Kandungan dan Manfaat Bengkuang yang Penting Buat Kesehatan

Kandungan dan Manfaat Bengkuang yang Penting Buat Kesehatan

Asli dari Meksiko, bengkuang atau jicama ini kadang disebut lobak manis, lobak Meksiko, dan kentang Cina. Bengkuang memiliki tekstur kasar dan tipis di luarnya, seperti lobak. Di dalamnya adalah pati berair yang putih dan memiliki tekstur mirip buah pir.

Siapa sangka ternyata bengkuang banyak sekali manfaatnya?

Kini membeli bengkuang untuk merasakan manfaatnya sudah dimudahkan dengan adanya aplikasi belanja online. Aplikasi belanja online Chilibeli dapat memudahkanmu membeli bengkuang dan bahan makanan lainnya dan memenuhi kebutuhan belanjamu sehari-hari, tanpa harus pergi ke supermarket ataupun pasar tradisional.

Kamu pun bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjadi Mitra Chilibeli. Dengan begitu, kamu pun akan mendapatkan banyak keuntungan seperti ragam program menarik dengan hadiah berlimpah, promo produk mingguan, dan lain sebagainya.

Sebelum mencoba bengkuang, yuk kita kenali dulu kandungan dan manfaatnya.


Kandungan Bengkuang

manfaat bengkoang untuk wajah

Bengkuang memiliki profil nutrisi yang mengesankan. Sebagian besar kalorinya berasal dari karbohidrat. Sisanya berasal dari jumlah protein dan lemak yang sangat kecil. Bengkuang mengandung banyak vitamin dan mineral penting, serta sejumlah besar serat.

Faktanya, satu gelas (130 gram) bengkuang mengandung nutrisi berikut:

  • Kalori: 49
  • Karbohidrat: 12 gram
  • Protein: 1 gram
  • Lemak: 0,1 gram
  • Serat: 6,4 gram
  • Vitamin C: 44% dari RDI
  • Folat: 4% dari RDI
  • Zat besi: 4% dari RDI
  • Magnesium: 4% dari RDI
  • Kalium: 6% dari RDI
  • Mangan: 4% dari RDI

Catatan: RDI adalah Reference Daily Intakes atau Nilai Harian

Bengkuang juga mengandung sejumlah kecil vitamin E, tiamin, riboflavin, vitamin B6, asam pantotenat, kalsium, fosfor, dan seng.


Baca juga: 7 Manfaat Kurma untuk Kesehatan


Manfaat Bengkuang

manfaat bengkuang untuk diet


1. Tinggi Akan Antioksidan

Bengkuang mengandung beberapa antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan sel. Satu cangkir (130 gram) bengkuang mengandung hampir setengah dari RDI untuk vitamin antioksidan. Vitamin ini juga mengandung antioksidan vitamin E, selenium, dan beta-karoten.

Antioksidan membantu melindungi terhadap kerusakan sel dengan menangkal radikal bebas, molekul berbahaya yang menyebabkan stres oksidatif. Stres oksidatif telah dikaitkan dengan penyakit kronis termasuk kanker, diabetes, penyakit kardiovaskular dan penurunan kognitif.

Untungnya, makanan kaya antioksidan seperti bengkuang dapat membantu melawan stres oksidatif dan dapat mengurangi risiko mengembangkan penyakit kronis.


2. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Bengkuang memiliki banyak nutrisi yang menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, bengkuang mengandung kalium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan melemaskan pembuluh darah. Satu studi menunjukkan bahwa kalium menurunkan tekanan darah dan melindungi terhadap penyakit jantung dan stroke.

Selain itu, bengkuang dapat meningkatkan sirkulasi darah karena mengandung zat besi yang diperlukan untuk sel darah merah yang sehat.


Baca juga: 7 Manfaat Gula Aren yang Enggak Cuma Memaniskan


3. Baik untuk Pencernaan

Jika kamu menginginkan usus yang sehat, kamu perlu mengonsumsi makanan yang mengandung serat. Mengonsumsi serat yang cukup dapat memudahkan melancarkan pencernaan, membuat segalanya bergerak secara teratur melalui usus, dan mengurangi risiko berbagai penyakit dan gangguan pencernaan.

Bengkuang adalah sumber serat yang baik, yaitu jenis serat tidak larut tertentu yang disebut inulin. Inulin adalah prebiotik yang baik bagi bakteri baik dalam usus, sehingga tubuh pencernaan dapat berjalan dengan mudah dan menjagamu tetap sehat.


4. Mengurangi Risiko Kanker

Bengkuang mengandung antioksidan vitamin C dan E, selenium dan beta-karoten. Antioksidan menetralisir radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan kanker. Selain itu, seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bengkuang adalah sumber serat makanan yang baik. Serat makanan terkenal karena efek perlindungannya terhadap kanker usus besar.

Bengkuan juga mengandung serat prebiotik yang disebut inulin. Prebiotik dapat mengurangi risiko kanker dengan meningkatkan jumlah bakteri sehat di usus untuk meningkatkan respons imun. Selain menjadi jenis serat yang bermanfaat, inulin telah terbukti bisa bertindak sebagai antioksidan yang dapat melindungi lapisan usus.


5. Bantu Menurunkan Berat Badan

Bengkuang  adalah makanan padat nutrisi. Jjumlah nutrisi yang tinggi tetapi memiliki jumlah kalori yang relatif rendah sangatlah sulit, namun bengkuang adalah jawabannya!

Sayuran ini memiliki serat dan serat dalam bengkuang dapat membantu menjaga gula darah tetap stabil. Serat memperlambat pencernaan, yang membantu mencegah kadar gula darah naik terlalu cepat setelah makan.

Selain itu, resistensi insulin adalah penyumbang utama obesitas. Hal ini terjadi ketika sel-sel menjadi kurang sensitif terhadap insulin, sehingga lebih sulit bagi glukosa untuk memasuki sel-sel di mana ia dapat digunakan untuk energi. Jika tidak dijadikan energi, insulin tersebut dapat menjadi lemak yang bisa menambah berat badan.

Bengkuang juga mengandung serat inulin prebiotik, yang telah dikaitkan dengan penurunan berat badan dan terbukti berdampak pada hormon yang memengaruhi rasa lapar dan kenyang.

Karena itu, mengonsumsi bengkuang tidak hanya dapat membantu penurunan berat badan, tetapi juga dapat membantu kamu untuk merasa lebih puas setelah makan dan kenyang lebih lama, sehingga rasa untuk nyemil pun hilang.


Baca juga: Rekomendasi Makanan Tinggi Protein untuk yang Sedang Diet


Itu dia kandungan dan lima manfaat bengkuang yang kamu bisa dapatkan jika mengonsumsi bengkuang secara teratur. Sudah siap coba bengkuang dan memasukannya ke dalam menu sehari-harimu? Belanja bengkuang dan kebutuhan harian rumah tangga lainnya dari aplikasi Chilibeli aja!