Ini Jenis-jenis Durian yang Paling Populer, Pernah Coba?

Ini Jenis-jenis Durian yang Paling Populer, Pernah Coba?

Banyak yang suka tapi banyak juga yang membencinya. Durian memang memiliki banyak penggemar karena rasanya yang enak dan daging buahnya yang lembut. Namun, yang benci buah durian pun tidak kalah banyak, malah ada yang sampai merasa mual ketika mencium aromanya.

Buah durian terkenal sebagai buah tropis yang tumbuh di Asia. Di Indonesia sendiri, buah berkulit tebal dengan duri tajam ini bisa kamu temukan di hampir seluruh pelosok negeri. Jenis buah durian yang ada di Indonesia pun sangat beragam.

Ya, bukan hanya monthong saja, tapi ada jenis lainnya yang mungkin belum kamu ketahui. Bahkan, beberapa negara di Asia seperti Thailand dan Malaysia punya jenis durian unggulan tersendiri. Biasanya, jenis durian unggulan adalah yang paling banyak dicari ketika musim panennya tiba.

Hal ini dikarenakan buah durian unggulan memiliki cita rasa buah yang sangat nikmat dan memiliki daging buah tebal. Nah, bagi kamu pecinta durian wajib banget, nih, buat cari tahu jenis durian paling populer, baik di Indonesia maupun di dunia. Berikut jenis-jenis durian yang wajib kamu coba.


Jenis-jenis Durian Unggulan yang Wajib Kamu Coba

Mencari buah durian yang benar-benar enak memang agak sulit, apalagi kalau bukan masa panennya. Meski begitu, kamu tak perlu khawatir. Kalau tiba-tiba kepengin makan buah durian yang manis dan berdaging tebal, tapi kamu tidak sempat mencarinya ke mana-mana, kamu bisa membelinya lewat aplikasi belanja online Chilibeli.

Di Chilibeli, kamu tidak hanya bisa mencari durian saja, tapi juga bisa menemukan berbagai macam kebutuhan makanan lainnya. Tinggal akses situsnya melalui smartphone, kamu bisa belanja dengan mudah dan praktis. Enaknya lagi, semua belanjaanmu akan langsung dikirimkan sampai ke pintu rumah.

Namun, sebelum membeli buah durian, ada baiknya untuk mengetahui jenis-jenis durian itu sendiri. Sebab, masing-masing jenis buah durian punya cita rasa dan aroma yang berbeda. Dengan mengetahui jenis durian, kamu juga jadi bisa menyesuaikan jenis durian dengan seleramu.

Berikut jenis-jenis durian yang perlu kamu ketahui.


1. Durian Monthong

jenis jenis durian

Siapa, sih, yang tidak tahu dengan durian monthong? Jadi salah satu jenis durian yang paling populer di dunia, durian Monthong punya keunggulan daging tebal dan ukurannya yang besar. Rasanya pun manis dan legit. Tak heran banyak orang yang berburu durian ini ketika panen durian tiba.

Durian Monthong lebih dikenal sebagai durian khas Thailand, padahal durian monthong ini aslinya dari Indonesia, lho, tepatnya dari Jawa Tengah. Ya, bibit durian Monthong diambil dari induk durian sukun yang lokasinya ada di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Alasan Thailand sampai mengakui durian ini adalah karena Indonesia gagal dalam mengembangkan bibit asli durian Monthong tersebut.

Sedangkan Negeri Gajah Putih yang hanya mengimpor bibit aslinya berhasil mengembangkan dan membudidayakannya. Berangkat dari hal inilah, Thailand mampu mengekspor durian Monthong ke berbagai negara, termasuk Indonesia.


Baca juga: 10 Manfaat Buah Naga, Wajib Konsumsi Rutin!


2. Durian Musang King

jenis durian musang king

Di Malaysia terdapat jenis durian yang harganya bisa dibilang fantastis, bahkan harga per kilonya mencapai Rp2,6 juta. Adalah durian musang king yang menjadi unggulan dari Negeri Jiran. Meski berasal dari Malaysia, rupanya jenis durian ini juga bisa tumbuh di Indonesia, lho.

