Tak Cuma Menyedapkan, Ini 7 Manfaat Bawang Merah Lainnya

Tak Cuma Menyedapkan, Ini 7 Manfaat Bawang Merah Lainnya

Ada begitu banyak manfaat bawang merah yang bisa kamu peroleh. Dibandingkan untuk obat, bawang merah memang lebih sering digunakan sebagai bumbu masak, salah satunya sambal matah. Citarasa dan aromanya yang khas akan membuat sebuah masakan terasa lebih sedap.

Bawang merah juga cocok digunakan untuk semua jenis hidangan, baik itu makanan berkuah, tumisan, dan lain sebagainya. Tak heran kalau rempah satu ini menjadi bumbu wajib yang harus selalu ada di dapur.

Meski memiliki ragam manfaat kesehatan, sayangnya kandungan nutrisi dan vitamin yang ada di dalam bawang merah akan berkurang atau bahkan hilang apabila sudah dimasak. Manfaat bawang merah hanya bisa dirasakan ketika dikonsumsi saat mentah saja. Lantas, apa saja manfaat bawang merah untuk kesehatan? Berikut ulasannya.


Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan

Tidak hanya berfungsi sebagai bumbu masak, bawang merah juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Dalam bawang merah terkandung banyak nutrisi yang diperlukan tubuh, seperti vitamin C, vitamin B6, mineral kromium, kalium, karbohidrat, dan air. Rempah berjenis umbi akar ini juga mengandung antibakteri dan antiseptik yang bagus untuk kesehatan tubuh.

manfaat bawang merah untuk kulit

Adapun manfaat bawang merah yang bisa kamu peroleh di antaranya sebagai berikut.


1. Membantu mencegah kanker

Tahukah kamu kalau bawang merah dapat membantu mencegah kanker? Kandungan bawang merah yang disebut zat quercetin berperan penting dalam melawan efek radikal bebas berbahaya di dalam tubuh. Seperti yang kita tahu, radikal bebas yang terlalu banyak diproduksi oleh tubuh dapat membahayakan kesehatan. Salah satu dampak buruk penumpukan radikal bebas adalah kanker.

Zat quercetin adalah jenis antioksidan yang menghasilkan warna merah gelap pada bawang. Adanya zat tersebut tentunya mampu menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Bahkan sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan kalau zat quercetin dalam bawang merah mentah dapat mencegah pertumbuhan sel kanker paru, kanker prostat, kanker ovarium, kanker usus, dan kanker endometrial.  


Baca juga: Makanan Tinggi Protein buat yang Sedang Diet


2. Membantu menormalkan kadar gula darah

Manfaat bawang merah mentah selanjutnya adalah menurunkan kadar gula darah. Hal ini dibuktikan dari sebuah penelitian yang dilakukan di Sudan.

Penelitian yang melibatkan penderita diabetes melitus tipe satu dan tipe dua ini menunjukkan adanya kesinambungan antara bawang merah dengan penurunan kadar gula darah. Para penderita diabetes yang mengonsumsi bawang merah mentah secara rutin memiliki jumlah gula darah yang normal dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsinya.

Hasil penelitian ini pun diperkuat dengan adanya penelitian lain yang dipublikasikan dalam Environmental Health Insight. Dari penelitian tersebut membuktikan hal yang sama bahwa bawang merah mampu menurunkan kadar gula darah.

Dengan adanya bukti yang valid, para ahli menyimpulkan bahwa bawang merah berkhasiat untuk meningkatkan kadar insulin serta membantu proses glikolisis pada penderita diabetes. Simak juga tips memasak untuk penderita diabetes di sini, ya.


3. Meningkatkan sistem imun

Sistem imun yang rendah cenderung membuat orang mudah terserang penyakit. Makanya, dibutuhkan makanan yang bergizi untuk meningkatkan sistem imun seseorang. Bawang merah mentah hadir dengan berbagai kandungan nutrisi yang mampu membantu meningkatkan sistem imun. Kandungan selenium yang ada di dalam bawang merah terbukti ampuh untuk meningkatkan sistem imun di dalam tubuh sehingga kita dapat terhindar dari berbagai penyakit.


4. Meningkatkan kesehatan otak

Manfaat bawang merah tak hanya sebatas itu saja. Rempah satu ini juga dapat meningkatkan kesehatan otak karena adanya kandungan folat yang tersimpan di dalamnya. Folat adalah salah satu dari delapan vitamin B yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan fungsi otak dengan berkontribusi pada kesehatan mental dan emosional. Tak hanya itu, folat juga dapat melindungi DNA dan RNA tubuh seseorang.

Zat besi yang terkandung di dalam bawang merah nyatanya juga sangat penting untuk kesehatan otak. Kehadiran senyawa lain yang disebut pyrithione terbukti efektif dalam melawan peradangan otak dan meningkatkan aktivitas neurologis.

Bahkan, sifat anti-inflamasi yang dimiliki bawang merah juga dapat membantu mencegah Alzheimer. Mengonsumsi bawang merah setiap hari akan membantu menenangkan saraf dan mengobati iritasi saraf. Karenanya, yuk, mulai rajin konsumsi bawang merah mentah!


Baca juga: Manfaat Buah Jambu Biji Selain Meningkatkan Imun Tubuh


5. Mengandung protein yang baik untuk kesehatan tubuh

Manfaat bawang merah yang lebih sering digunakan sebagai bumbu masak memang membuat orang melupakan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Padahal, bawang merah mengandung protein yang baik untuk kesehatan tubuh. Satu porsi bawang merah dengan berat 148 gram mengandung 1 gram protein.

Meski jumlahnya tidak sebanyak itu, protein yang ada di dalam bawang merah berkhasiat untuk memelihara dan membangun sel jaringan tubuh yang sehat. Supaya manfaat bawang merah dapat dirasakan seutuhnya, cobalah mengolahnya tanpa harus memasaknya terlebih dahulu, misalnya dijadikan sambal atau acar.


6. Mengatasi radang tenggorokan

Sering mengalami radang tenggorokan? Disebabkan oleh infeksi dan peradangan di tenggorokan, penyakit satu ini memang tergolong penyakit yang paling sering dialami banyak orang. Radang tenggorokan seringkali menimbulkan rasa sakit pada tenggorokan sehingga membuat kita jadi sulit menelan.

Supaya tidak lagi mengalami radang tenggorokan, sebaiknya konsumsi bawang merah mentah secara teratur. Kandungan zat quercetin yang ada di dalam bawang merah ternyata dapat mencegah peradangan di tenggorokan.


7. Menyehatkan jantung dan menurunkan kadar kolesterol jahat

Manfaat bawang merah lainnya adalah menyehatkan jantung. Bawang merah mengandung sufida methylallyl dan asam amino sulfur yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Selain itu, bawang merah mentah juga berkhasiat untuk mengontrol tekanan darah tinggi. Itu artinya, mengonsumsi bawang merah mentah secara teratur akan mencegah kita dari serangan jantung koroner.


Baca juga: Menu Sarapan Sehat dari Sayur dan Buah


Itu dia manfaat bawang merah untuk kesehatan. Mengonsumsinya selagi mentah akan memberikan efek yang baik terhadap kesehatan tubuh. Kalau pun mau diolah sebagai masakan, usahakan untuk tetap mengolahnya dalam keadaan mentah, ya.

Jika stock bawang merah di rumah kian menipis, kamu bisa memesannya lewat aplikasi online Chilibeli untuk dikirimkan langsung ke rumah tanpa ongkos kirim. Selain mudah berbelanja, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan ekstra setiap bulannya dengan bergabung menjadi Mitra Chilibeli, lho.