Kandungan dan Manfaat Terong untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kandungan dan Manfaat Terong untuk Kesehatan dan Kecantikan

Terong selama ini sering dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia sebagai sajian pendamping nasi. Rasanya yang unik dengan teksturnya yang empuk nan lembut membuatnya mudah diolah menjadi hidangan yang lezat. Terong sendiri bukan hanya berwarna ungu yang sering kamu temui di pasaran, tapi juga ada yang berwarna hijau, hitam, dan merah.

Namun, jenis terong yang paling umum dikonsumsi adalah terong yang berwarna ungu. Terong juga sering dianggap sebagai kelompok sayur, padahal secara teknis terong sebenarnya adalah buah-buahan karena tumbuh dari tanaman berbunga dan berbiji.

Di balik rasanya yang enak, rupanya terong menawarkan berbagai khasiat yang baik untuk kesehatan. Satu buah terong yang biasa kamu konsumsi mengandung nutrisi serta antioksidan yang padat, mulai dari vitamin, mineral, serat, dan beberapa kalori. Kombinasi nutrisi itulah yang membuat terong memiliki banyak khasiat. Berikut manfaat terong untuk kesehatan.


Kandungan Nutrisi Terong

Satu porsi terong yang memiliki berat sekitar 82 gram memiliki kandungan nutrisi yang terdiri dari 20 kalori, 5 gram kalori, 3 gram serat, dan 1 gram protein. Tak hanya itu saja, terong juga kaya akan mangan, folat, kalium, vitamin C dan K, serta sejumlah kecil niasin, magnesium, dan dan tembaga.

Bukan hanya daging buahnya, kulit terong yang berwarna ungu juga mengandung pigmen antosianin yang merupakan jenis antioksidan. Mengonsumsi terong setiap hari tentu bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian kita.


Baca juga: Kandungan dan Manfaat Bengkuang yang Penting Buat Kesehatan


Manfaat Terong bagi Kesehatan

Jika melihat banyaknya nutrisi yang ada pada terong, rasanya wajib untuk mengonsumsinya secara rutin. Apalagi, ada begitu banyak resep terong yang bisa kamu coba di rumah. Bagi yang ingin membuat sajian terong, kamu bisa membeli semua bahan-bahannya di aplikasi belanja online Chilibeli.

Nah, kalau sudah meyakinkan diri untuk mulai mengonsumsi terong setiap hari, berikut sederet manfaat kesehatan yang akan kamu peroleh.


1. Mengurangi risiko penyakit jantung

Terong mengandung serat, kalium, vitamin C, vitamin B6, dan fitonutrien yang dipercaya mampu menjaga kesehatan jantung. Kandungan antosianin yang ada di dalamnya juga dapat menurunkan tekanan darah. Jadi, bagi kamu yang memiliki risiko terkena penyakit jantung atau hipertensi disarankan untuk mulai mengonsumsi terong.


2. Mencegah kanker

Siapa sangka kalau buah satu ini memiliki khasiat untuk mencegah kanker. Terong mengandung beberapa zat yang dapat melawan sel kanker, salah satunya adalah solasodine rhamnosyl glycosides (SRGs). Berdasarkan penelitian, senyawa SRGs dapat membantu mengurangi sel kanker, seperti jeruk nipis yang juga dapat memberi manfaat serupa.

Selain itu, senyawa tersebut juga efektif dalam melawan kanker kulit. Studi analisis pun menemukan bahwa terong dapat meningkatkan perlindungan terhadap kanker pankreas, lambung, kolorektal, kandung kemih, serviks, dan payudara.


3. Mengontrol kadar gula darah

Mengonsumsi terong secara rutin nyatanya juga dapat mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh. Ya, hal ini dikarenakan terong mengandung serat yang tinggi. Serat sendiri dapat menghambat pencernaan dan penyerapan gula di dalam tubuh.

Penyerapan yang lebih lambat akan menjaga kadar gula darah menjadi lebih stabil dan mencegah adanya lonjakan. Studi juga menunjukkan bahwa polifenol yang terkandung di dalam terong dapat mengurangi penyerapan gula dan meningkatkan sekresi insulin.


4. Meningkatkan fungsi otak

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa kulit terong juga memiliki kandungan nutrisi yang tak kalah penting dari daging buahnya. Zat antioksidan yang ada pada kulit terong rupanya baik untuk kesehatan otak. Kandungan zat tersebut bekerja efektif dalam melindungi membrane sel otak dari serangan radikal bebas serta melancarkan proses penyerapan gizi di dalam sel-sel tubuh.

Dengan mengonsumsi terong secara rutin, kamu bisa mencegah berbagai penyakit dan gangguan fungsi kognitif otak. Selain itu, terong juga akan memperkuat daya ingat seseorang. Jadi, semakin sering kamu mengonsumsi terong, semakin besar juga kemungkinan untuk terhindar dari penyakit pikun atau demensia.


Baca juga: 7 Jenis Diet Efektif yang Bisa Kamu Coba untuk Menurunkan Berat Badan


5. Menurunkan berat badan

Pengin punya berat badan ideal? Mulailah konsumsi terong. Pasalnya, terong termasuk makanan rendah kalori dan memiliki kandungan serat yang tinggi. Menambahkan terong ke dalam menu harian kamu tentu akan membuat perut terasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, kamu dapat mengurangi asupan kalori secara keseluruhan.


6. Meningkatkan kesehatan kulit

Bagi kamu yang ingin mempunyai kulit yang lebih sehat, terong adalah solusinya. Buah ini kaya akan antioksidan dan terdiri dari 92 persen air. Mengonsumsi terong bisa membantu melembapkan dan menutrisi kulit dari dalam.

Selain itu, kandungan antioksidan pada terong juga dapat menangkal radikal bebas yang merupakan penyebab matinya sel-sel kulit. Seperti yang kita tahu, sel-sel kulit mati akan membuat kulit menjadi tidak kenyal dan nampak lebih gelap.


7. Menjaga kesehatan tulang

Terong sangat dianjurkan untuk mereka yang memiliki risiko terhadap masalah degradasi tulang dan osteoporosis. Kandungan senyawa fenolik yang ada di dalam terong ternyata dinilai ampuh untuk mengurangi gejala osteoporosis. Selain itu, senyawa tersebut juga dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang.


Baca juga: Selain Baik untuk Penderita Diabetes, Apa Lagi Kandungan dan Manfaat Apel Lainnya?


bergabung menjadi mitra chilibeli

Setelah melihat berbagai kandungan dan manfaat terong untuk kesehatan, kamu pasti sudah tidak ragu lagi untuk mengonsumsi terong. Nah, untuk mengolah terong, sebaiknya pilih terong yang masih segar. Kamu bisa mendapatkannya di aplikasi Chilibeli.

Di Chilibeli, kamu juga bisa bergabung menjadi Mitra Chilibeli untuk mendapatkan keuntungan lebih. Caranya, cukup registrasi di sini untuk berjualan. Tunggu apalagi, yuk, mulai belanja di Chilibeli!