Kandungan dan Manfaat Brokoli, Baik untuk Tulang Juga Lho!

Kandungan dan Manfaat Brokoli, Baik untuk Tulang Juga Lho!

Banyak orang yang menganggap brokoli adalah sayuran super. Kandungan gizi yang dibawanya sangatlah kaya hingga sayuran yang termasuk ke dalam kubis-kubisan ini mengandung banyak manfaat. Menyantap olahan sayur brokoli juga sangat disarankan untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

Disarankan untuk tidak mengolah brokoli terlalu lama karena bisa melunturkan kandungan gizi yang ada di dalamnya. Bentuk terbaik dari sayur brokoli ada saat dia masih dalam keadaan mentah atau hanya disiram oleh air panas saja. Brokoli ini biasa ditambahkan ke dalam salad atau dimakan langsung.

Hindari merebus brokoli dalam suhu tinggi karena akan merusak nutrisinya. Bila ingin memasak brokoli, sebaiknya tidak lebih dari 20 menit dengan api kecil atau sedang. Kalau mau memasukkannya ke dalam microwave, jangan melakukannya lebih dari lima menit.


Nutrisi yang Terkandung dalam Brokoli

Ada banyak kandungan gizi yang ada dalam sayur brokoli. Kadarnya pun dirasa cukup untuk memenuhi sebagian besar kebutuhan harian dari gizi tersebut. Berikut sejumlah kandungan yang ada dalam sayur brokoli


1. Kandungan vitamin.

Brokoli mengandung berbagai macam vitamin, mulai dari vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, C, D, E, dan K. Kadar vitamin A dan K dalam sayuran ini terbilang sangatlah tinggi.


2. Kandungan mineral

Berbagai macam mineral pun ada di dalam brokoli, seperti fosfor, kromium, mangan, potassium, tembaga, magnesium, zinc, kalsium, selenium, dan zat besi.


3. Kandungan makronutrien

Brokoli juga punya karbohidrat, protein, serat, lemak omega-3. Selain itu, brokoli juga kaya akan air.


4. Nutrisi lainnya

Ada berbagai macam nutrisi juga yang ada dalam brokoli, seperti betakaroten, sulfur, antioksidan, dan fitonutrien.


Baca juga: Hindari Sembeli dengan Konsumsi Buah-buahan Kaya Serat Ini


kandungan brokoli


Manfaat Brokoli yang Baik untuk Kesehatan

Semua nutrisi yang dibawa brokoli jelas mendatangkan banyak manfaat untuk kamu yang mengonsumsinya. Yuk, simak deretan manfaat dari sayur brokoli di bawah ini!


1. Menyehatkan kulit

Berbagai vitamin yang dibawa oleh sayur ini membuatnya bisa membantu kesehatan kulit dari dalam tubuh. Brokoli juga memiliki antioksidan yang akan melawan kerusakan sel-sel kulit akibat polusi dan paparan sinar matahari saat berada di ruangan terbuka.

Brokoli juga dipercaya mampu memperbaiki tekstur kulit dan mengencangkannya. Mengonsumsi brokoli dalam jumlah yang cukup juga bisa membuat kamu tampak lebih segar, jadi akan terlihat seperti awet muda.


2. Menyehatkan jantung

Ada senyawa dalam sayur brokoli bernama Sulforaphane yang bersifat antiperadangan. Senyawa ini akan mencegah dan memperbaiki kerusakan di dalam pembuluh darah. Selain itu, sayur brokoli juga dapat mengatur tekanan darah.

Kandungan lainnya juga akan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh penyebab tersumbatnya saluran darah. Mengonsumsi brokoli secara rutin dapat melancarkan aliran darah dan menyehatkan kerja jantung sebagai pemompa darah.


3. Menjaga sistem pencernaan

Sebagian besar sayuran hijau bagus untuk menyehatkan pencernaan, termasuk salah satunya brokoli. Sayuran yang satu ini akan merangsang pergerakan usus sehingga membuat kamu lebih mudah buang air besar dan terhindar dari sembelit.

Brokoli juga terbilang salah satu sayuran yang bisa mengenyangkan perut. Mengonsumsinya pun akan mencegah kamu makan berlebihan yang bisa menyebabkan banyak masalah, termasuk kegemukan dan diabetes. Selain itu, serat yang ada di dalamnya juga mencegah pengendapan lemak jahat pada dinding pembuluh darah.


Baca juga: Resep Gago-gado Rumahan; Praktis dan Kaya Serat


4. Meningkatkan kepadatan tulang dan gigi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, brokoli punya kandungan kalsium, fosfor, dan vitamin K yang sangat tinggi. Kandungan inilah yang bagus untuk menjaga kepadatan tulang dan mencegah tulang keropos. Bukan hanya tulang, kepadatan gigi kamu pun akan terjaga berkat brokoli.

Konsumsi brokoli secara rutin untuk mendapatkan asupan nutrisinya. Selain itu, barengi dengan melakukan olahraga rutin atau minimal jalan kaki selama kurang lebih 30 menit untuk mendapatkan tulang yang kuat.


5. Meningkatkan sistem imun tubuh

Brokoli mengandung vitamin C dan antioksidan yang juga tinggi di dalamnya. Dua kandungan ini dipercaya mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Bila imun tubuh kuat, tubuh kamu bisa menangkal virus penyakit yang masuk ke dalam tubuh.

Brokoli memang sangat dibutuhkan untuk kamu yang punya aktivitas padat. Mengonsumsinya akan menjaga tubuh lebih segar dan tidak mudah sakit.


6. Mencegah anemia

Zat besi di dalam brokoli akan mencegah kamu terkena penyakit kurang darah atau anemia. Mengonsumsi brokoli untuk sarapan dan makan siang akan membuat kamu lebih segar sepanjang hari. Terdapat juga kandungan tembaga yang akan membantu zat besi memproduksi lebih banyak sel darah merah dalam tubuh.


7. Mencegah depresi

Brokoli juga memiliki kandungan vitamin B kompleks dan asam folat di dalamnya. Kandungan ini mampu menurunkan risiko seseorang terkena depresi dan membuat kamu lebih rileks. Kombinasikan hobi memasak dengan olahan brokoli dan mengonsumsinya untuk membuat pikiran kamu lebih tenang.


Baca juga: Kandungan dan Manfaat Ubi Jalar; Menyehatkan Mata, Menjaga Imun


Itulah berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi brokoli secara rutin. Untuk mendapatkan brokoli segar, kamu bisa membelinya dari aplikasi belanja online Chilibeli.

Bukan hanya berbelanja, kamu pun bisa gabung berjualan berbagai macam buah dan sayuran dan mendapat penghasilan ekstra setiap bulannya. Caranya, tinggal bergabung menjadi Mitra Chilibeli dan dapatkan banyak keuntungan setelahnya.