7 Manfaat dan Fakta Unik Daun Bawang

7 Manfaat dan Fakta Unik Daun Bawang

Dalam beberapa masakan, daun bawang jadi satu bahan yang penting. Kehadirannya bisa membuat rasa masakan lebih kuat. Masih banyak lagi manfaat daun bawang yang ternyata bagus bila dikonsumsi secara rutin dan lebih dari sekadar taburan pada makanan.

Kamu memang akan lebih sering melihat daun bawang digunakan untuk taburan penyajian masakan berkuah. Daun bawang juga sering digunakan sebagai bahan pelengkap adonan martabak telur. Beberapa orang malah menambahkan daun bawang pada rebusan mi instan untuk menambah rasanya.


Fakta Unik Tentang Bawang

Daun bawang ini sebenarnya masih sejenis dengan bawang merah, tapi wujudnya sama sekali tidak mirip. Sayuran ini berbentuk memanjang dengan dua bagian batang, yaitu batang sejati dan batang semu.

Batang sejati berada di bagian pangkal dari daun bawang. Ukurannya pun sangat pendek dan berbentuk bulat seperti cakram. Di sisi lain, batang semu biasa biasanya berwarna putih dan punya panjang sekitar 1 – 5 cm. Batang semu bisa dipotong dan jadi bahan campuran makanan juga.

Rasa daun bawang juga sebenarnya mirip dengan bawang putih atau bawang merah, tapi lebih ringan. Aromanya pun terbilang sangat khas di hidung. Saat mengunyahnya, akan sedikit tersisa aroma dan rasa daun bawang di mulut. Di situlah sensasi dari menyantap makan dengan tambahan daun bawang di dalamnya.

Daun bawang juga memiliki banyak kandungan gizi di dalamnya. Sebut saja berbagai macam vitamin, mulai dari vitamin A, vitamin C dan vitamin K1. Selain itu, ada kandungan kalium, folat, zat besi, serat, dan senyawa lainnya.


Baca juga: Kandungan dan Manfaat Brokoli; Baik Juga untuk Tulang Lho!


Manfaat Mengonsumsi Daun Bawang

khasiat daun bawang merah

Kandungan gizi yang kaya membuat daun bawang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Yuk, simak berbagai manfaat daun bawang yang bisa kamu dapatkan dengan menyantapnya.


1. Penangkal radikal bebas

Kadar antioksidan dalam daun bawang hampir sama dengan teh hijau. Senyawa ini sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh setiap harinya. Antioksidan sangat berbeperan untuk mencaga kerusakan sel dalam tubuh.

Selain itu, senyawa ini juga menurunkan risiko penyakit kanker dan jantung, serta berbagai penyakit mematikan lainnya. Daun bawang juga punya kandungan yang membantu memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak akibat aktivitas sehari-hari.


2. Baik untuk organ tubuh penting

Daun bawang terkenal kaya akan vitamin, khususnya vitamin A dan K. Mengonsuminya secara rutin akan membantu memenuhi asupan harian dari nutrisi tersebut. Dua vitamin ini dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya untuk menjaga organ-organ penting.

Vitamin A dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata dan membantu mempercepat produksi sel darah. Di sisi lain, ada vitamin K yang menunjang kesehatan jantung dan menjaga kepadatan tulang. Ada pula vitamin C yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh.


3. Menyehatkan pencernaan

Kandungan serat yang terdapat di dalam daun bawang juga cukup tinggi. Hal ini membuat daun bawang sangat bagus untuk pencernaan dan melancarkan buang air besar (BAB). Daun bawang juga punya senyawa yang merupakan sumber makanan untuk bakteri baik dalam pencernaan.

Saat pencernaan bagus, tubuh akan mengolah makanan dengan baik juga sehingga menghindari penumpukan sisa makanan. Dengan begitu, kamu bisa menjaga berat badan tubuh ideal.


Baca juga: Apa Perbedaan Paprika Merah, Kuning, dan Hijau Sih?


4. Menjaga cairan tubuh tetap normal

Aktivitas sehari-hari akan menurunkan cairan tubuh, termasuk saat berolahraga dan berpuasa. Untuk menggantinya, kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung daun bawang. Sayuran ini memiliki kadar kalium tinggi untuk mengganti cairan dalam tubuh yang hilang.

Selain itu, ada kandungan folat yang bagus untuk mencegah berbagai penyakit dan membantu pertumbuhan. Ibu hamil pun disarankan mengonsumsi daun bawang karena bagus untuk kesehatan janin. Begitu juga dengan anak-anak dalam masa pertumbuhan yang butuh asupan folat untuk menunjang perkembangannya.


5. Menurunkan kadar gula

Daun bawang juga bagus untuk mencegah diabetes karena mengandung senyawa yang mampu menurunkan kadar gula darah. Zat ini mampu mencegah degradasi insulin dan meningkatkan metabolisme gula. Kamu pun bisa menambahkan daun bawang pada masakan untuk orang yang sudah mengidap diabetes.


6. Mencegah infeksi

Bakteri, jamur, dan virus bisa menyebabkan infeksi di dalam tubuh. Kamu bisa mencegahnya dengan mengonsumsi daun bawang. Senyawa kaempferol dapat meredakan infeksi dan luka yang terjadi dalam tubuh kamu.


7. Meningkatkan fungsi otak

Senyawa belerang yang ada di dalam daun bawang mampu mencegah penurunan fungsi otak. Penurunan kerja otak ini bisa terjadi seiring bertambahnya usia. Selain mengonsumsi daun bawang, kamu bisa mencegahnya dengan rajin membaca dan bermain game otak.


Baca juga: Kaya Kandungan Zat Besi, Ini Dia Buah-buahan Terbaik untuk Menambah Darah


Tidak terbayangkan kamu bisa mendapatkan banyak manfaat hanya dengan menambahkan daun bawang. Mulai sekarang, kamu bisa deh menstok daun bawang di rumah untuk ditambahkan pada makanan. Tenang, kamu bisa membelinya dari aplikasi belanja online Chilibeli.

Jangan cuma berbelanja, kamu juga harus menjadi reseller berbagai bahan makanan langsung dari aplikasinya. Untuk melakukannya, kamu cukup bergabung menjadi Mitra Chilibeli dan lanjutkan dengan berjualan kapan saja dan di mana saja!