Kandungan dan Manfaat Jeruk Limau, Oke Banget untuk Diet!

Kandungan dan Manfaat Jeruk Limau, Oke Banget untuk Diet!

Jeruk limau bisa digunakan untuk pemberi rasa pada makanan dan juga dibuat minuman yang menyegarkan. Rasa yang khas membuat jeruk limau yang khas terbilang mampu membuat sensasi di lidah. Terlebih lagi, jeruk limau juga memiliki kandungan gizi yang kaya sehingga menyimpan manfaat yang banyak juga.

Buah citrus yang satu ini juga sangat akrab dengan masakan Indonesia. Kamu bisa menemukannya dalam campuran air yang digunakan dalam bumbu kacang ketoprak dan gado-gado. Banyak orang juga menambahkan perasan jeruk limau di atas potongan siomai untuk memberikan rasa sedikit asam.


Baca juga: Kandungan dan Manfaat Pisang yang Baik Juga untuk Tulang


Kandungan Gizi Dalam Jeruk Limau

Sebagai salah satu buah citrus, jeruk limau punya kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Mengonsumsi satu buah jeruk limau yang besar dengan diameter sekitar 5 cm sudah bisa memenuhi kebutuhan vitamin C harian hingga 32 persen. Jeruk limau pun mengandung vitamin A, B, dan D yang juga bermanfaat untuk tubuh.

Selain itu, ada kandungan kalium, kalsium, serta magnesium di dalam setiap buah limau. Buah yang sering disebut jeruk sambal ini pun juga sumber antioksidan tinggi yang bagus untuk mencegah beberapa penyakit. Mencampurnya dalam makanan atau meminumnya langsung akan memberikan kamu berbagai nutrisi di atas.


Baca juga: Ini Manfaat dan Kandungan Wortel | Enggak Cuma Vitamin !


Manfaat Mengonsumsi Jeruk Limau

[Promise] Biarpun sering dianggap hanya penambah rasa, jeruk limau punya banyak manfaat untuk kesehatan. Kandungan yang dibawanya bisa mencegah kamu terkena banyak penyakit. Yuk, simak manfaat dari jeruk limau di bawah ini!


1. Meningkatkan sistem imun tubuh

Tingginya kandungan vitamin C di dalam jeruk limau bisa membantu kekebalan tubuh kamu lebih baik. Vitamin C ini dapat membantu tubuh untuk menghasilkan sel baik untuk menghancurkan mikroba. Setidaknya, kamu bisa terhindar dari penyakit pilek dan flu musiman yang sering terjadi karena perubahan suhu secara drastis.


2. Menyehatkan pencernaan

Makanan-makanan yang asam seperti jeruk limau sangat baik untuk sistem pencernaan dan organ-organ di dalamnya. Sifat asamnya pun dapat meningkatkan sekresi air liur untuk memudahkan organ pencernaan mencerna makanan yang sudah lembut. Selain itu, kandungan flavonoid dapat meningkatkan produksi enzim untuk mengurai makanan dalam tubuh.

Setelah itu, kandungan dalam jeruk limau tersebut juga merangsang pergerakan usus untuk membantu pembuangan sisa makanan. Kamu akan terhindar dari penyakit sembelit. Buat para penderita GERD, campuran jeruk limau dan air hangat juga bisa meredakan rasa sakit akibat asam lambung yang naik.


3. Menurunkan berat badan

Saat pencernaan baik, kamu tidak perlu ragu lagi dengan kelebihan berat badan. Jeruk limau pun dapat membantu sistem metabolisme tubuh dan membakar kalori untuk menjadikannya tenaga. Dengan begitu, tubuh pun akan sedikit menyimpan cadangan makanan dalam tubuh.

Minum perasan jeruk limau hangat secara rutin setelah makan. Dijamin berat tubuh kamu akan lebih ideal. Namun, jangan lupakan aktivitas fisik, seperti berjalan kaki atau olahraga lainnya untuk memaksimalkan manfaat dari jeruk limau yang satu ini.


4. Menurunkan risiko penyakit jantung

Kandungan ini magnesium dan kalium dapat menurunkan kadar kolesterol dalam pembuluh darah dan melancarkannya. Dengan begitu, jantung pun akan lebih lancar memompa darah ke seluruh tubuh. Vitamin C yang ada dalam jeruk limau juga bisa mencegah risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular.

Dengan mengonsumsi jeruk limau pun, penyakit jantung dan stroke bisa dicegah. Namun, kamu tetap perlu menerapkan pola hidup sehat untuk semakin menurunkan risikonya.


5. Mencegah kanker

Antioksidan dalam jeruk limau juga cukup tinggi berfungsi untuk mencegah perkembangan sel kanker di dalam tubuh. Selain itu, kandungan ini pun dapat membantu mempercepat perbaikan sel-sel rusak di dalam tubuh. Jeruk limau pun bisa mencegah pertumbuhan sel abnormal dalam payudara, paru-paru, dan ginjal.


6. Melawan infeksi bakteri

Ada berbagai penyakit yang disebabkan infeksi bakteri dalam tubuh. Bakteri ini bisa dibawa oleh makanan yang dikonsumsi dan menyebabkan tubuh keracunan. Saat merasa seperti keracunan makanan, kamu bisa meredakannya dengan mengonsumsi jeruk limau.


7. Mencerahkan kulit

Kandungan vitamin C dalam jeruk limau juga mampu mengatasi masalah kulit. Mengonsumsi jeruk limau ini dalam mengurangi kerutan wajah dan mencerahkan kulit dari dalam. Selain itu, nutrisi yang dibawanya dapat mempercepat produksi kolagen yang dapat menyehatkan kulit.


Baca juga: Ini Perbedaan Buncis dan Kacang Panjang, Sudah Tahu?


Itulah berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi jeruk limau. Bila ingin mencari dan menstok jeruk limau di rumah, kamu bisa membelinya langsung dari aplikasi belanja online Chilibeli, lho. Dijamin, jeruk limau kamu dapatkan adalah buah segar yang sudah bagus untuk dikonsumsi.

Selain berbelanja jeruk limau, kamu pun ikut berjualan di Chilibeli. Cukup bergabung menjadi Mitra Chilibeli untuk bisa ikut berjualan kapan pun di mana pun. Mudah, bukan?