Manfaat Buah Salak | Solusi Praktis Buat Diare?

Manfaat Buah Salak | Solusi Praktis Buat Diare?

Salak termasuk salah satu buah yang banyak digemari. Rasanya yang manis dan cenderung asam serta teksturnya kriuk saat digigit jadi alasan mengapa buah dengan kulit bergerigi ini begitu diminati. Harga buah salak pun relatif terjangkau sehingga bisa dinikmati oleh semua kalangan.

Di balik rasanya yang manis, ternyata tersimpan banyak nutrisi di dalamnya. Mungkin belum banyak orang yang tahu mengenai manfaat buah salak. Dengan kandungan vitamin C yang sangat tinggi, buah salak dinilai ampuh mengobati diare.

Selain itu, salak juga mengandung protein, karbohidrat, serat, zat besi, kalsium, dan fosfor yang bagus untuk kesehatan tubuh. Buah yang dijuluki snake fruit ini juga kaya akan kandungan beta-karoten yang merupakan antioksidan kuat yang berfungsi mencegah penyakit kardiovaskular, struk, dan kanker. Bahkan, kandungan beta-karoten di dalam salak dinilai lebih tinggi dibandingkan jenis buah lainnya.

Dengan kandungannya sebanyak itu, kira-kira apalagi, ya, manfaat buah salak? Berikut deretan manfaat buah salak yang jarang disadari banyak orang.


Manfaat Luar Biasa Buah Salak untuk Kesehatan

Buah salak banyak ditemukan di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Bahkan, salak pondoh menjadi ‘maskot’ perkebunan di sana. Namun, untuk menemukan buah salak yang bagus dan berkualitas, kamu tidak perlu repot-repot pergi ke Yogyakarta karena saat ini buah salak juga banyak dijual secara online.

Dengan mudah mendapatkannya, kamu bisa langsung menikmatinya. Bila dikonsumsi setiap hari dengan takaran yang tepat, buah salak dapat memberikan dampak yang baik untuk kesehatan. Simak beberapa manfaat buah salak di bawah ini.


1. Menyembuhkan diare

Penyakit diare bisa diatasi dengan mengonsumsi salak. Hal ini dikarenakan buah salak mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Selain itu, kandungan zat tanin yang ada pada buah salak juga mampu meredakan rasa mulas yang muncul saat diare. Untuk mengobati diare dengan buah salak, kamu hanya perlu mengonsumsinya dengan tambahan sedikit madu. Mudah banget, kan?


2. Mencegah sembelit

Banyak orang bilang kalau buah salak bisa menyebabkan sembelit. Padahal faktanya justru sebaliknya. Buah salak bisa mencegah konstipasi atau sembelit. Untuk dijadikan obat sembelit, kamu harus makan buah salak beserta kulit arinya sebab kulit ari inilah yang memiliki manfaat untuk pencernaan. Jadi, biar tidak sembelit lagi, mulailah membiasakan untuk tidak membuang kulit ari pada buah salak.

Kandungan dan Manfaat Kesehatan Jeruk Pomelo

3. Obat mata

Tahukah kamu kalau buah salak juga bagus untuk kesehatan mata. Menurut penelitan dari spesialis kesehatan, banyaknya kandungan beta-karoten pada buah salak bermanfaat sebagai obat mata. Selain itu, kandungan vitamin A yang ada pada buah salak juga mampu meningkatkan ketajaman  mata.

Untuk mendapatkan nutrisi buah salak seutuhnya, kamu bisa mengonsumsinya langsung atau dibuat menjadi jus. Jus buah salak ini dapat dijadikan alternatif pengganti jus wortel karena manfaatnya yang sama-sama meningkatkan kesehatan mata.


4. Mengontrol gula darah

Salak mengandung pterostilbene yang merupakan agen penurun glukosa darah yang mampu mengendalikan diabetes. Mengonsumsinya setiap hari dapat dijadikan cara untuk menurunkan kadar gula darah. Selain dagingnya yang bermanfaat, rupanya kulit salak juga tak kalah berkhasiat, lho. Kulit salak yang dikeringkan dan dibuat menjadi teh nyatanya bagus untuk regenerasi sel pankreas yang berguna membantu mengendalikan diabetes.

7 Tips Mengurangi Bau Mulut Saat Puasa

5. Bagus untuk diet

Pengin punya badan bak model Victoria’s Secret? Konsumsi saja salak. Buah satu ini tak hanya mengandung serat dan antioksidan yang tinggi, tapi juga mengandung kalsium dan karbohidrat yang dapat dijadikan sumber energi dan stamina selama diet. Sementara, teh dari kulit buah salak juga memiliki khasiat yang sama, yaitu menurunkan berat badan.


6. Baik bagi ibu hamil

Ibu hamil memang dilarang mengonsumsi salak terlalu banyak. Namun, mengonsumsinya dengan takaran yang tepat tentu tak masalah. Buah salak bagus untuk kehamilan karena kandungan zat besi yang ada di dalamnya bisa membantu atasi anemia pada ibu hamil.

Salak juga dikenal memiliki senyawa yang mampu atasi mual di pagi hari pada ibu hamil. Selain itu, ssupan kalsium yang cukup dalam buah salak juga bisa membantu ibu hamil dalam proses pembentukan tulang janin.

Bahkan, manfaat buah salak bukan hanya baik untuk ibunya, tapi juga akan berefek pada janin yang dikandung. Meski begitu, perlu diingat bahwa konsumsi salak selama hamil cukup satu atau dua buah saja per hari.

Apa Itu Zukini? Ini Kandungan dan Manfaat Zukini

7. Meningkatkan daya ingat

Kandungan mineral dan bahan aktif seperti potassium, beta-karoten, dan pektin yang tersimpan di dalam buah salak mampu meningkatkan aliran darah ke otak. Jika dikonsumsi secara rutin, kognisi dan daya ingat seseorang akan menjadi lebih baik. Selain itu, salak juga mengandung oksidatif yang berkhasiat untuk membantu hilangkan stres dan menurunkan risiko penyakit otak.

Itu dia manfaat buah salak untuk kesehatan. Kamu yang ingin menjadi lebih sehat, sebaiknya mulai konsumsi salak dari sekarang. Tenang, buah salak bisa kamu dapatkan lewat aplikasi belanja online Chilibeli.


Dengan sistem belanja yang praktis, kamu bisa mendapatkan buah salak hanya dalam waktu hitungan menit. Enaknya lagi, buah salak yang kamu pesan akan langsung dikirimkan sampai ke pintu rumahmu. Selain belanja, kamu juga bisa sekalian menjadi reseller atau Mitra Chilibeli.

Dengan menjadi reseller kamu tidak hanya membantu komunitas lain yang berada di berbagai daerah tapi juga berkesempatan untuk mendapatkan penghasilan ekstra untuk tambahan uang belanja. Jadi, tunggu apalagi, segera daftarkan diri kamu dan bergabung menjadi Mitra Chilibeli, dapatkan penghasilan ekstra untuk tambahan uang belanja!