Ini Dia Jenis-Jenis Bawang Putih dan Perbedaannya!

Ini Dia Jenis-Jenis Bawang Putih dan Perbedaannya!

Suka dengan bawang putih? Atau membutuhkan bawang putih sebagai bumbu masakan sehari-hari? Kamu harus tahu dulu jenis-jenisnya dan apa perbedaannya. Bukan hanya sekedar itu, kita semua tahu bahwa bawang putih bisa dikatakan sebagai bumbu masakan inti yang umumnya terdapat di segala jenis makanan.

Mulai dari makanan Indonesia, pasta, hingga masakan India. Bukan hanya sekeda jenis dan perbedaannya saja, ternyata bawang putih juga memberikan berbagai manfaat kesehatan bagi tubuh, lho!

Untuk itu, berikut adalah jenis-jenis bawang putih dan perbedaannya yang bisa dengan mudah kamu temukan di pasaran.


Jenis-jenis Bawang Putih

Untuk kamu yang suka masak, mengetahui jenis-jenis bawang putih dan perbedaannya juga perlu diketahui, agar cita rasa masakan menjadi lebih sempurna! Kini, cara belanja online juga sudah marak dilakukan oleh khalayak,seperti untuk belanja berbagai kebutuhan. Mulai dari kebutuhan fashion, elektronik, dan lain sebagainya. Salah satu produk kebutuhan sehari-hari yang kini bisa kamu beli secara online adalah membeli berbagai kebutuhan bumbu masakan.

Melalui aplikasi belanja online kamu bisa beli kebutuhan bumbu masakan seperti bawang putih yang buatmu lebih efisien dalam penuhi segala kebutuhan sehari-hari! Bukan hanya efisien dalam segi waktu saja, biaya pun juga bisa lebih hemat saat lakukan belanja online untuk beli bawang putih!


1. Bawang Putih Lokal

Jenis bawang putih satu ini cenderung sulit ditemukan di pasaran. Hal ini dikarenakan produksinya yang terbatas. Tetapi, saat harga bawang impor sedang tinggi, maka bawang putih lokal ini yang akan dicari di pasaran.

Contohnya, saat sedang Lebaran jenis bawang putih lokal ini jadi incaran khalayak. Perbedaan dengan bawang putih lainnya adalah penampilannya yang terlihat sedikit lebih kusam, namun tetap memberikan cita rasa yang tajam.

Baca juga: Manfaat Tempe dan Kandungannya

2. Bawang Putih Kating

Untuk jenis bawang putih kating, bawang putih ini berasal dari Tiongkok. Bawang putih kating sangat digemari oleh khalayak terutama masyarakat Indonesia karena aroma dan rasanya yang cukup kuat. 

Ciri dari bawang putih kating ini adalah ukurannya yang kecil namun memiliki siung yang besar. Pada bagian dalam atau dagingnya memiliki tekstur yang padat dan basah. Sedangkan pada bagian kulit luarnya memiliki warna putih bersih menyerupai kertas.


3. Bawang Putih Lanang

Memiliki perbedaan yang cukup terlihat dibandingkan jenis bawang putih lainnya. Bawang putih lanang ini memiliki satu siung saja. Hal ini menyebabkan bawang putih lanang sering disebut dengan bawang putih tunggal. 

Selain itu, fungsinya pun tidak sama seperti bawang putih pada umumnya, bawang ini digunakan untuk obat herbal yang bisa menyembuhkan atau meredakan berbagai penyakit. Salah satunya adalah kolesterol, flu ringan, darah tinggi, dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan adanya kandungan minyak tinggi pada bawang, sehingga membuat aroma dari bawang sangat khas. Sangat cocok kamu gunakan sebagai bumbu masakan.

Baca juga: 7 Manfaat Teh yang Perlu Kamu Ketahui | Bisa Turunkan Kolesterol?

4. Bawang Putih Shin Chung

Tak dipungkiri lagi, jika melihat dari namanya pun kita sudah tahu bahwa bawang putih ini juga berasal dari Tiongkok. Jenis bawang putih ini bisa dikatakan bawang putih alternatif pengganti bawang putih kating. 

Meskipun aromanya tidak setajam bawang putih kating, bawang ini juga memiliki cita rasa yang kuat. Ciri dari bawang ini memiliki siung yang kecil dan memiliki tekstir yang mirip dengan bawang putih kating.


Manfaat Bawang Putih

Selain digunakan untuk bumbu masakan, bawang putih memiliki khasiat yang bermanfaat untuk tubuh. Menggunakan bawang putih pada masakan memang meningkatkan kesempurnaan cita rasa. Rasa gurih dengan aroma khas bisa terasa pada sebuah makanan. Namun, ada juga manfaat lain dari bawang putih.

Seperti dapat meningkatkan peforma kita saat sedang giat berolahraga atau bisa dikatakan dapat meningkatkan stamina tubuh kita, bisa digunakan sebagai penangkal flu ringan, dapat mengurangi risiko kanker paru, mengurangi kadar kolesterol pada tubuh, menurunkan tekanan darah, melindungi performa jantung, dan masih banyak lagi. 

Untuk itu, ada baiknya kamu selalu sedia bawang putih di rumah untuk berbagai keperluan. Mulai dari keperluan masak hingga keperluan untuk kesehatan.

Baca juga: 7 Manfaat Jeruk Lemon yang Jarang Diketahui

Sekarang kamu sudah tahu kan, jenis-jenis bawang putih dan perbedaannya serta manfaat dari bawang putih itu sendiri? Nah, pilihlah bawang putih sesuai selera dan kebutuhan. Sesuaikan juga jenis masakan yang akan kamu hidangkan dengan bawang putih yang dipilih dan beli secara online!

Bukan hanya itu, selain bisa belanja berbagai kebutuhan dapur dan bumbu masakan secara online, kamu juga bisa gabung menjadi reseller, lho! Hanya melalui aplikasi pada smartphone kesayangan, kamu sudah bisa ikutan bergabung menjadi reseller atau Mitra Chilibeli untuk dapatkan komisi dari membermu! Menarik bukan? Yuk, langsung ikutan dan bergabung bersama Chilibeli, sekarang!