Lengkapi Asupan Vitamin C dengan Buah-buahan Ini

Lengkapi Asupan Vitamin C dengan Buah-buahan Ini

Vitamin C adalah vitamin yang dapat ditemukan di dalam buah-buahan yang memiliki antioksidan, serta baik untuk kesehatan kulit dan fungsi kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin C juga berperan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Karena tubuh manusia tidak dapat memproduksi atau menyimpan vitamin C, sangat penting untuk mengkonsumsinya secara teratur dalam jumlah yang cukup.

Kini untuk mencukupi kebutuhan vitamin C harianmu, kamu tidak usah bingung dan repot untuk membeli buah-buahan. Kamu bisa membelinya melalui aplikasi belanja olnine. Cara ini tentunya memudahkanmu yang sibuk dan tidak punya cukup waktu untuk belanja buah-buahan setiap harinya.

Berikut adalah buah-buahan yang mengandung vitamin C.


10 Buah dengan Kandungan Vitamin C Tinggi


1. Kiwi

manfaat buah kiwi

Buah yang mengandung vitamin C yang pertama adalah kiwi. Dengan sekitar 70mg vitamin C per kiwi, buah kiwi juga mengandung serat serta flavonoid dan karotenoid, yang merupakan antioksidan yang membantu melindungi sel-sel di tubuhmu.

Walaupun kebanyakan orang mengupas kiwi terlebih dahulu saat mau mengonsumsinya, tetapi kulit memiliki nutrisi dan serat. Kamu bisa mencoba menggosok kulitnya lalu memakannya dengan kulitnya. Pastikan untuk mencucinya terlebih dahulu, ya!

Belanja Buah Sayuran Online Lebih Mudah dan Murah

2. Stroberi

manfaat kandungan buah strawberry

Satu cangkir stroberi (152 gr) mengandung 89mg vitamin C. Stroberi juga mengandung beragam vitamin C, mangan, flavonoid, folat, dan antioksidan bermanfaat lainnya.

Penelitian telah menunjukkan bahwa karena kandungan antioksidannya yang tinggi, stroberi dapat membantu mencegah kanker, penyakit pembuluh darah, demensia dan diabetes. 

Kamu dapat mengonsumsi stoberi dengan dibuat jus ataupun dimakan langsung. Selain itu, stoberi juga sering dijadikan pemanis untuk makanan penutup atau desert, siapa bilang makan makanan penutup tidak bisa sehat?


3. Pepaya

kandungan buah pepaya

Buah yang mengandung vitamin C selanjutnya adalah pepaya. Secangkir pepaya memiliki semua vitamin C yang Anda butuhkan untuk satu hari, atau sekitar 90mg. Pepaya juga kaya akan karoten, flavonoid, vitamin B, folat, kalium, magnesium, dan serat. Kombinasi nutrisi ini baik untuk jantung Anda dan bahkan dapat membantu melindungi terhadap kanker usus besar. 

Vitamin C dalam pepaya juga membantu daya ingat dan memiliki efek antiinflamasi yang kuat untuk otak.


4. Jeruk Bali

kandungan buah jeruk bali

Satu porsi jeruk bali mengandung 44 miligram vitamin C dan mengonsumsi satu buah jeruk bali sama dengan mengonsumsi jumlah vitamin C yang disarankan untuk satu hari. Ini menjadikan jeruk bali buah yang mengandung vitamin C terbaik. 

Cara menyajikan jeruk bali juga mudah. Selain kamu bisa mengonsumsinya langsung, kamu juga bisa tambahkan irisan jeruk bali ke salad atau salad buah. 


5. Jambu Biji

cegah coronavirus dengan jambu biji

Buah tropis yang asli dari Meksiko dan Amerika selatan ini salah satu buah yang mengandung vitamin C terbaik. Satu jambu biji mengandung 126 mg vitamin C dan sangat kaya akan antioksidan lycopene.

Sebuah studi salam enam minggu yang melibatkan 45 orang muda dan sehat menemukan bahwa mengonsumsi 400 gram jambu bijii, secara signifikan menurunkan tekanan darah, kadar kolesterol, dan banyak manfaat lain dari buah jambu biji yang perlu kamu tahu di sini. Saatnya mengonsumsi jambu biji untuk kesehatanmu!

7 Asupan Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

6. Blackcurrant

manfaat blackcurrant untuk tubuh

Satu setengah cangkir (56 gram) blackcurrant mengandung 101 mg vitamin C. 

Studi telah menunjukkan bahwa diet tinggi antioksidan seperti vitamin C dan anthocyanin dapat mengurangi kerusakan oksidatif yang terkait dengan penyakit kronis, termasuk penyakit jantung, kanker dan penyakit neurodegeneratif.

Kamu bisa menyajikan blackcurrant dengan langsung menyajikannya atau dijadikan sebagai selai untuk menemani sarapan pagi bersama roti.


7. Lemon

kandungan jeruk lemon

Setiap satu buah lemon, termasuk kulitnya, mengandung 83 mg vitamin C. Vitamin C dalam lemon juga berfungsi sebagai antioksidan yang kuat, membuat buah lemon hadir dengan ragam manfaat kesehatan.

Biasanya lemon dibuat jus atau pemanis untuk minuman lainnya seperti lemon tea. Menariknya, kulit lemon mengandung lebih banyak vitamin C dibandingkan air lemon, sehingga irisan kulit lemon biasanya sering ditemukan untuk pemanis makanan penutup.


9. Leci

buah leci kaya vitamin c

Satu leci mengandung 7 mg vitamin C. Leci juga mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6, yang bermanfaat bagi otak, jantung, dan pembuluh darahmu.

Selain itu, buah leci juga mengandung mineral, vitamin lainnya, dan antioksidan yang sehat, seperti potasium, dan sebagainya. Kandungan ini dapat membantu melindungi terhadap penyakit jantung, kanker, dan diabetes.


10. Tomat

kandungan buah tomat

Meskipun sering disangka dan dimakan seperti sayuran, tomat sebenarnya adalah buah-buahan. Tomat adalah sumber makanan utama antioksidan lycopene, yang telah dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk pengurangan risiko penyakit jantung dan kanker. Selain itu, tomat juga kaya akan vitamin C yang tinggi.

Mengonsumsi tomat dan produk berbasis tomat telah dikaitkan dengan peningkatan kesehatan kulit dan risiko penyakit jantung dan kanker yang lebih rendah.

Resep Infused Water dari Sayur dan Buah

Vitamin C sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh, jaringan ikat dan kesehatan jantung dan pembuluh darah, di antara banyak peran penting lainnya. Tidak mendapatkan cukup vitamin C dapat memiliki efek negatif pada kesehatanmu. Jadi sangat penting untuk mengonsumsi buah yang mengandung vitamin C. 

Dengan mengonsumsi buah-buahan yang disarankan di atas setiap hari, kebutuhan vitamin C harianmu pun akan terpenuhi. Sekarang kamu tidak usah repot untuk membeli buah-buahan tersebut karena kamu bisa belanja dari aplikasi Chilibeli dan mendapat penghasilan ekstra dari program Mitra Chilibeli yang menguntungkan!