Kandungan dan Manfaat Jeruk Nipis, Bisa Turunkan Risiko Kanker

Kandungan dan Manfaat Jeruk Nipis, Bisa Turunkan Risiko Kanker

Perasan jeruk nipis ternyata menyimpan banyak kandungan gizi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Manfaat jeruk nipis pun bisa dirasakan dengan mencampurkannya pada masakan atau mengonsumsi perasannya langsung. Kamu bisa membuat minuman segar dengan mencampurkan perasan jeruk nipis pada minuman dingin untuk menambah rasa.

Dalam kehidupan sehari-hari, jeruk nipis sering dianggap sama dengan jeruk limau. Dari bentuknya, dua jeruk ini bisa dibilang mirip karena punya ukuran kecil dan kulit berwarna hijau. Namun, kamu bisa membedakannya dengan warna jeruk nipis yang lebih cerah dan bentuknya yang lebih besar sedikit dibanding jeruk limau.

Kegunaan jeruk nipis pun terbilang lebih beragam. Bila jeruk limau hanya bisa digunakan untuk memberikan tambahan rasa, jeruk nipis bisa juga digunakan untuk menghilangkan bau amis pada makanan laut.


Kandungan Gizi yang Ada Dalam Jeruk Nipis

Sebagai kategori buah citrus, jeruk nipis punya vitamin C yang sangat kaya. Dalam perasan air jeruk nipis seberat 60 gram, kamu sudah bisa memenuhi 22 persen kebutuhan harian. Masih banyak lagi kandungan gizi yang ada di dalam jeruk nipis, seperti yang disebutkan di bawah ini:

  1. Kalori
  2. Karbohidrat
  3. Protein
  4. Lemak
  5. Serat
  6. Zat besi
  7. Kalsium
  8. Thiamin
  9. Kalium
  10. Natrium
  11. Vitamin B1, B2, dan B6


Baca juga: Kandungan dan Manfaat Jeruk Pomelo


Manfaat Jeruk Nipis yang Bagus untuk Kesehatan

Banyaknya nutrisi yang terkandung di dalamnya buat jeruk nipis bisa berbuat banyak untuk tubuh kamu. Simak sejumlah manfaat jeruk nipis yang bisa kamu dapatkan saat mengonsumsinya.


1. Meningkatkan sistem imun tubuh

Jeruk nipis akan membantu meningkatkan sistem imun tubuh karena kaya akan vitamin C. Selain itu, nutrisi ini akan membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Untuk mendapatkan kandungan nutrisinya, ada baiknya kamu meminum perasan jeruk nipis murni.


Baca juga: Rekomendasi Buat untuk Mengatasi Sembelit


2. Melancarkan pencernaan

Hampir semua buah citrus bisa membantu menyehatkan sistem pencernaan dan melancarkannya. Jika kamu punya masalah sulit buang air besar atau sembelit, sebaiknya mulai rutin mengonsumsi jeruk nipis. Sifat asamnya dapat merangsang pergerakan usus untuk mendorong feses ke luar.


3. Menurunkan berat badan

Kandungan asam sitrat dalam jeruk nipis juga mampu mempercepat pembakaran kalori dalam tubuh untuk diubah menjadi tenaga. Dengan begitu, tubuh akan lebih sedikit menyimpan cadangan makanan yang tidak terpakai. Hal ini yang akan membuat berat badan bisa turun setelah mengonsumsi jeruk nipis dalam beberapa waktu. Efektif banget untuk diet, lho.


4. Menjaga kadar gula darah

Jeruk nipis merupakan buah dengan kadar gula alami yang sangat rendah. Jadi, baik dikonsumsi oleh orang-orang yang memiliki risiko diabetes. Kamu pun bisa mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak, asal harus dilakukan setelah makan karena sifat asamnya bisa membuat kamu sakit perut.


5. Mencegah dehidrasi

Untuk kamu yang rajin berolahraga, minum perasan jeruk nipis bisa membantu mencegah dehidrasi akibat kehilangan banyak cairan tubuh. Kamu bisa menambahkan perasan dan potongan jeruk nipis ke dalam air putih untuk mengganti cairan tubuh yang hilang sehabis berolahraga.


6. Menurunkan risiko kanker

Buah citrus yang satu ini juga kaya akan antioksidan. Senyawa ini bisa membantu menangkal radikal bebas yang diterima tubuh setiap harinya. Selain itu, antioksidan juga mampu mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.


7. Menurunkan risiko penyakit jantung

Magnesium dan kalium dalam jeruk nipis pun bisa menjaga fungsi organ jantung tetap bekerja dengan baik. Selain itu, zat tersebut pun dapat menjaga tekanan darah dan melancarkan distribusinya ke seluruh organ tubuh. Mengonsumsinya secara rutin pun dapat menurunkan risiko serangan jantung dan stroke.


8. Bagus untuk kerja otak

Untuk menjaga kerja otak yang menurun akibat dimakan usia, kamu bisa mengonsumsi jeruk nipis dari sekarang. Kandungan yang ada di dalamnya pun akan memberikan perlindungan untuk mencegah terkena penyakit otak, seperti Alzheimer dan Parkinson. Di samping itu, daya ingat pun akan tetap terjaga dan kamu bisa jauh dari kepikunan.


9. Mencegah penyakit gusi

Siapa pun bisa terkena penyakit gusi berdarah jika kekurangan vitamin C. Untuk mencegahnya, kamu bisa mengonsumsi perasan jeruk nipis atau minuman olahan lainnya. Jeruk nipis pun bisa juga mencegah gusi bengkak akibat pendarahan.


10. Bantu meremajakan kulit

Perasan jeruk nipis juga bisa digunakan untuk mencerahkan kulit dari dalam. Kandungan vitamin C dan flavonoid yang bisa memperkuat kolagen untuk mengencangkan kulit dan mencegah penuaan dini. Namun, ada baiknya tidak mengoleskan langsung air jeruk atas kulit karena bisa mengakibatkan iritasi dan kulit terbakar.


Baca juga: Sayuran dengan Kandungan Antioksidan yang Tinggi


Itu dia beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi jeruk nipis. Kalau mau membuat minuman jeruk nipis segar, kamu bisa membelinya dari aplikasi belanja online Chilibeli. Jeruk nipis yang kamu pesan akan langsung diantar ke rumah.

Bukan hanya berbelanja, kamu juga bisa bergabung menjadi Mitra Chilibeli dan terhubung dengan komunitas yang luas. Selain itu, kamu pun bisa berjualan dan mendapatkan uang saku tambahan. Menarik, bukan?