – 35 derajat Celcius. Namun, cuacanya bisa sangat tidak bersahabat dalam beberapa waktu.

Perubahan suhu yang tiba-tiba buat sistem kekebalan tubuh manusia juga menurun. Hal ini yang mudah diserang oleh berbagai virus dan bakteri. Nah, untuk menangkal serangan tersebut, kamu bisa bergantung pada jahe yang kabarnya bisa meningkatkan sistem imun tubuh.

Manfaat Temulawak untuk Jaga Kesehatan Tubuh

Jahe punya kandungan vitamin C dan magnesium untuk sistem kekebalan tubuh. Saat sistem tubuh kuat, kamu tidak perlu khawatir tertular penyakit, seperti batuk, pilek, dan flu, atau penyakit parah lainnya.

Sekarang kamu sudah tahu fakta dan manfaat dari jahe. Mungkin ada baiknya kamu mulai memiliki stok jahe di rumah. Kamu bisa membelinya dengan mudah lewat aplikasi Chilibeli, kok. Pesanan kamu pun akan diantar langsung ke alamat tujuan.

Bukan hanya belanja keperluan dapur dan bahan makanan, kamu pun bisa menjadi Mitra Chilibeli dengan bergabung dalam komunitasnya. Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan, termasuk pemasukan tambahan, loh. Yuk, langsung segera bergabung bersama Chilibeli dan nikmati keuntungannya!