Kandungan dan Manfaat Tomat Cherry, Kecil-kecil Kaya Nutrisi

Kandungan dan Manfaat Tomat Cherry, Kecil-kecil Kaya Nutrisi

Kamu mungkin mengenal tomat buah yang sering jadi bahan untuk berbagai menu makanan dan sambal. Di samping itu, ada juga tomat cherry yang punya bentuk lebih kecil dan rasanya yang sedikit asam. Biarpun begitu, tomat cherry punya kandungan dan manfaat yang kaya untuk kesehatan tubuh.

Buah mungil ini biasanya dijual dalam kemasan praktis dan bisa didapatkan dengan mudah di banyak tempat. Mengolahnya pun sangat mudah. Kamu bisa memakannya langsung setelah dicuci bersih atau membuatnya jus tomat cherry segar.


Kandungan Tomat Cherry yang Bagus untuk Tubuh

Tomat cherry segar pastinya menggugah untuk segera disantap. Buah kecil ini punya kandungan air yang kaya layaknya buah tomat dengan ukuran yang lebih besar. Berikut beberapa kandungan lain yang ada di dalam buah berwarna merah ini.

  1. Karbohidrat
  2. Protein
  3. Vitamin C
  4. Vitamin B6
  5. Vitamin K
  6. Kalsium
  7. Zat besi
  8. Magnesium
  9. Thiamin
  10. Kalium
  11. Fosfor
  12. Mangan
  13. Niacin

Rasanya yang sedikit asam menandakan tomat cherry punya kandungan vitamin C dan K yang sangat tinggi. Selain itu, serat yang ada dalam buah ini juga sangat banyak. Menyantap buah ini dalam jumlah yang banyak tentu sangat disarankan.

Kamu bisa mengonsumsi buah tomat cherry setelah sarapan dan makan malam untuk mengenyangkan perut. Selain itu, buah ini juga akan memberi nutrisi baik untuk bakteri di dalam tubuh dalam mencerna makanan. Dengan begitu, nutrisi dari makanan kamu akan terserap dengan baik ke dalam tubuh.


Manfaat Tomat Cherry untuk Kesehatan

manfaat tomat cherry

Kamu boleh melihat tomat cherry sebagai buah yang kecil dan bisa dihabiskan dalam sekali suap. Namun, jangan pandang sebelah mata manfaat yang bisa kamu dapatkan. Simak sederet manfaat dari tomat cherry di bawah ini!


1. Membuat Jantung Sehat

Vitamin dan mineral yang ada dalam tomat cherry ternyata sangat bagus untuk kesehatan jantung. Tomat cherry menyimpan antioksidan yang tinggi untuk melawan radikal bebas dalam tubuh, khususnya jantung. Kandungan likopen dalam tomat cherry bisa melindungi jantung dan sistem peredaran darah.


Baca juga: Rekomendasi Buah yang Baik untuk Menurunkan Kolesterol


2. Menjaga imun tubuh

Di tengah banyaknya penyakit seperti sekarang, kamu perlu menjaga menjaga imun tubuh supaya tidak terserang penyakit. Kamu bisa mengonsumsi tomat cherry setiap hari untuk membuat kondisi tubuh lebih baik. Kandungan vitamin C yang kaya dalam buah ini menjaga kekebalan tubuh kamu lebih kuat.


3. Membantu menurunkan berat badan

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan pemakaian tomat cherry dalam menu makanan sehat atau campuran salad. Buah ini dikenal dengan kandungan air dan serat yang tinggi untuk membantu kamu lebih kenyang dan mencegah menambah porsi makan. Secara tidak langsung, buah ini juga bantu menjaga berat badan kamu.


4. Mencerahkan kulit

Tomat cherry juga membantu mencerahkan kulit dari dalam. Kandungan vitamin C dan beta karoten yang dibawanya bahkan lebih banyak dari buah tomat biasa. Ada juga kandungan kolagen untuk menjaga kelenturan dan kelembapan kulit lebih lama.


5. Menurunkan tekanan darah

Buat para penderita hipertensi, tomat cherry bisa menjadi obat alaminya. Kandungan kalium di dalamnya mampu menurunkan tekanan darah dan menjaga keseimbangan cairan tubuh. Mengonsumsi tomat cherry bisa dalam takaran tepat akan mencukupi kebutuhan kalium per hari hingga 10 persen.


Baca juga: Buah Kaya Zat Besi untuk Penambah Darah


6. Mencegah diabetes

Buah yang satu ini tidak mengandung gula berlebih dan senyawa lain yang bisa meningkatkan kadar gula dalam darah. Tomat cherry aman dikonsumsi bahkan untuk penderita diabetes sekalipun. Disarankan untuk menjadikan buah ini camilan di antara waktu makan untuk sedikit mengenyangkan.


7. Menjaga kesehatan tulang

Tomat cherry juga punya kandungan kalsium yang bagus untuk menjaga kesehatan tulang. Kamu tinggal mengonsumsinya secara rutin untuk mencegah penyakit dan pengeroposan tulang seiring bertambahnya usia.


8. Mencegah sembelit

Kandungan air dan serat yang banyak juga berperan untuk mencegah sembelit. Buah yang satu ini juga dikenal sebagai obat pencahar alami untuk mereka yang sulit buang air besar. Kandungannya membantu pergerakan usus lebih cepat untuk mengeluarkan kotoran dari dalam tubuh.


9. Melawan radikal bebas

Seperti tomat dan buah berwarna merah lainnya, tomat cherry juga mengandung antioksidan yang kaya dan bagus untuk menangkal radikal bebas. Kandungan vitamin C, likopen, dan beta karoten berperan untuk mencegah kerusakan sel dan risiko penyakit mematikan.


10. Membantu perkembangan bayi dan anak

Vitamin B kompleksnya bagus untuk perkembangan otak pada janin dan mencegah cacat saat melahirkan. Karena itu, ibu hamil sangat disarankan mengonsumsi buah ini. Tomat cherry juga baik dikonsumsi untuk anak-anak untuk menyempurnakan pertumbuhannya.


Baca juga: Tips Memasak untuk Penderita Diabetes


Semakin yakin untuk mengonsumsi buah tomat cherry setelah tahu manfaatnya ‘kan. Kamu bisa kok mendapatkan tomat cherry dengan membelinya lewat aplikasi Chilibeli. Pesanan kamu dijamin akan langsung diantar ke rumah.

Kamu pun bisa bergabung menjadi Mitra Chilibeli buat mendapatkan berbagai keuntungan. Sebagai mitra, kamu bisa berjualan sayur dan buah, serta mendapatkan keuntungan setiap bulan!