Kandungan dan Manfaat Buah Nanas, Si Kuning Banyak Khasiat

Kandungan dan Manfaat Buah Nanas, Si Kuning Banyak Khasiat

Nanas jadi salah satu buah tropis favorit di dunia. Buah satu ini sebenarnya berasal dari Amerika Selatan dengan nama latin Ananas Comosus. Di Indonesia sendiri, buah nanas mudah dijumpai dan salah satu varian yang paling terkenal adalah nanas madu, yang berasal dari daerah Pemalang.

Biasanya, nanas dikonsumsi langsung atau dijadikan campuran rujak. Rasanya yang manis asam juga membuatnya kerap dijadikan campuran jus. Nanas bukan hanya memiliki rasa yang menggugah selera, tapi juga mengandung banyak nutrisi dan manfaat kesehatan.

Nah, buat kamu yang pengin tahu seluk-beluk buah nanas, sebaiknya simak kandungan dan manfaat buah nanas berikut ini.


Kandungan Buah Nanas

Dalam 100 gram buah nanas mengandung 47,8 atau 80 persen vitamin C. Selain itu, nanas juga diperkaya dengan 0,6 gram protein, 9,9 gram karbohidrat, dan 0,6 gram serat. Kandungan lain yang tersimpan di dalamnya antara lain fosfor, kalsium, kalium, zat besi, magnesium, mangan, thiamine, natrium, dan gula buah atau sukrosa.

Nanas adalah buah yang rendah kalori. Pada setiap 100 gram nanas terkandung 50 kalori atau setara buah apel. Daging buah nanas sendiri tidak merupakan sumber serat larut dan tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol sehingga cocok disantap oleh kamu yang sedang diet.

Kandungan bromelain juga ditemukan dalam buah nanas. Bromelain sendiri adalah enzim yang dapat mengurangi peradangan dan pembengkakan. Jika kamu mengonsumsi nanas bersama makanan lain, bromelain inilah yang akan membantu mencerna protein serta mengurangi rasa kembung di perut.


Baca juga: Resep dan Cara Membuat Selai Nanas Antigagal


Manfaat Buah Nanas

Kandungan buah nanas yang begitu banyak menjadikannya sebagai salah satu buah yang paling berkhasiat. Ada begitu banyak manfaat yang tersimpan dalam buah nanas. Bahkan nanas disebut-sebut jadi buah yang mampu mencegah berbagai penyakit.

Untuk lebih jelasnya, mari kita simak penjelasan tentang manfaat buah nanas berikut ini.


1. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Nanas mengandung antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas dan memperbaiki kerusakan sel. Tak hanya itu saja, kandungan bromelain yang ada pada nanas juga mampu mencegah penyakit kanker. Nanas juga diperkaya vitamin A dan C yang dapat meningkatkan sistem kekebabalan tubuh seseorang.

Mengonsumsi nanas secara rutin tentu dapat berpengaruh terhadap daya tahan tubuh. Oleh karena itu, konsumsi nanas secara rutin agar mendapatkan sistem kekebalan tubuh yang kuat. Semakin kuat tubuh kita, semakin sulit virus untuk masuk ke dalam tubuh.


2. Menjaga Kesehatan jantung

Salah satu manfaat buah nanas adalah menurunkan risiko hipertensi. Hal ini dikarenakan nanas memiliki zat potasium yang juga berguna untuk menyeimbangkan kadar air dalam tubuh. Kandungan vitamin C yang ada dalam buah nanas juga mampu mencegah terjadinya gangguan pada pembuluh darah akibat kolesterol jahat yang menyumbat.


3. Menurunkan berat badan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa buah nanas merupakan sumber serat yang baik untuk tubuh. Bagi yang sedang melakukan diet, nanas tentu jadi camilan yang pas untuk dikonsumsi sehari-hari. Sebab nanas dapat memicu pembakaran lemak dan menekan nafsu makan sehingga kamu tak akan menyantap makanan secara berlebihan.


4. Mengontrol diabetes

Meski buah nanas memiliki rasa manis, buah ini nyatanya aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Kandungan serat dan gula alami yang ada dalam buah nanas dinilai mampu menurunkan kadar glukosa darah tinggi sehingga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes, khsusunya untuk penderita diabetes tipe 1 dan 2.


5. Meminimalisasi penyakit sinusitis

Penderita sinusitis tentu sangat terganggu dengan pernapasan mereka. Berbeda dengan influenza, sinusitis menyebabkan hidung tersumbat akibat lendir yang terperangkap di dalam rongga. Biasanya, penderita sinusitis harus melakukan operasi guna mengeluarkan lendir yang tersumbat.

Namun, dengan buah nanas, penyakit sinusitis bisa terminimalisasi. Hal ini dikarenakan buah nanas mengandung enzim bromelain yang bekerja sebagai anti inflamasi. Dengan kandungan enzim bromelain, lendir yang tersumbat akan berkyrang sehingga mengurangi rasa tidak nyaman yang dirasakan oleh penderita sinusitis.


6. Menyembuhkan luka secara cepat

Adanya sifat anti inflamasi yang ada pada nanas membuat nanas mampu menyembuhkan luka secara cepat. Untuk menggunakan nanas sebagai obat luka, kamu hanya perlu mengoleskan jus nanas di area yang terasa sakit.


7. Melancarkan pencernaan

Mengonsumsi nanas secara teratur nyatanya dapat mengatasi masalah pencernaan. Lagi-lagi, kandungan bromelain yang ada di dalam buah satu ini akan merangsang pencernaan protein serta mengurangi peradangan usus.

Untuk mendapatkan manfaat utuh buah nanas, sebaiknya konsumsi buah nanas tanpa pemanis tambahan. Sebab dengan begitu nanas akan menstimulasi pelepasan lambung dan dairan pencernaan guna membantu makanan larut.


Baca juga: Selain Nanas, Ini Buah-buahan yang Baik untuk Melancarkan Pencernaan


Itulah beberapa manfaat buah nanas untuk Kesehatan. Untuk mendapatkan buah nanas yang segar dan berkualitas, kamu bisa membelinya melalui aplikasi belanja online Chilibeli. Selain itu, kamu juga bisa berkesempatan untuk mendapatkan penghasilan ekstra melalui program Mitra Chilibeli.

Bagaimana cara menjadi Mitra Chilibeli? Kamu cukup mendaftarkan diri kamu di sini. Setelah menjadi Mitra Chilibeli, ada banyak keuntungan yang bisa kamu peroleh. Untuk itu, yuk, belanja di Chilibeli dan nikmati setiap keuntungannya!