Buah dengan Kandungan Vitamin A Tinggi

Buah dengan Kandungan Vitamin A Tinggi

Sering mengalami gangguan penglihatan? Atau kondisi kulit yang mulai mengering? Bisa jadi itu tanda kalau kamu kekurangan vitamin A. Seseorang yang kekurangan vitamin A sebenarnya dapat diatasi dengan mengonsumsi banyak buah-buahan. Pada dasarnya semua jenis buah mengandung vitamin A, hanya saja takarannya yang berbeda-beda.

Vitamin A sendiri tidak hanya baik untuk kesehatan mata dan kulit tapi juga dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan kekebabalan tubuh, menjaga sistem reproduksi, dan membantu pertumbuhan sel. Selain itu, vitamin A juga dipercaya mampu menangkal serangan radikal bebas yang menjadi penyebab utama pemicu kanker.  

Melihat banyaknya manfaat vitamin A, kita pun dianjurkan untuk mengonsumsi buah vitamin A setiap harinya. Nah, buat kamu yang merasa kekurangan vitamin A, berikut rekomendasi buah dengan kandungan vitamin A tertinggi yang wajib kamu konsumsi secara rutin.


Daftar Buah Vitamin A yang Wajib Dikonsumsi

Asupan vitamin A yang direkomendasikan setiap harinya adalah 900 mcg untuk pria, 700 mcg untuk wanita, dan 300 – 600 mcg untuk anak-anak. Kebutuhan vitamin A harian bisa didapatkan dari buah-buahan.

Meski begitu, para ahli menyarankan kita untuk mengonsumsi lebih dari satu jenis buah, bahkan buah yang dikonsumsi harus terdiri dari beberapa warna. Jadi, bukan hanya vitamin A yang didapat tapi nutrisi lainnya pun bisa ikut terserap ke dalam tubuh.

Nah, untuk mendapatkan semua nutrisi tersebut, pilihlah buah-buahan yang berkualitas dan yang terbebas dari pestisida. Tidak perlu ke pasar tradisional atau pasar modern karena kamu bisa menggunakan aplikasi belanja online untuk membeli aneka buah vitamin A yang mutunya terjamin.

Sebelum berbelanja, yuk, cari tahu dulu kira-kira buah-buahan apa saja, sih, yang kaya akan vitamin A.  Berikut daftar buah-buahan dengan kandungan vitamin A tertinggi.

Cek Juga Buah dengan Kandungan Vitamin C yang Tinggi

1. Mangga

Buah tropis satu ini diperkaya dengan kandungan vitamin A yang sangat tinggi. Mengonsumsi mangga setiap hari dapat membantu meningkatkan kesehatan mata, kulit, tulang, kesehatan reproduksi, dan kekebalan tubuh. Mangga bisa dinikmati langsung atau dibikin jus. Namun, jangan tambahkan pemanis seperti gula atau bahkan susu kental manis sebab mangga mengandung gula alami sehingga tanpa tambahan gula pun rasanya sudah manis.


2. Pepaya

Buah vitamin A berikutnya adalah pepaya. Buah berwarna oranye ini tak hanya mengandung vitamin A tapi juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Selain itu, pepaya juga dikenal sebagai sumber serat sehingga baik dikonsumsi untuk kamu yang punya masalah pencernaan. Meski diperkaya dengan banyak nutrisi, sayangnya tak banyak orang yang menyukai buah satu ini karena alasan aromanya yang terlalu menyengat atau teksturnya yang terlalu lembek. 


3. Jeruk bali

Dibandingkan jenis jeruk lainnya, jeruk bali mengandung vitamin A yang paling tinggi. Makanya tak heran kalau buah satu ini tergolong ke dalam superfood. Mengonsumsinya secara rutin dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan, mulai dari menurunkan tekanan darah, mengontrol gula darah, hingga membantu mencegah kanker. 

5 Resep Camilan dari Buah Jeruk Bali

4. Aprikot

Aprikot jadi buah vitamin A berikutnya yang direkomendasikan. Buah satu ini memang tak begitu populer di telinga masyarakat Indonesia, tapi tahukah kamu kalau buah aprikot mengandung nutrisi yang luar biasa banyak. Selain vitamin A, buah aprikot juga diperkaya dengan kalium, serat, dan vitamin C. Kemampuannya yang dapat menjaga gula darah membuat buah ini aman dikonsumsi untuk penderita diabetes.


5. Blewah

Buah berwarna oranye pucat ini lebih sering ditemukan saat bulan Ramadan sebagai campuran sop buah. Rasanya yang manis dan menyegarkan membuatnya cocok dikonsumsi sebagai pelepas dahaga setelah seharian berpuasa. Di balik kegunaannya tersebut, blewah mengandung vitamin A yang sangat tinggi sehingga baik untuk kesehatan mata.

Selain itu, blewah juga mengandung banyak beta-karoten yang merupakan antioksidan. Seperti yang kita tahu antioksidan berkhasiat untuk menangkal radikal bebas. Itu artinya, dengan mengonsumsi blewah secara rutin dapat mencegah tubuh dari penyakit kanker. 


6. Semangka

Siapa yang tak suka buah satu ini. Selain rasanya yang manis dan menyegarkan, semangka juga menyehatkan karena mengandung beragam nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Mulai dari karbohidrat, serat, folat, asam pantotenat, kalium, kalsium, tembaga, beta karoten, lycophene, dan yang tak ketinggalan vitamin A.

Sekitar 19 persen dari total kebutuhan vitamin A harian bisa kamu dapatkan dari buah semangka. Bayangkan saja, dalam 100 gram buah semangka terdapat vitamin A sebanyak 569 IU. Rutin mengonsumsinya setiap hari dikatakan mampu menjaga kesehatan mata, mencegah kanker mulut, dan kanker paru-paru.

Minat Diet DEBM? Ini Seluk-beluk dan Tips Menjalankannya

7. Jambu biji

Jambu biji dikenal sebagai buah yang sangat berkhasiat. Bukan hanya daging buahnya yang bernutrisi, daunnya pun bisa diracik menjadi obat herbal yang ampuh hilangkan sembelit. Kandungan vitamin A dalam jambu sangat tinggi, yakni mencapai 624 IU. Mengonsumsi 100 gram jambu biji per harinya dapat memenuhi kebutuhan vitamin A harian.

Selain vitamin A, buah bertekstur keras ini juga mengandung zat gizi lainnya, seperti antioksidan dan mineral. Kandungan kalori pada jambu biji pun tergolong rendah sehingga buah satu ini cocok dikonsumsi oleh mereka yang sedang berdiet.


Nah, sekarang sudah tahu, kan, buah-buahan apa saja yang mengandung vitamin A paling tinggi. Semua buah-buahan tersebut bisa kamu dapatkan di Chilibeli. Hanya dengan satu aplikasi, semua kebutuhan pangan harianmu bisa terpenuhi. Selain itu, kamu juga bisa bergabung menjadi Mitra Chilibeli yang bisa memberikan penghasilan ekstra buat tambahan uang belanja. Yuk, hidup lebih sehat bersama Chilibeli!