Buah Penambah Darah yang Kaya Kandungan Zat Besi

Buah Penambah Darah yang Kaya Kandungan Zat Besi

Kamu sering merasa lemas dan lelah? Bisa jadi tubuh kurang darah atau anemia. Anemia adalah kondisi dimana darah tidak memiliki sel darah merah sehat yang cukup atau tidak berfungsi. Hal ini menyebabkan aliran oksigen berurang ke seluruh organ tubuh, sehingga kamu merasa lemas dan lelah.

Kini mendapatkan buah penambah darah yang kaya akan zat besi bisa lebih mudah dengan adanya aplikasi belanja online Chilibeli. Tidak hanya itu, Chilibeli bukan hanya memberikan kemudahan untuk berbelanja online, kamu juga bisa menjadi reseller dengan bergabung menjadi Mitra Chilibeli. Dengan bergabung bersama komunitas Chilibeli, kamu bisa mendapatkan penghasilan ekstra untuk tambahan uang belanja. 


Buah Penambah Darah untuk Cegah Anemia

Gejalanya meliputi kulit pucat, pusing, kelelahan, sesak nafas, hingga detak jantung yang lebih cepar dari normal. Pengobatannya pun tergantung dari diagnosa. Nah, untuk menambah darah dan mencegah anemia, kamu bisa mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan zat besi, vitamin B12, asam folat, dan protein.

Yuk, simak buah penambah darah berikut ini!


1. Jambu Biji

Buah jambu biji memiliki banyak manfaat bagu kesehatan karena kandungan zat besi, vitamin C, vitamin A, kalium, antioksidan, dan masih banyak lagi. Karena kandungan zat besinya, jambu biji bisa membantu menambah darah dalam tubuh.

Kamu bisa menyajikannya sebagai jus ataupun buah potong yang segar. Rasanya yang manis pun membuatnya menjadi pilihan banyak orang sebagai buah yang bisa menambah darah untuk mencegah anemia.


2. Pisang

Buah pisang terkenal dengan kandungan kalium, vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh dan zat besi yang bisa mencegah anemia. Dengan mengonsumsi pisang, kamu bisa membantu mengoptimalkan produksi hemoglobih atau sel darah merah di dalam tubuh.

Dengan mengonsumsi satu buah pisang per hari, tidak hanya bisa menyembuhkan anemia, hal ini juga bermanfaat bagi kesehatan tubuhmu.

7 Makanan Tinggi Protein Buat yang Sedang Diet

3. Tomat

Sering dikategorikan sebagai sayuran, buah tomat adalah salah satu buah dengan sumber vitamin C yang tinggi. Dengan kandungan vitamin C-nya yang tinggi, hal ini membantu mendorong penyerapan zat besi dalam darah, sehingga kamu bisa mencegah anemia. 

Satu cangkir tomat mengandung 3,39 mg zat besi. Selain itu, tomat juga merupakan sumber antioksidan tinggi yang dapat membantu melawan penuaan dini dan berbagai penyakit lainnya.


4. Delima

Buah delima adalah salah satu makanan penambah Hb atau hemoglobin terbaik. Buah berwarna merah ini mengandung zat besi, kalsium, karbohidrat, dan serat. Buah ini juga mengandung mineral dan vitamin yang penting yang bisa meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh.

Konsumsi buah delima secara rutin untuk memastikan kadar Hb di dalam sel darah merahmu kembali ke jumlah normal untuk merasakan manfaat maksimalnya.

5 Resep Salad untuk Jualan

5. Kurma

Rasanya yang manis membuat buah kurma menjadi favorit banyak orang. Buah yang sering dijumpai di bulan Ramadan ini memiliki kandungan zat besi tinggi dan menjadi makanan penambah darah yang ampuh.

Tetapi ingat, bagi penderita diabetes sebaiknya tidak mengonsumsi kurma terlalu banyak karena kandungan gula di dalamnya cukup tinggi. Konsultasikan ke dokter sebelum mengonsumsinya terlebih dahulu agar yakin.


6. Jeruk

Siapa yang tidak suka buah jeruk? Buah yang sangat populer ini ternyata kaya akan zat besi untuk lawan anemia dan untuk penambah darah yang cukup ampuh. Selain itu, buah jeruk juga kaya akan vitamin C yang membantu dalam penyerapan zat besi dalam darah. 

Buah-buahan citrus, seperti lemon, jeruk, dan jeruk nipis juga bisa membantu mencegah anemia dan membantu menambah Hb di dalam tubuh.

5 Tips Bisnis Online untuk Ibu Rumah Tangga

7. Buah Naga

Buah naga sudah terbukti akan kemampuannya untuk menambah darah. Hal ini dibuktikan dengan kandungan zat besi, fosfor, kalium, dan berbagai vitamin yang terdapat dalam buah naga yang dapat membantu mencegah anemia. Buah naga juga membantu produksi sel darah merah yang membantu oksigenasi yang tepat dari organ vital.


8. Kismis

Buah kering yang satu ini mirip denga kurma dan ternyata juga kaya akan zat besi. Dalam 2/3 gelas kismis mengandung zat besi sekitar 2 gram, menjadikannya sangat tinggi akan zat besi. Kismis dapat ditambahkan dalam kue, sereal, oatmeal, atau dikonsumsi langsung sebagai makanan ringan yang sehat.


9. Semangka

Yang terakhir, untuk kamuyang membutuhkan zat besi dan vitamin C, tapi tidak ingin mengonsumsi terlalu banyak jenis buah-buahan, buah semangka adalah solusinya. Buah semangka tidak hanya memiliki warna merah, melainkan ada juga buah semangka berwarna kuning dengan kandungan dan khasiat yang tak kalah baiknya.

Selain menambah kadar zat besi di dalam tubuh, buah semangka juga membantu tubuh untuk menyerap dan menggunakan zat besi itu dengan baik karena bantuan vitamin C yang juga dikandung buah semangka.


Selain segar dan enak, buah-buahan penambah darah di atas nyatanya sangat bermanfaat bagi tubuh karena kandungan lainnya. Tidak hanya dapat mengatasi anemia saja, beberapa makanan penambah darah yang ada di atas juga bisa membantu mengatasi penyakit-penyakit lainnya jika dikonsumsi secara rutin. Yuk, mulai hidup sehat dan konsumsi buah-buahan setiap hari.