Kandungan dan Manfaat Kesehatan Jeruk Pomelo

Kandungan dan Manfaat Kesehatan Jeruk Pomelo

Sebagian orang akan bilang buah ini jeruk pomelo, sebagian orang lainnya bilang jeruk bali. Buah yang punya nama latin Citrus grandis atau Citrus maxima ini memang merupakan salah satu buah tropis banyak dijumpai di Indonesia. Jeruk pomelo punya rasa campuran manis-asam hingga buat buah ini sangat unik. Selain itu, buah yang satu ini juga punya banyak manfaat untuk kesehatan.

Bentuk buah ini bulat layaknya jeruk, tapi lebih besar hingga sekitar 3 kali dari jeruk biasa. Beratnya pun bisa mencapai hingga 2 kg. Jeruk pomelo lebih sering dikonsumsi dalam jus peras karena mengandung bulir-bulit yang menyegarkan. Namun, banyak juga orang yang mengonsumsinya langsung hanya dengan memotongnya kecil-kecil.

Menyimak Kandungan Nutrisi dalam Jeruk Pomelo

Buah yang satu ini memang sangat lezat dan menyegarkan. Di samping itu, jeruk bali juga punya kandungan nutrisi yang sangat kaya. Berikut kandungan nutrisi yang bisa kamu dapatkan dari menyantap buah jeruk pomelo atau jeruk bali ini!

  1. Vitamin A
  2. Vitamin C
  3. Vitamin B yang sangat lengkap, mulai dari B1 B2, B3, B6, dan asam folat
  4. Karbohidrat kompleks
  5. Gula
  6. Protein
  7. Potasium
  8. Mineral yang kaya, mulai dari kalium, fosfor, tembaga, zat besi, kalsium, magnesium, mangan, dan seng
  9. Antioksidan


Manfaat Jeruk Pomelo untuk Kesehatan

Dengan banyaknya kandungan nutrisi yang ada dalam jeruk pomelo, sudah pasti mengonsumsinya akan baik untuk kesehatan. Selain itu, ada juga khasiat lainnya yang bisa kamu dapatkan dari pemakaian di luar tubuh. Nah, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini, ya!


1. Menyehatkan kulit

Vitamin yang terdapat dalam jeruk pomelo sangat bagus untuk memperbaiki peredaran darah. Hal tersebut akan juga berpengaruh terhadap kulit kamu. Peredaran yang lancar akan mengurangi dan menahan keriput pada tubuh lebih cepat.

Mengonsumsi jeruk pomelo dalam porsi yang tepat secara rutin akan meningkatkan jumlah produksi kolagen dalam tubuh. Nantinya, elastisitas kulit akan terjaga lebih lama, bahkan sampai kamu bertambah tua.


2. Memperlancar pencernaan dan menurunkan berat badan

Jeruk pomelo juga kaya akan serat yang sangat bagus untuk pencernaan. Mengonsumsinya dengan teratur akan membantu penyerapan makanan di dalam tubuh dan memperlancar buang air besar. Jadi, kamu tidak menyimpan ‘sampah’ di dalam perut terlalu lama.

Saat pencernaan kamu lancar, berat badan kamu juga akan terjaga. Jeruk pomelo mengandung enzim yang mampu membakar lemak berlebih yang akan membantu mengurangi kadar gula dalam tubuh. Buah jeruk pomelo juga bikin kamu kenyang, jadi bisa mencegah kamu makan berlebihan.

Tips Melakukan Diet DEBM dengan Efektif

3. Memperkuat sistem imun

Jeruk pomelo mengandung 116 miligram vitamin C atau setara dengan 193% kebutuhan harian tubuh. Dengan begitu, kamu bisa mengganti suplemen makanan yang melalui proses kimia. Vitamin C sendiri terkenal sebagai penguat sistem imun yang alami.

Saat sistem imun kamu kuat, tubuh kamu akan bisa menangkal virus dan bakteri pembawa penyakit yang masuk dalam tubuh. Selain itu, sistem imun juga berperan sebagai penyembuh luka dan penangkal radikal bebas. Manfaat ini juga bisa kamu temukan di bahan masak kamu sehari-hari lho, penasaran? temukan jawabannya di sini ya.


4. Menjaga tekanan darah tetap normal

Kandungan potasium dalam jeruk pomelo dapat membantu melonggarkan pembuluh darah supaya aliran darah bisa lancar. Selain itu, darah juga akan dibantu untuk mendapatkan oksigen lebih banyak untuk dialirkan ke seluruh tubuh. Aliran darah yang lancar akan membuat kamu terhindar dari berbagai penyakit mematikan, seperti serangan jantung dan stroke.


5. Mencegah pikun

Jeruk pomelo juga mengandung flovanoid yang mampu menangkal penurunan fungsi otak. Kamu pun akan terhindar dari penyakit Alzheimer dan Parkinson dengan mengonsumsinya secara teratur. Beberapa penelitian juga menyebutkan, konsumsi buah jeruk bali akan membuat daya ingat kamu tetap bagus saat masuk usia senja.


6. Mengurangi jerawat

Buat kamu yang punya masalah jerawat, mengonsumi jeruk pomelo sangat baik untukmu. Buah bulat yang satu ini ampuh untuk mengurangi produksi sebum pada kulit wajah. Jeruk pomelo akan meningkatkan produksi melanin dalam tubuh yang bantu melawan pigmentasi dan flek di wajah.

Akan lebih baik jika kamu juga rajin membersihkan wajah setiap hari, khususnya saat dari luar ruangan. Dengan begitu, minyak wajah dan jerawat pun akan berangsur-angsur hilang dari wajah kamu.

Tips Mengatur Pengeluaran Jelang Lebaran

7. Menyehatkan rambut

Selain untuk dikonsumsi, buah pomelo juga bisa digunakan sebagai sampo alami. Usapkan bulir-bulir jeruk pomelo di rambut kamu untuk menghilangkan ketombe. Kandungan yang ada dalam jeruk pomelo akan menutrisi dan melembapkan akar rambut kamu, serta membuat kulit kepala menjadi tenang,

Selain itu, menggunakan bulir pomelo setiap keramas akan menebalkan rambut. Pakailah jeruk pomelo untuk keramas dan rasakan khasiatnya dalam beberapa minggu pemakaian.


Itu dia manfaat dari mengonsumsi buah pomelo secara rutin. Kamu yang sudah mau mulai hidup sehat baiknya mulai mengonsumsi buah pomelo dari sekarang. Tenang, buah pomelo gampang, kok, didapatkan dengan membelinya secara online lewat aplikasi Chilibeli.

Selain cara pembelian yang mudah, kamu juga bisa menjadi reseller atau Mitra Chilibeli untuk bisa mendapatkan banyak keuntungan, lho. Segera daftarkan diri kamu dan bergabung bersama Chilibeli untuk bisa mendapatkan manfaatnya. Dengan menjadi Mitra Chilibeli, kamu bisa mendapatkan penghasilan ekstra untuk tambahan uang belanja.