Sembelit? Coba Konsumsi Buah-buahan yang Baik untuk Pencernaan Ini

Sembelit? Coba Konsumsi Buah-buahan yang Baik untuk Pencernaan Ini

Untuk lebih sehat, kamu disarankan mengonsumsi buah-buahan setiap hari. Buah-buahan punya nutrisi di dalamnya dan berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain menjaga kesehatan, beberapa buah juga berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan.

Salah satu faktor terbesar seseorang sembelit atau susah buang air besar adalah kurang mengonsumsi makanan berserat. Kandungan ini bisa dengan mudah kamu dapatkan dari mengonsumsi buah-buahan. Selain serat, buah juga kaya vitamin dan air yang akan membantu pergerakan usus untuk mengeluarkan feses.


Buah yang Bagus untuk Melancarkan Buang Air Besar (BAB)

Mengatasi masalah konstipasi atau sembelit bisa dengan mengubah gaya hidup jadi dengan mengonsumsi makanan bergizi. Tambahkan juga konsumsi buah-buahan di sela-sela waktu makan. Berikut beberapa buah yang bisa mengatasi masalah sulit buang air besar:


1. Pepaya

Buah tropis yang satu ini disebut-sebut sebagai obat pencahar alami. Pepaya kaya akan serat, vitamin C, dan mineral. Ada juga kandungan papain dalam pepaya yang membuat protein di usus mudah dicerna dan melancarkan buang air besar.


Baca juga: Hindari Kurang Darah dengan Mengonsumsi Buah Kaya Zat Besi Ini


2. Apel

Buah apel mengandung pektin yang mempercepat pergerakan feses di usus dan meredakan gejala sembelit. Dalam satu buah apel terkandung 4 gram serat yang bagus untuk menjaga kesehatan pencernaan. Kulit buahnya pun mengandung antioksidan untuk menangkal radikal bebas.


3. Jeruk

Serat yang terkandung dalam buah jeruk juga sangat banyak hingga 4 gram dalam setiap buahnya. Ada juga kandungan flavonol di dalam buah ini yang dapat mengatasi konstipasi. Jeruk juga mengandung kalori untuk menambah energi.


4. Pir

Kandungan fruktosa yang ada di dalam buah pir bisa merangsang pergerakan usus untuk membuang feses. Selain itu, pir juga punya serat yang kaya hingga 6 gram per buahnya. Mengonsumsi satu buah pir per hari sudah memenuhi 24 persen kebutuhan serat harian.


5. Kiwi

Buah yang satu ini dikenal dengan kandungan serat yang banyak. Kiwi punya enzim actinidine yang bisa memicu pergerakan saluran pencernaan untuk mempercepat buang air besar. Selain itu, kiwi juga sangat rendah gula dan aman untuk dikonsumsi dalam jumlah banyak.


Baca juga: Buah-buahan yang Tinggi Kandungan Vitamin C


6. Anggur

Anggur juga jadi salah satu buah yang mudah dikonsumsi karena bentuknya yang kecil. Terlebih lagi, buah anggur juga punya kandungan air dan serat yang sangat kaya. Konsumsi setangkai buah anggur akan buat kamu mudah BAB.


7. Berry

Baik blackberry maupun raspberry bisa digunakan untuk melancarkan BAB dan mencegah sembelit. Dua buah ini punya kandungan serat yang sangat tinggi. Kamu pun bisa menyantap buah berry langsung atau mencampurnya dalam minuman smoothies.


8. Plum

Plum dikenal sebagai buah yang banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah untuk melancarkan buang air besar. Banyak juga produk plum kering yang bisa kamu konsumsi sebagai camilan sehat yang bantu melancarkan pencernaan.


9. Tin

Dalam satu buah tin segar, terkandung 1,6 gram serat yang bantu menyehatkan sistem pencernaan tubuh. Buah tin punya enzim ficain yang bantu mendorong feses sampai ke sistem pembuangan tubuh. Kamu bisa mengonsumsi buah ini secara langsung atau dikeringkan untuk dijadikan camilan.


10. Pisang

Buah berwarna kuning ini sangat mudah untuk dikonsumsi karena teksturnya yang lembut. Nutrisinya juga bagus untuk membantu menyehatkan pencernaan. Selain untuk melancarkan pencernaan, buah pisang juga kaya akan kandungan kalsium yang baik untuk tulang, terutama di usia tumbuh-kembang.


Baca juga: Resep Puding Buah nan Kaya Nutrisi


Buah-buah di atas lebih baik dikonsumsi secara langsung dalam keadaan yang masih segar. Namun, akan lebih enak jika kamu mengolahnya terlebih dulu. Buah-buah seperti apel, jeruk, dan kiwi bisa dijadikan jus yang menyegarkan untuk membuat kamu lebih mudah mengonsumsinya.

Mencampur berry dengan pisang dan menambah yogurt akan menjadikan minuman smoothies yang lezat. Minuman ini pun bisa jadi menu sarapan yang menyehatkan.

Apa pun cara yang digunakan untuk mengonsumsi buah-buahan tersebut, kamu bisa membelinya lewat aplikasi Chilibeli. Selain mudah berbelanja kebutuhan harian, kamu juga bisa bergabung menjadi Mitra Chilibeli untuk mendapat penghasilan ekstra setiap bulan dengan berjualan sayur, buah, dan sembako di rumah.