Kandungan dan Manfaat Sayur Kangkung

Kandungan dan Manfaat Sayur Kangkung

Kangkung bukanlah makanan yang asing di Indonesia. Sayur hijau ini akan mudah ditemui di berbagai restoran karena rasanya rasanya yang enak. Bukan hanya enak, kandungan gizi yang kaya membuat kangkung menyimpan banyak manfaat untuk kamu yang mengonsumsinya.

Sayur kangkung pun sangat mudah diolah. Kamu bisa membuat tumisan sayur kangkung sederhana dengan tambahan terasi, belacan, tauco, atau bahan lainnya. Menu ini pun sudah cukup enak bila disantap dengan nasi panas dan sambal.


Kandungan Dalam Sayur Kangkung

Tumbuhan yang juga sering disebut bayam air ini mengandung banyak nutrisi di dalamnya. Tak heran kalau kamu disarankan untuk banyak mengonsumsi kangkung untuk menjaga kesehatan. Mengonsumsi sayur kangkung pun disarankan sejak dini.

Dalam sayuran hijau ini, terkandung karbohidrat, protein, dan serat dalam jumlah yang cukup. Adapun kandungan kalori yang sangat sedikit sehingga tidak menyebabkan kegemukan. Selain itu, kangkung juga kaya akan mineral, seperti kalium, kalsium, zat besi, natrium, dan fosfor.

Kangkung juga kaya akan vitamin A dan C yang sangat dibutuhkan oleh organ-organ tubuh kamu. Mengonsumsi sekitar 50 gram kangkung sudah mampu memenuhi asupan vitamin A harian hingga 70 persen dan vitamin C hingga 50 persen.


Baca juga: Resep Oseng Kangkung a la Resto Bintang Lima, Murah Meriah!


Manfaat Sayur Kangkung yang Baik untuk Kesehatan

khasiat sayur kangkung

Dilihat dari berbagai kandungan nutrisi di dalamnya, kangkung punya deretan manfaat yang berguna untuk kesehatan. Namun, ada baiknya mengolah kangkung dengan benar karena sayur yang satu ini disarankan tidak dimakan dalam keadaan mentah. Berikut beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari sayur kangkung.


1. Menjaga kesehatan mata

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kangkung memiliki kandungan vitamin A yang sangat tinggi. Vitamin ini dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah penyakit mata. Vitamin A akan melindungi kornea dan lapisan mata dari infeksi bakteri dan virus.

Salah satu penyakit yang bisa dihindari dari mengonsumsi kangkung adalah katarak. Selain itu, kangkung juga akan membantu meningkatkan produksi cairan untuk mencegah dari mata kering.


2. Mencegah anemia

Banyak yang bilang, makan kangkung malah bikin lemes. Sebaiknya coba cek lagi kandungan dari kangkung. Sayuran hijau ini punya kandungan zat besi dan fosfor di dalamnya.

Kandungan ini yang akan merangsang produksi sel darah merah dalam tubuh. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari penyakit anemia. Mengonsumsinya pun akan membuat kamu tidak lesu dan lemas dalam menjalankan aktivitas.


3. Meningkatkan sistem imun

Vitamin C dalam sayur kangkung jelas akan membuat tubuh kamu lebih sehat. Kandungan ini akan mendongkrak sistem imun tubuh supaya kamu tidak mudah sakit. Mengonsumsi kangkung akan membuat kamu lebih kebal dalam menolak penyakit flu musiman atau bersin di pagi hari.

Bukan hanya penyakit musiman, vitamin C yang masuk ke dalam tubuh pun akan meningkatkan kekebalan sel supaya tidak mudah rusak. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari penyakit mematikan dalam jangka waktu yang panjang.


4. Meningkatkan kerja otak

Kangkung disarankan dikonsumsi oleh segala usia karena manfaatnya yang sangat bagus untuk otak. Untuk anak-anak, kangkung akan membantu perkembangan otak. Di sisi lain, orang tua pun butuh kangkung untuk menjaga kerja otak tetap stabil dan menghindari pikun.


5. Menyehatkan jantung

Sebagai sayuran hijau, kangkung memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Kandungan inilah yang mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Selain itu, zat ini mampu mencegah penyumbatan aliran darah ke jantung.

Mengonsumsi kangkung akan menurunkan risiko penyakit jantung dan melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh. Asam folat yang ada dalam sayur kangkung juga mencegah penyakit stroke.


6. Mencegah dehidrasi

Bukan tanpa alasan sayur ini disebut bayam air. Kandungan mineral yang ada di dalamnya bisa mencegah kamu dari kekurangan cairan tubuh dan dehidrasi. Kalium dan natrium di dalamnya mampu menjaga keseimbangan cairan dan kadar elektrolit dalam tubuh.


7. Mencegah diabetes

Sebuah penelitian kesehatan yang dilakukan pada kangkung pun menyebutkan sayuran ini dapat mencegah diabetes. Sayur kangkung pun jadi pilihan terbaik untuk mereka yang memiliki penyakit diabetes. Selain itu, mengonsumsi kangkung juga disarankan untuk ibu hamil guna mencegah diabetes pada bayinya.


Baca juga: Resep Sayur Bayam Antibosan; Wajib Coba Nih!


Itulah sejumlah manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi kangkung secara rutin. Terlebih lagi, kangkung pun sangat mudah didapatkan sehingga buat kamu lebih mudah membuat masakan olahan kangkung. Lebih mudahnya lagi, kamu bisa membeli kangkung lewat aplikasi belanja online Chilibeli.

Selain berbelanja kangkung dan sayur-mayur lainnya, kamu pun bisa ikut berjualan langsung dari aplikasinya. Caranya cukup bergabung menjadi Mitra Chilibeli dengan mendaftar di sini. Setelah itu, kamu akan mendapatkan banyak manfaat termasuk berjualan kapan pun di mana pun!