Cara Membuat Selai Nanas Anti-Gagal

Cara Membuat Selai Nanas Anti-Gagal

Selai nanas biasa dibuat untuk olesan roti tawar sebagai salah satu menu sarapan favorit banyak orang di pagi hari, hingga dijadikan isian untuk kue kering seperti nastar. Ya, selai nanas merupakan salah satu bahan yang multi fungsi untuk bahan campuran dalam membuat berbagai olahan makanan dan ternyata bisa kamu buat sendiri di rumah dengan cara yang sangat mudah.

Selain itu, selai nanas juga bisa dibuat sebagai bolu, isian roti kering, dan juga bisa dijadikan bahan tambahan saat kamu membuat olahan roti lainnya, menjadikannya sangat fleksibel. Jika kamu biasanya membeli selai nanas di toko atau supermarket, nah sekarang kamu bisa mencoba membuat olahan selai nanas di rumah.

Selai nanas adalah salah satu jenis makanan awetan yang berasal dari buah nanas yang sudah dihancurkan, ditambah gula dan dimasak hingga kental atau berbentuk setengah padat. Terdengar mudah, kan membuatnya?


Baca juga: Semua Tentang Semangka Kuning yang Mungkin Belum Kamu Tahu


Membeli nanas dan kebutuhan membuat selai nanas sendiri di rumah pun kini lebih mudah dengan adanya aplikasi belanja online. Aplikasi belanja online Chilibeli memudahkanmu untuk membeli kebutuhan membuat selai nanas dari satu aplikasi saja, tanpa harus pergi keluar rumah dan langsung dikirim ke rumahmu.

Selain itu, untuk kamu yang sedang mencari pendapatan tambahan, kamu bisa bergabung menjadi Mitra Chilibeli dan berjualan sayur, buah, dan sembako dari rumah. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan pendapatan tambahan dan berbagai macam keuntungan lainnya yang sangat menarik.

Tanpa basa basi lagi, simak cara membuat selai nanas yang mudah dan praktis berikut ini.


Cara Membuat Selai Nanas

selai nanas homemade

Salah satu olahan nanas yang paling terkenal dan bisa kamu buat adalah selai nanas yang legit dan manis, serta memiliki aroma kayu manis yang khas di setiap gigitannya. Selai nanas ini cocok dijadikan bahan isian kue nastar. 

Tapi ingat, tidak semua jenis nanas cocok dijadikan selai. Pilih nanas yang manis namun tidak terlalu berair seperti jenis nanas Bogor, nanas madu, nanas Palembang atau nanas Blitar. Untuk tingkat kematangannya bisa pilih yang sedang agar daging buahnya masih renyah dan tidak terlalu lembek. Hindari memakai nanas Subang karena kandungan airnya terlalu banyak, membuatnya susah kering dan legit.


Bahan-bahan membuat selai nanas

  1. 1 buah nanas ukuran sedang
  2. 100 gram gula pasir
  3. 1 buah kayu manis
  4. 2 buah cengkeh


Cara membuat selai nanas

  1. Kupas buah nanas hingga bersih, kemudian potong menjadi 4 bagian.
  2. Potong bagian inti nanas kemudian parut nanas. 
  3. Masak nanas yang telah diparut dengan api sedang, kemudian masukkan kayu manis dan cengkeh. Masak hingga air menyusut sambil terus diaduk.
  4. Kecilkan api, masukkan gula pasir, masak sampai selai kering dan lengket dan hingga tekstur yang kamu inginkan. 
  5. Selai akan berubah warna menjadi kuning kecoklatan. 
  6. Selai harus kental dan kering sebelum diangkat. 
  7. Angkat dan dinginkan.
  8. Selai siap dinikmati untuk roti atau isian kue kering seperti nastar.


Baca juga: Apa Sih, Perbedaan Paprika Kuning, Merah, dan Hijau?


Untuk kamu yang ingin menyimpan selai nanas sebelum digunakan, ada beberapa cara menyimpan selai nanas agar tetap fresh saat akan digunakan dan agar lebih tahan lama. Jika selai nanas kering dan sedikit kadungan airnya, maka akan semakin tahan lama pula selai nanas yang dibuat. Kamu bisa simpan di wadah yang tertutup dan simpan di dalam lemari es agar tetap fresh.

Nanas atau selai nanas adalah produk yang  memiliki kadar asam tinggi sehingga dalam pengemasannya direkomendasikan untuk menggunakan kemasan logam ataupun kemasan gelas, karena kemasan ini memiliki sifat yang inert (tidak bereaksi) sehingga dapat mempertahankan kualitas selai nanas tanpa dipengaruhi oleh keasaman selai nanas. 


Tips membuat selai nanas yang legit

  1. Pilih buah nanas yang matang atau sedang.
  2. Memang yang paling simpel untuk menghaluskan nanas adalah dengan menggunakan blender. Tetapi, bila dihaluskan dengan blender, hasilnya akan menjadi seperti bubur dan berair. Parut nanas secara memanjang agar nantinya selai nanas bisa tampak serat-seratnya. Gunakan parutan yang tajam supaya daging buahnya tidak terlalu hancur.
  3. Jangan masukkan gula pasir sebelum air nanas habis/menyusut karena hal ini akan membuatnya lama untuk mengering.
  4. Setelah gula masuk, aduk terus selai dan masak dengan api kecil supaya selai nanas tidak gosong.
  5. Jika selai akan digunakan untuk olesan roti, masaklah hingga setengah kering.
  6. Jika selai akan digunakan untuk isian nastar, masaklah hingga betul-betul kering agar nastar awet dan tidak cepat berjamur.


Baca juga: Ini Jenis-jenis Durian yang Paling Populer, Pernah Coba?


Itu dia cara membuat selai nanas yang mudah dan praktis hingga cara penyimpanan dan tips membuat selai nanas. Yuk, coba buat selai nanas sendiri di rumah untuk dikreasikan menjadi kue dan berbagai macam olahan selai nanas lain; belanja bahan-bahannya, di aplikasi Chilibeli!