Kandungan dan Manfaat Ubi Jalar; Menyehatkan Mata, Menjaga Imun

Kandungan dan Manfaat Ubi Jalar; Menyehatkan Mata, Menjaga Imun

Ubi suka dengan iklim tropis Indonesia dan dapat tumbuh dengan subur. Umbi-umbian yang satu ini pun bisa jadi alternatif nasi untuk dijadikan makanan pokok sebab kandungan karbohidratnya yang juga tinggi. Bukan hanya enak dimakan, ubi juga punya segudang manfaat untuk tubuh.

Jenis ubi jalan pun ada beberapa macam. Semuanya punya rasa yang manis dan lezat. Tidak sedikit olahan makanan yang menggunakan ubi sebagai bahan utamanya. Sayangnya, masih banyak belum tahu tentang manfaat yang bisa didapat dari mengonsumsi ubi.


Kandungan Nutrisi Dalam Ubi Jalar

Ubi tidak hanya mengenyangkan dan lezat, ada gizi kaya juga dalam setiap penyajiannya. Berikut kandungan gizi yang ada di dalam ubi:

  1. Karbohidrat
  2. Lemak
  3. Protein
  4. Kalori
  5. Kalsium
  6. Fosfor
  7. Zat besi
  8. Vitamin A
  9. Vitamin B1
  10. Vitamin B2
  11. Vitamin C
  12. Air


Faktanya, semua jenis ubi jalar punya kandungan vitamin yang sangat kaya. Ubi ungu dikatakan paling banyak kandungan vitamin A di dalamnya. Kandungan karbohidrat dan kalori dalam ubi juga besar sehingga cocok untuk jadi makanan pokok.


10 Manfaat Ubi Jalar untuk Kesehatan

manfaat ubi jalar

Ubi bisa jadi alternatif makanan yang lezat. Kamu bisa mengukusnya, menjadikannya kue, atau membuatnya jadi es krim. Apa pun yang dilakukan kamu bisa mendapatkan manfaat ubi seperti yang ada di bawah ini!


1. Menjaga kesehatan mata

Seperti yang sudah disebutkan tadi, ubi jalar punya kandungan vitamin A yang sangat tinggi. Mengonsumsinya bisa menurunkan risiko rabun senja atau kerusakan pada kornea mata.

Vitamin A yang kamu dapatkan dari ubi akan membentuk reseptor pendeteksi cahaya mata. Kamu cukup mengonsumsi 200 gram ubi panggang untuk mendapatkan kecukupan vitamin A setiap harinya.


Baca juga: Kandungan dan Manfaat Pepaya untuk Kesehatan, Kecantikan


2. Meningkatkan imun tubuh

Kandungan vitamin A yang ada di dalam ubi juga berfungsi untuk menjaga sistem imun tubuh. Dalam satu harinya, orang dewasa butuh setidaknya 700 – 900 mikrogram vitamin A. Kebutuhan ini akan meningkat untuk ibu hamil dan menyusui yang bisa mencapai 1.300 mikrogram per hari.

Kekurangan vitamin A bukan hanya akan membuat penglihatan kamu terganggu. Kamu juga akan mengalami peradangan pada pencernaan dan  menurunkan sistem imun tubuh. Bila itu terjadi, tubuh kamu akan mudah dihinggapi virus.


3. Menurunkan berat badan

Terlalu banyak makan makanan dengan karbohidrat dan gula yang tinggi akan membuat kamu kegemukan. Namun, ubi tidak memiliki kandungan nutrisi berlebihan di dalamnya. Kamu malah disarankan untuk mengandalkan ubi untuk sumber tenaga.

Ubi bisa membantu membakar lemak tubuh dan menurunkan risiko obesitas. Mengonsumsi ubi jalar juga sangat bagus untuk ginjal dan hati. Dua organ ini membantu mengeluarkan racun dan kotoran di dalam tubuh.


4. Melindungi sistem pencernaan

Ubi punya serat yang lebih tinggi dibandingkan sumber karbohidrat lain, seperti kentang dan beras. Makanan yang satu ini pun mudah dicerna dan pastinya tidak memberatkan organ pencernaan seperti usus dan lambung.

Kandungan vitamin B dan C yang ada di dalam ubi pun bisa mencegah radang perut atau gangguan pencernaan yang lain. Serat yang tinggi pun membuat buang air besar lebih lancar dan mencegah sembelit. Selain itu, kandungannya pun mengurangi peradangan dalam lambung.


5. Meningkatkan kinerja otak

Kinerja otak akan menurun seiring bertambahnya usia. Kamu bisa mencegahnya dengan banyak membaca dan mengonsumsi ubi jalar ungu. Ada kandungan anthocyanin yang mampu meningkatkan memori dan kerja otak.

Kandungan tersebut juga bisa menangkal radikal bebas yang mengganggu kerusakan otak. Walaupun belum ada penelitian lebih lanjut, kamu bisa tetap mengonsumsi ubi untuk menjaga kesehatan otak.


Baca juga: Kandungan dan Manfaat Bengkuang yang Penting Kamu Tahu


6. Mencegah kanker

Antioksidan dalam ubi juga bisa melawan radikal bebas yang kamu dapatkan setiap harinya. Untuk melawan penyakit dan mencegah pertumbuhan kanker, kamu disarankan untuk mengonsumsi ubi berwarna ungu.

Kandungan vitamin C yang ada di dalamnya bisa mengurangi risiko kanker usus kecil, usus besar, ginjal, dan prostat. Kamu cukup mengonsumsi ubi ungu secara teratur untuk dapat manfaatnya.


7. Menurunkan risiko diabetes

Biarpun manis, ubi malah aman untuk mencegah seseorang yang menderita diabetes. Ubi jalar punya indeks glikemik rendah dan bisa membantu resistensi insulin pada penderita diabetes. Serat yang ada di dalamnya juga membantu menurunkan kadar gula berlebihan dalam darah.


8. Menurunkan kolesterol

Penderita kolesterol juga perlu mengganti makanan pokoknya menjadi ubi. Pasalnya, bahan makanan yang satu ini mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Dengan begitu, menurun juga risiko terkena penyakit jantung.


9. Mencegah tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi juga sering jadi penyebab kematian di Indonesia. Kamu bisa mengubah gaya hidup dan rajin mengonsumsi makanan yang mengandung kalium di dalamnya, seperti ubi jalar.

Mengonsumsi kalium dalam menurunkan risiko kematian karena tekanan darah tinggi. Selain itu, kandungan ini juga meningkatkan kerja jantung dan mencegah penyakit kardiovaskular lainnya.


10. Mencegah peradangan

Ada senyawa kolin yang terdapat di setiap sajian ubi. Kandungan ini mampu mengurangi peradangan dan penyerapan lemak. Selain itu, kolin pun membantu pergerakan otot saat kamu berjalan atau beraktivitas lainnya.


Baca juga: Kandungan Pisang nan Kaya Kalsium dan Manfaatnya untuk Kesehatan


Itu dia kandungan dan 10 manfaat yang bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi ubi jalar. Nah, sekarang kamu bisa membeli ubi jalar terbaik dengan mudah lewat aplikasi belanja online Chilibeli, lho.

Bukan hanya berbelanja, kamu pun bisa mendapatkan uang saku tambahan dan ilmu bisnis yang bermanfaat di sana. Caranya cukup dengan bergabung menjadi Mitra Chilibeli dan kamu bisa ikut berjualan berbagai buah dan sayur dengan mudah.