Kandungan dan Manfaat Buah Pir | Cegah Diabetes Sampai Lancarkan BAB

Kandungan dan Manfaat Buah Pir | Cegah Diabetes Sampai Lancarkan BAB

Buah pir punya rasa yang manis dan sangat mudah dikonsumsi. Tak heran buah yang satu ini cukup digemari oleh masyarakat Indonesia. Di samping itu, buah pir juga ternyata mengandung banyak manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh kita, loh.

Buah pir sebenarnya berasal dari Eropa Barat dan Afrika Utara yang bersuhu sejuk. Namun, buah yang satu ini juga tumbuh subur di berbagai negara Asia, termasuk Indonesia yang punya iklim tropis. Buah pir yang ada di Indonesia berjenis Pir Nashi atau Pyrus pyrifolia.

Kamu bisa menyantap buah pir dengan dipotong kecil-kecil atau dijadikan sop buah. Beberapa orang juga sering mengonsumsi buah pir sebagai pencuci mulut setelah makan. Pasalnya, buah yang satu ini mengandung banyak air.


Baca juga: Rekomendasi Buah untuk Diet | Efektif Turunkan Berat Badan!


Kandungan Nutrisi dari Buah Pir


Mengonsumsi buah pir pastinya bagus untuk kesehatan. Di dalam setiap buahnya, terkandung banyak nutrisi yang bagus untuk tubuh. Buah pir sangat kaya dengan vitamin B, C, E, dan K.

Di samping itu, kamu juga akan mendapatkan asupan karbohidrat, protein, dan serat, zat besi, fosfor, seng, dan kalsium. Semua kandungan tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh, khususnya organ-organ di dalamnya.

Disarankan untuk menyantap buah pir segar atau organik yang tidak banyak terkenal semprotan pestisida. Sebaiknya tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman olahan buah pir, seperti jus atau makanan kalengan. Banyak dari makanan tersebut sudah ditambah gula yang akan menimbulkan pengaruh buruk bagi tubuh.

Bila ingin memakannya langsung, potong saja kecil-kecil buah pir tersebut. Namun, jangan mengupas kulitnya karena di situlah banyak terkandung vitamin dan antioksidan. Untuk itu, cuci bersih dulu buah pir sebelum dikonsumsi.

Bila kamu membeli buah pir yang belum matang, ada caranya untuk membuatnya siap untuk disantap. Buah pir bisa matang sendiri saat berada di dalam suhu kamar. Kamu tinggal menaruh buah pir dalam satu mangkuk dengan pisang karena buah pisang bisa mempercepat buah lain matang.


Baca juga: 7 Menu Sarapan Sehat dari Sayur dan Buah


Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan Tubuh

Simak deretan manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan memakan buah pir. Mungkin setelah membacanya, kamu jadi semakin yakin untuk mengonsumsi buah pir secara rutin.


1. Bagus untuk pencernaan

Buah pir mengandung serat dan air yang bisa membantu menjaga organ-organ pencernaan di dalam tubuh. Mengonsumsi buah pir juga mampu melembutkan kotoran dalam tubuh sehingga mudah dikeluarkan.

Kamu yang mengonsumsinya secara rutin akan jauh dari penyakit sembelit. Buah yang satu ini mampu membantu melancarkan gerakan usus dan mengurangi rasa kembung di dalam perut.


2. Mencegah kanker

Antioksidan yang ada di dalam buah pir juga sangat kaya dan bagus untuk menjaga sel-sel tubuh dari kerusakan. Memakan buah pir dengan kulitnya pun akan menambah asupan antioksidan ke dalam tubuh.

Antioksidan inilah yang bagus untuk menurunkan risiko kanker dan mencegah peradangan. Selain itu, buah pir juga mampu menjaga keseimbangan pH tubuh. Cocok untuk kamu yang doyan minum teh dan kopi untuk menekan keasaman dalam tubuh.


3. Mencegah diabetes

Sebuah studi mendukung bahwa buah pir bagus untuk mereka yang memiliki risiko atau orang yang mengidap diabetes. Orang-orang yang menyantap buah pir setiap harinya dinilai mampu menurunkan kadar gula dalam darah sehingga pembentukan diabetes dalam tubuh berkurang.

Buah yang satu ini juga punya indeks glikemik yang rendah. Jadi, tidak masalah mengonsumsi dalam jumlah yang banyak. Selain itu, rasa manis alaminya juga mampu menahan rasa ingin menyantap makanan penutup yang manis.


4. Baik untuk kulit

Seperti yang sudah disebutkan tadi bahwa buah pir punya kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Hal ini yang membuat buah pir sangat bagus untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam. Mengonsumsi buah pir pastinya bisa menjaga kekebalan kulit dari infeksi yang disebabkan lingkungan.

Antioksidan yang tinggi juga menjaga efek radikal bebas yang tubuh kamu terima setiap hari. Dengan begitu, kulit juga akan cepat mengganti sel mati dengan sel baru. Kamu pun akan terlihat awet muda dan terhindar dari penuaan dini.


5. Menjaga kesehatan tulang

Tak banyak buah yang mengandung vitamin K dan zat boron yang bagus untuk kesehatan tulang. Selain itu, buah pir juga kaya akan kalsium, magnesium, dan fosfor yang bekerja untuk mencegah kerusakan tulang. Mengonsumsi buah pir rutin juga akan menurunkan risiko osteoporosis.

Kandungan di dalam buah pir juga dapat mengobati radang sendi dan memperkuat massa otot. Banyak ahli menyarankan makan buah pir di kala muda untuk mencegah gangguan tulang akibat bertambahnya usia.


Baca juga: Buah Kaya Zat Besi yang Baik Dikonsumsi untuk Menambah Darah


Itu dia beberapa manfaat dari buah pir yang bisa kamu dapatkan jika rutin mengonsumsinya. Bila ingin mendapatkan buah pir, pesan langsung saja via aplikasi belanja online Chilibeli. Di sana, kamu bisa mendapatkan berbagai macam buah segar, termasuk pir.

Selain bisa berbelanja buah dan sayur, kamu pun bisa menjadi reseller untuk menambah penghasilan rutin bulanan. Caranya tinggal bergabung menjadi Mitra Chilibeli di sini. Kamu juga bisa terhubung dengan banyak orang dalam komunitas dan dapat wawasan bisnis.