Keistimewaannya terletak pada dagingnya yang lembut dan tidak terlalu lembek, aromanya yang harum semerbak, dan warna daging buahnya yang kuning pekat. Rasanya sangat lezat, bahkan menyaingi kelezatan durian monthong. Di negara asalnya, durian musang king lebih sering disebut dengan durian Mao Shan Wang yang artinya rasa kucing.

Konon katanya durian ini awalnya ditanam pada wilayah Tanah Merah, Kelantan Malaysia sejak tahun 1990. Kemudian durian ini mulai populer pada tahun 1993 karena kelezatan dari rasanya. Hingga saat ini, durian Musang King masih jadi yang terbaik di Malaysia.


3. Durian D24

harga durian

Selain Musang King, Malaysia juga punya jenis durian lainnya, yaitu durian D24. Tak kalah enak dengan durian Musang King, durian D24 punya tekstur yang sangat creamy dan legit. Rasanya cukup unik karena menyemburatkan rasa manis sekaligus rasa pahit yang tidak terlalu dominan.

Meski ada sedikit rasa pahit, hal ini tidak mengurangi kelezatan rasa durian D24. Daging buah durian ini juga cukup tebal dan tidak lembek. Namun, biji durian D24 cenderung lebih besar dibandingkan jenis durian lainnya dan aromanya pun lebih menyengat.

Dinamai D24 karena Malaysia kerap memberikan nomor pada setiap jenis durian yang berasal dari Negeri Jiran. Hal ini bertujuan agar durian bisa dibedakan dengan mudah. Durian D24 sendiri punya sebutan lain, yaitu durian Sultan.


Baca juga: Buah dengan Kandungan Vitamin C yang Tinggi


4. Durian Petruk

durian montong

Jika Thailand punya Monthong dan Malaysia punya Musang King, Indonesia punya durian Petruk dengan ciri khas buah yang berbentuk bulat seperti telur terbalik dan ujungnya yang sedikit meruncing. Kulit buahnya sendiri berwarna hijau kekuningan dan lebih tipis sehingga mudah untuk dikupas. Daging buahnya berwarna kuning cerah, sedikit berserat, dan agak lembek.

Meski lembek, buah durian ini sangat nikmat disantap karena memberikan perpaduan rasa manis dan sedikit rasa pahit. Durian Petruk sendiri berasal dari Kota Jepara, Jawa Tengah. Ini adalah durian lokal yang telah ada sejak tahun 1980an dan kerap disebut sebagai Jepdurian Ara karena berasal dari Jepara.


5. Durian Bawor

durian bawor murah

Satu lagi jenis durian yang populer di Indonesia, yakni durian Bawor. Durian ini mendapat predikat sebagai ‘monthongnya Indonesia’ karena memang kualitasnya yang bersaing. Berasal dari Banyumas, Jawa Tengah, durian ini memiliki tingkat adaptasi yang baik dan mampu bertahan terhadap berbagai kondisi cuaca. Saat musim hujan tiba pun, cita rasa buah durian ini tidak berubah.

Keunggulan lain durian bawor terletak pada ukuran buahnya yang super besar mencapai bobot 4 – 6 kg per buah, bahkan ada yang mencapai 12 – 15 kg per buah. Selain itu, daging buah durian ini sangat tebal dan memiliki biji yang kecil. Teksturnya pun padat dan legit saat digigit.

Soal rasanya, durian bawor punya cita rasa manis dan sedikit pahit. Keunggulannya itulah yang membuat durian ini jadi unggulan di Indonesia. Tidak hanya di Pulau Jawa, durian bawor juga sudah terkenal seantero negeri.


Baca juga: Rekomendasi Buah Terbaik untuk Diet Efektif


Itulah jenis-jenis durian yang populer di Indonesia maupun di dunia. Bagi yang kepengin menikmati durian yang enak, manis, dan berdaging tebal, kamu bisa mendapatkannya di aplikasi belanja online Chilibeli. Selain belanja, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan ekstra dengan bergabung menjadi Mitra Chilibeli di sini.

Tunggu apalagi, yuk, mulai belanja di Chilibeli dan nikmati semua keuntungannya!