Kandungan Pisang nan Kaya Kalsium dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Kandungan Pisang nan Kaya Kalsium dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Pisang merupakan salah satu jenis buah yang enak dan mudah dikonsumsi, bahkan untuk bayi. Di balik rasanya yang manis, pisang juga menyimpan banyak nutrisi yang bagus untuk kesehatan. Kamu tinggal mengonsumsinya secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya.

Pisang juga bisa jadi buah pencuci mulut setelah makan. Kandungannya pun bisa dimanfaatkan dengan untuk mengganti tenaga yang terbakar setelah berolahraga. Buah berwarna kuning ini pun bagus untuk jadi sarapan, baik dimakan langsung atau dijadikan smoothies.


Kandungan Gizi Buah Pisang

manfaat pisang untuk kesehatan

Buah pisang disukai karena kandungannya yang kaya. Simak dulu kandungan gizi yang ada dalam satu buah pisang di bawah ini:

  1. Kalori
  2. Karbohidrat
  3. Protein
  4. Lemak
  5. Kalsium
  6. Serat
  7. Fosfor
  8. Zat besi
  9. Vitamin A
  10. Vitamin B
  11. Vitamin C
  12. Air


Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan

Setelah mengetahui kandungan yang ada di dalam buah pisang, kamu bisa menilai sendiri manfaat yang bisa diberikan. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan tentang deretan manfaat yang ada dalam setiap buah pisang yang kamu makan.


1. Sumber energi

Untuk itulah, kamu disarankan mengonsumsi pisang saat sarapan. Pisang mengandung kalori, karbohidrat, dan lemak yang cukup untuk memberikan energi di pagi hari. Dengan begitu, kamu bisa menghadapi semua aktivitas dengan lebih bersemangat.

Pisang bisa dijadikan bahan smoothies dengan buah berry dan susu. Kamu pun bisa memotongnya kecil-kecil dan mencampurkannya dalam semangkuk oatmeal maupun muesli. Tambahan pisang juga akan membuat kamu merasa kenyang setelah sarapan.


Baca juga: Tips Memasak untuk Penderita Diabetes | Wajib Tahu!


2. Mengatasi anemia

Para penderita anemia atau kekurangan sel darah pasti akan merasa lemas dan tidak bertenaga. Kamu bisa mengandalkan pisang untuk menambah tenaga. Pisang merupakan salah satu buah yang mengandung zat besi tinggi yang bisa menambah sel darah merah.

Tambahkan buah pisang di setiap waktu makan kamu. Konsumsi pisang dan istirahat yang cukup akan mengatasi anemia.


3. Menyeimbangkan gula darah

Seperti yang disebutkan sebelumnya, pisang sangat mengenyangkan. Makan satu buah pisang sekitar satu jam sebelum waktu makan bisa membantu kamu mengurangi porsi makan. Pisang juga punya kandungan pektin dan pati resistan yang bisa menyeimbangkan gula darah.

Kamu juga perlu berhati-hati saat mengonsumsi pisang. Orang yang sudah memiliki diabetes tipe 2 sebaiknya tidak mengonsumsi pisang yang sudah terlalu matang. Saat pisang sudah terlalu matang, rasanya akan sangat manis karena mengandung banyak gula.


4. Menyembuhkan penyakit usus

Pisang juga bisa jadi obat penyakit pencernaan. Campur pisang dengan susu cair dan konsumsi saat perut terasa mulas. Pisang merupakan salah satu buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi dan mampu meningkatkan bakteri baik dalam usus untuk membantu meredakan penyakit pencernaan.

Campuran makanan ini dianjurkan untuk penderita diare supaya pembuangan kotoran bisa kembali normal. Selain itu, pisang dan susu juga bagus untuk menetralkan asam lambung yang sudah meningkat.


5. Bantu mengontrol berat badan

Diet dengan buah pisang bisa membuat kamu mencapai tujuan yang berbeda. Orang yang kelebihan berat badan bisa mengonsumsi pisang untuk menguranginya. Begitu juga sebaliknya, kamu bisa menaikkan berat badan dengan bermodalkan pisang.

Seperti yang diketahui, pisang punya kalori yang cukup tinggi. Mencampurkan pisang dengan susu rendah lemak akan membuat kamu mendapatkan asupan tenaga yang cukup dan kenyang. Dengan begitu, kamu bisa mengurangi porsi makan setelahnya.

Pisang dan susu full cream yang sama-sama mengandung karbohidrat dan lemak juga minuman diet. Bedanya, diet yang dijalankan haruslah dengan tujuan menaikkan berat badan.


Baca juga: 3 Resep Puding Buah yang Kaya Vitamin dan Nutrisi


6. Meningkatkan kesehatan ginjal

Pisang juga mengandung potasium yang mampu menjaga kesehatan fungsi ginjal. Orang yang rutin mengonsumsi pisang dalam jumlah yang tepat bisa menurunkan risiko penyakit ginjal hingga 50 persen. Selain itu, pisang juga penting untuk mengontrol tekanan darah.


7. Menjaga daya ingat

Mau fungsi otak kamu tetap bagus sampai tua, rutinlah makan pisang. Buah yang satu ini punya triptofan dan asam amino yang berperan menjaga memori dan saraf yang ada di otak.

Di samping itu, kandungan tersebut juga bisa mencegah depresi. Pisang akan menurunkan kadar stres dalam tubuh dan mengubahnya jadi suasana bahagia.


8. Membantu kinerja otot

Bila pernah ikut lomba lari, kamu pasti akan disuguhkan pisang setelahnya. Memakannya sebelum berlar akan buat kamu punya tenaga dan buat otot bekerja dengan baik. Memakannya setelah olahraga akan menggantikan karbohidrat yang terpakai karena pisang mudah dicerna.

Mengonsumsi pisang juga bisa mencegah kram otot selama olahraga. Kamu yang suka mengalami kram kaki pada malam hari juga disarankan mengonsumsi pisang.


9. Mencegah kerusakan sel tubuh

Pisang juga mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Zat ini mampu melindungi kerusakan sel karena radikal bebas yang tubuh kamu dapatkan. Antioksidan juga menurunkan risiko kanker dan penyakit mematikan lainnya.


10. Mencegah asma

Berikan anak-anak kamu pisang sejak dini karena kandungannya mampu menurunkan risiko terkena asma. Hal ini sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian di Inggris. Anak-anak yang mengonsumsi pisang punya risiko terkena asma yang lebih rendah hingga 34 persen.


Baca juga: Kenali Cirinya, Ini Jenis-jenis Alpukat Paling Populer


Untuk dapat semua manfaat di atas, kamu tinggal mengonsumsi pisang secara rutin. Kamu bisa membeli berbagai macam jenis pisang dari aplikasi belanja online Chilibeli, lho.

Jangan lewatkan juga kesempatan untuk berjualan berbagai macam bahan makanan seperti buah, sayur, dan sembako dengan mudah serta mendapatk uang tambahan dari komisi penjualanmu. Kamu tinggal bergabung menjadi Mitra Chilibeli di sini dan dapatkan keuntungan lain yang tidak terkira.