Kenali Cirinya, Ini Jenis-jenis Alpukat yang Paling Populer

Kenali Cirinya, Ini Jenis-jenis Alpukat yang Paling Populer

Masyarakat mengenal berbagai jenis alpukat karena pohonnya cocok dengan iklim tropis. Buah yang satu ini juga sangat spesial dengan berbagai kandungan yang baik untuk tubuh. Mengonsumsinya setiap hari pun sangat disarankan oleh banyak pakar kesehatan.

Terlebih lagi, alpukat pun bisa dikonsumsi oleh siapa saja, mulai dari bayi di atas 6 bulan hingga orang dewasa sekalipun. Buah yang satu ini bisa bikin kamu kenyang lebih lama. Dengan begitu, kamu bisa mengurangi porsi makan kamu dan mengontrol berat badan.


Baca juga: Resep Camilan Alpukat yang Enak dan Sehat


Kenali 8 Jenis Alpukat yang Populer di Indonesia

Alpukat adalah salah satu bahan konsumsi yang sangat dianjurkan untuk siapa saja, karena kandungan protein yang tinggi di dalamnya. Setidaknya ada delapan jenis alpukat yang mudah didapatkan di Indonesia. Yuk, simak apa saja jenis dan ciri-cirinya di bawah ini!


1. Alpukat Wina

jenis jenis buah alpukat di indonesia

Jenis alpukat yang satu ini punya rasa yang gurih dan manis. Bentuknya pun cukup besar dengan bobot sekitar 1,3 – 1,8 kg per buahnya karena daging buahnya pun padat dan banyak. Alpukat ini pun dapat bertahan hingga 15 hari setelah dipetik.

Tanaman alpukat wina sudah mulai bisa dipanen sejak usia 4 – 5 tahun dan akan panen terus setiap tahunnya. Pohonnya pun punya produktivitas tinggi saat panen karena mampu menghasilkan 100 kg buah alpukat per pohon.


2. Alpukat Miki

jenis alpukat miki

Tanaman alpukat miki lebih subur bila hidup di dataran rendah. Buahnya pun sudah bisa dipanen saat usia 3 – 4 tahun. Hebatnya lagi, tanaman ini akan berbuah sepanjang tahun sehingga kamu bisa mendapatkan alpukat miki dengan lebih mudah.

Alpukat miki berukuran kecil dengan kulit yang sangat tebal. Daging buahnya berwarna kuning dengan tekstur yang padat dan rasa yang sedikit manis. Bobotnya berkisar antara 300 – 600 gram per buahnya.


3. Alpukat Mentega

jenis ciri alpukat mentega

Jenis alpukat yang satu ini paling populer karena daging buahnya yang padat, kenyal, dan tidak berair. Warna dagingnya kuning kehijauan dan bersih layaknya mentega. Satu buah alpukat mentega biasanya berbobot 500 – 600 gram.

Buah alpukat mentega juga mengandung nutrisi yang sangat bagus. Dalam setiap buahnya, terdapat kadar protein 1,37% dan lemak 7,58%. Alpukat inilah yang sering dijadikan bahan makan sehat oleh kebanyakan orang.


4. Alpukat Kendil

alpukat kendil jumbo

Jenis alpukat ini berasal dari persilangan tumbuhan alpukat Kendal dan alpukat gunungpati. Ukurannya pun terbilang sangat besar dengan rata-rata bobotnya bisa mencapai 1,7 – 2 kg per buahnya.

Daging alpukat kendil juga punya tekstur yang lembut dan rasa yang manis. Kamu bisa memakan buahnya langsung setelah masak. Namun, harga jenis alpukat yang satu ini tergolong lebih tinggi dari jenis lainnya.


Baca juga: Semua Tentang Semangka Kuning yang Sebaiknya Kamu Ketahui


5. Alpukat Aligator

ciri jenis alpukat aligator

Kamu mungkin sudah bisa menebak ukuran dari jenis alpukat yang satu ini. Alpukat aligator punya bentuk bulat lonjong dan membesar di bagian ujungnya seperti buah pir. Ukuran buahnya bisa mencapai 70 – 80 cm dengan bobot 1 – 1,3 kg per buahnya.

Jenis alpukat yang satu ini tentunya punya daging tebal, lembut, dan tanpa serat. Rasanya pun manis dan tidak ada rasa pahit yang tertinggal saat dimakannya.


6. Alpukat Pluwang

ciri jenis alpukat pluwang

Alpukat yang satu ini pun terbilang cukup besar. Bobot terbesarnya bisa mencapai 2 kg per buahnya. Hal ini karena daging buahnya cukup tebal dan padat, dengan siluet bentuknya yang mirip seperti pepaya.

Rasa yang ditawarkan pun cukup istimewa karena alpukat pluwang punya rasa manis dan gurih yang bercampur di dalam mulut. Alpukat ini pun punya berbagai nama, mulai dari alpukat hawai jumbo, alpukat green star, dan alpukat pangeran.


7. Alpukat Tanpa Biji

ciri jenis alpukat tanpa biji

Secara tampilan, buah alpukat yang satu ini mirip dengan jenis alpukat lainnya. Bedanya akan kamu temukan saat memotongnya. Tidak ada biji bulat di bagian tengah dari jenis alpukat yang satu ini.

Hal ini akan membuat keistimewaan tersendiri karena kamu bisa mendapatkan daging alpukat yang lebih banyak. Bukan hanya dagingnya yang tebal, rasa dari alpukat tanpa biji ini tidak kalah dengan jenis alpukat yang lainnya.


8. Alpukat Hass

jenis alpukat hass

Alpukat hass berbeda dengan jenis alpukat lainnya. Bentuknya bertekstur kasar dengan warna cokelat hitam saat sudah matang. Bentuknya buahnya pun lebih bulat dengan warna daging kuning cerah di dalamnya.

Rasa alpukat hass bisa dibilang yang paling enak dibandingkan dengan jenis alpukat lainnya. Dagingnya sangat manis dan pulen. Karena keistimewaan itu, alpukat hass pun dibanderol sangat mahal per kilogramnya.


Baca juga: Kandungan dan Manfaat Kesehatan Jeruk Bali


Itu dia jenis-jenis alpukat yang bisa kamu jumpai di Indonesia. Untuk mendapatkannya lebih mudah lagi, kamu bisa memesannya langsung di aplikasi belanja online Chilibeli. Semua jenis alpukat yang kamu pesan akan diantar ke rumah kamu.

Bukan hanya berbelanja, kamu juga bisa menjadi reseller dan mendapatkan uang saku tambahan, loh. Caranya tinggal bergabung menjadi Mitra Chilibeli dan dapatkan semua kelebihannya sekarang.