Fakta dan Segudang Manfaat Beetroot

Fakta dan Segudang Manfaat Beetroot

Beetroot, ubi bit merah, atau buah bit adalah umbi bewarna keunguan. Buah bit ini baik daun dan akarnya dapat dikonsumsi. Daunnya memiliki rasa pahit sedangkan akar bulatnya manis. Karena kandungan gulanya yang tinggi, beetroot pun bisa dimakan secara mentah, namun lebih banyak orang yang mengonsumsinya secara dimasak terlebih dahulu.

Selain itu, bit dapat dikonsumsi dalam bentuk segar maupun olahan buah bit. Karena tidak semua orang suka dengan aroma dan rasanya, bit dapat diolah dengan cara dikukus lalu diblender menjadi jus.

Beetroot memiliki nilai gizi yang luar biasa, terutama kalsium, zat besi, vitamin A dan C. Sayuran ini juga merupakan sumber asam folat yang sangat baik dan sumber serat, mangan, dan kalium yang sangat tinggi.


Manfaat Buah Bit

kandungan manfaat buah bit

Kini berbelanja buah, sayur, dan sembako lebih mudah dan murah di aplikasi belanja online Chilibeli memudahkanmu untuk membeli sayuran bit ataupun bahan makanan lainnya tanpa harus berbelanja ke pasar ataupun supermarket.

Selain itu, Chilibeli juga memiliki program Mitra Chilibeli untuk kamu yang ingin mendapatkan pendapatan tambahan. Kamu pun bisa mendapatkan keuntungan-keuntungan lainnya, seperti mendapatkan potongan harga dan masih banyak lagi. Tertarik? Bergabung menjadi Mitra Chilibeli sekarang juga!

Buah bit sendiri memiliki banyak manfaat, nah berikut manfaat beetroot yang perlu kamu ketahui.


1. Membantu menurunkan tekanan darah

Para peneliti menemukan bahwa orang yang minum 8 ons jus bit setiap hari menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. Asam nitrat, senyawa dalam jus bit yang diubah menjadi asam nitrat dalam darah dapat membantu memperlebar dan mengendurkan pembuluh darah untuk membantu menurunkan tekanan darah.


Baca juga: Bebas Anemia! Konsumsi Buah-buahan yang Kaya Kandungan Zat Besi Ini


2. Membantu meningkatkan stamina

Minum jus bit terbukti dapat meningkatkan tingkat energi. Menurut sebuah studi kecil di tahun 2012, minum jus bit meningkatkan kadar nitrat plasma dan meningkatkan kinerja fisik tubuh, sehingga membantu meningkatkan stamina.


3. Mengurangi risiko kanker

Penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak dari beetroot mengurangi pembentukan tumor multi-organ, sementara ekstrak bit juga sedang dipelajari untuk digunakan dalam mengobati kanker pankreas, kanker payudara, dan kanker prostat.


4. Menjaga kesehatan hati

Jus bit telah terbukti baik untuk membantu kesehatan hati yang disebabkan oleh karena pola makan yang buruk, konsumsi alkohol yang berlebihan, paparan zat beracun atau gaya hidup yang tidak banyak bergerak. Peran beetroot disini membantu dalam proses detoksifikasi karena mengandung betaine, suatu zat yang membantu mencegah atau mengurangi timbunan lemak di hati. Betaine juga dapat membantu melindungi hati dari racun.


5. Kaya nutrisi dan serat

Beetroot mengandung vitamin C, serat, dan mineral penting yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh seperti potasium (penting untuk fungsi saraf dan otot yang sehat) dan mangan (yang baik untuk tulang, hati, ginjal, dan pankreas). Bit juga mengandung vitamin B folat, yang membantu mengurangi risiko bayi cacat lahir.


Baca juga: Apa Saja Buah-buahan Penurun Kolesterol? Yuk, Ketahui di Sini!


6. Meningkatkan kinerja atletik

Senyawa tertentu dalam jus bit, seperti nitrat dan betalain, dapat meningkatkan kinerja atletik. Menurut tinjauan sistematis 2017, nitrat dapat meningkatkan efisiensi atletik seseorang dengan meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otot. Hal ini dapat membuatmu merasa lebih fit dan lebih tahan banting saat berolahraga.


7. Dapat menunda penuaan dini

Bit mengandung vitamin A dan karoten yang dapat menguntungkan tubuh dari dalam maupun dari luar. Beetroot juga mengandung lutein, sebuah antioksidan yang kuat untukmelawan radikal bebas dan dapat berperan dalam proteksi kulit manusia.

Gula yang ada di dalam bit juga memiliki sifat antioksidan yang sangat baik. Isi fenolik dari gula bit menunjukkan sifat anti-ageing atau dapat menunda penuaan dini. 


8. Menjaga kesehatan kulit

Beetroot telah ditemukan untuk mencegah kanker kulit. Bit juga mengandung vitamin A yang menjaga selaput lendir yang sehat dan meningkatkan kesehatan kulit. Vitamin A juga mendukung penggantian sel-sel kulit.

Bit juga merupakan sumber vitamin C yang baik. Studi menunjukkan bahwa kulit membutuhkan vitamin C untuk mensintesis kolagen. Vitamin C juga melindungi kulit dari efek radiasi UV yang berbahaya. Kadar vitamin C yang cukup juga meminimalkan pembentukan bekas luka yang meningkat. Semua ini hanya dalam beetroot, hebat sekali bukan sayuran ini?


9. Menjaga kesehatan janin

Bit kaya akan asam folat, yang merupakan alasan yang sangat baik bagi ibu hamil untuk mulai makan sayuran beetroot. Asam folat dapat membantu mencegah cacat tabung saraf pada bayi, menjaga bayi tetap sehat selama di kandungan. Jadi, buah bit termasuk salah satu makanan yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil.


Baca juga: Kandungan dan Manfaat Ubi Jalar; Menyehatkan Mata, Menjaga Imun


Itu dia macam-macam manfaat betroot untuk kesehatan dan untuk kecantikan. Siapa sangka banyak sekali manfaat dari umbi-umbian ini? Yuk, mulai konsumsi beetroot setiap harinya untuk merasakan manfaatnya.